Sepeda kayu ? wow mungkinlangsung terlintas dalam pikiran kalian … sepeda yang unik dan klasik, dengansebuah keraguan apakah benar ada sepeda dari kayu di zaman modern ini J,sebenarnya Bila kalian ke negeri India … banyak orang yangmemanfaatkan kayu untuk sepeda terutama yaitu untuk sepeda mainan untuk dipakaianak anak balita ataupun yang masih duduk di sekolah dasar.
Sepeda kayu ini umumnya tidakharus dilengkapi rantai, melainkan sama dengan versi sepeda yang paling pertamadiciptakan manusia pada zaman dahulu yaitu menggunakan tenaga kaki Jhahaha
Dalam tutorial ini tidakdiberikan detail size yang pasti mengingat kalian mungkin akan menyesuaikancara pembuatan sepeda kayu ini dengan bahan dan ukuran sesuai kebutuhanmasing-masing, yang penting kalian masih bisa menangkap ide dan rencana dalampembuatan sepeda kayak gini sehingga sekiranya dapat menjadi inspirasi bagikalian yang Mencoba Untuk memanfaatkan kayu bekas atau apapun itu untuk menjadibarang yang berguna seperti halnya sebuah sepeda J

cara membuat sepeda kayu

Cara Membuat Sepeda dari Kayu – Wooden Bicycle


Bahan dan alat yang diperlukan :

a. papan /balok kayu denganbeberapa ukuran b. baut panjang dan mur atasbawah c. lem kayu d. scrub panjang batik gergajikayue. ban kecil untuk sepedaanak-anak 2 set f. mesin bor manual

Contoh langkah /Proses Pembuatan Sepeda Kayu


1. Design Plan

Rencanakanlah model sepeda kayuyang kalian inginkan Mungkin kalian dapat mencontoh desain sepeda kayu sepertigambar yang ada pada gambar di atas ini di mana sepeda terdiri atas :- 2 buah ban- garpu depan- garpu belakang – setang kemudi- batang frame utama (dipasangmiring 45 derajat)
garpu depan

2. Setang kemudi dan garpu depan

– dirangkai dengan cara membuatdua lubang kotak pada stang kemudi kemudian ke dua batang garpu depandimasukkan pada lubang segiempat tersebut.
stang kemudi kayu  pemasangan roda pada garpu depan– ujung garpu yang bawah dibuatcoakan sebagai Pemegang roda.- untuk pemasangan roda padagarpu depan …As roda dipasang pada coakanbagian bawah garpu depan kemudian di kunci dengan baut panjang agar roda tidaklepas lagi.

3. Garpu Belakang

– untuk pemasangan roda belakang …dengan cara membuat lubang pada garpubelakang yang diposisikan secara horizontal.- kemudian as roda di kunci murdari bagian luar kiri dan kanan.

4. Dudukan & Batang Frame Utama

– untuk pemasangan dudukan …terdiri dari dua batang kayu Dimana kayu dudukan masuk ke dalam lubang segi 4 pada kayu sandaran.Ujung kayu dudukan satunya dibuatcoakan untuk bisa masuk pada batang kayu frame utama.
batang frame utama 
Batang frame utama terdiri dari 2 keping kayu juga, dimana di bagian ujung atas untuk menjepit As kemudi.
as kemudi sepeda kayu
– Berikut adalah contoh gambarcara pemasangan garpu belakang terhadap batang frame utama yaitu dengan caramenambahkan Spacer berupa kayu kotak pendek di kiri dan kanannya.

sambungan batang frame utama dan garpu blkg

– selain menggunakan dua buah banukuran sepeda anak-anak, kita juga dapat mengganti ban belakang dengan 2 Buahroda kecil di kiri dan kanan yang biasanya dipakai untuk anak-anak balita atauanak-anak yang belum bisa bersepeda.

5. Assembly

Berikut adalah contoh preassemblyatau pemasangan sepeda yang masih separuh jalan sehingga para sobat dapatmemeriksa Bagaimana cara pemasangan ini lebih jelas.

perakitan sepeda kayu half view

Pics : Mojo JojoDemikian cara membuat sepeda kayukiranya dapat menjadi ide dan inspirasi bagi para sahabat bintangtop.com yangmungkin mau memanfaatkan kayu yang dimilikinya, atau mungkin malah ingin seriusmembuat kerajinan tangan berupa sepeda ?, Baik sepeda mainan maupun sepedasungguhan untuk anak-anak bahkan orang dewasa JThen … Selamat berkarya ya … SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.