dari sekian orang dengan nama berhuruf depan A dan Z, saya Interogasi Interview … ternyata rata-rata memiliki pengalaman yang sama, yaitu … saat sekolah mereka merasa terbebani secara mental dengan memiliki nama depan berinizial A atau Z.

Uang memang bisa digunakan untuk membeli segalanya, namun uang bukan merupakan modal utama dalam berbisnis. Sebagian besar dari Anda mungkin akan menolak pendapat tersebut. Hal ini tidak menjadi masalah, karena dengan perbedaan pendapat justru membuat dunia semakin indah bukan?

Bila saya tanyakan kepada Anda, jika Anda diberi modal 100 juta, maka bisnis apa yang ingin Anda tawarkan? Bagaimana model bisnisnya? Bagaimana sistem kerja bisnis tersebut? bagaimana marketingnya? Produk apa saja yang dijual? Berapa kira-kira profitnya?  Berapa lama modal akan kembali?

Bila sejumlah pertanyaan tersebut tidak bisa Anda jawab, berarti terbukti bukan hanya uang saja yang harus Anda miliki. Namun ada banyak sekali yang harus Anda persiapkan.

Pasalnya, modal bisnis yang paling utama merupakan sesuatu yang tidak terlihat, namun bisa menggerakkan pikiran dan tubuh untuk menjalankan bisnis dengan baik. Sesuatu yang tak terlihat tersebut berupa:

  1. Mimpi besar

Jika Anda dapat bermimpi, maka Anda pasti bisa melakukannya. Karena dengan mimpi yang besar tersebut justru dapat mengantarkan seseirang untuk menemukan jalan kesuksesannya.

Seseorang yang awalnya tidak tahu sama sekali, mereka pasti akan melakukan segala hal untuk menjawab keingintahuan mereka tersebut. Misalnya, bila awalnya Anda gaptek, pasti Anda akan belajar untuk menjadi hi tech.

Jadi mimpi besar ini akan Anda dapatkan dengan action yang besar, bukan hanya dengan perencanaan dan beberapa alasan saja.

  1. Tujuan Hidup

Selain mimpi besar, Anda juga harus menyusun tujuan hidup yang jelas. Mulailah bisnis dengan hal-hal yang bisa Anda mulai, jangan menunggu banyak alasan karena tidak adanya modal usaha. Karena kalau And apunya kemauan yang kuat, maka satu per satu jalan kesuksesan terbuka untuk Anda.

  1. Keyakinan tinggi

Jangan ragu untuk menjadi pebisnis yang sukses. Meski Anda kekurangan modal usaha, Anda bisa menjalankan bisnis itu dengan tools lain. Seperti keyakinan yang tinggi bahwa bisnis Anda akan berkembang dan dikenal banyak orang.

Sebab jika Anda tidak yakin untuk mengembangkan bisnis Anda, maka akan muncul masalah yang harus Anda hadapi. Kuncinya adalah selalu belajar dan mempraktikannya untuk bisnis Anda. Itulah mental yang harus Anda terapkan untuk menjadi pebisnis yang sukses.

  1. Kreatif

Dilansir dari Alona, kreatif itu singkatan dari “kere aktif”. Kere artinya miskin. Namun meskipun miskin, kita juga harus aktif melakukan sesuatu. Dengan kata lain, Anda harus senantiasa kreatif dalam menghasilkan pendapatan yang selalu meningkat setiap harinya.

  1. Kejujuran dan kredibilitas

Kedua hal yang tak terlihat ini bisa Anda gunakan sebagai modal utama dalam berbisnis. Sekali lagi, meski tak terlihat, namun akan Anda lihat hasil berbisnis yang memuaskan.

Meski Anda tak punya modal uang, Anda bisa menerapkan kejujuran dan tanggungjawab. Sehingga kredibilitas Anda di mata para client akan tinggi, dan lebih mudah menarik perhatian client untuk mempercayai Anda.

Jika tingkat kepercayaan tinggi, maka modal usaha akan dengan mudah Anda dapatkan. Karena kepercayaan tak bisa dinilai dengan menggunakan uang, alias tidak ternilai harganya.

Terapkan kelima modal utama dalam berbisnis tersebut, maka bisnis Anda pun dijamin akan maju dan sukses. Bila Anda telusuri, banyak sekali pelaku usaha di luar sana yang telah sukses hanya dengan menerapkan 5 modal tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

So, masihkah Anda menganggap kalau uang adalah modal utama berbisnis? Jika iya, berarti diskusi Anda kurang banyak dan kopi Anda kurang kental.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.