Beli rak buku dari kayu cukupmahal, bagi kalian yang memiliki banyak buku dan majalah dan daripadaberserakan dan bertumpuk tidak karuan, yuk kita bikin sendiri Rak Mini darikardus sebagai organizer … para sobat BintangTop.com juga dapat menggandakanrak ini untuk barang lainnya yang cukup banyak sehingga mudah dalam mencari apayang dicari saat belajar, atau sebagai alternatif pustaka mini …
Tutorial Pembuatan Rak Mini dari Kardus Bekas


Bahan yang dibutuhkan :

a. Lembaran kardus bekas yangtebal, minimal tebal 1/2 cm.kardus yang tipis nanti kurangkuat dalam menahan beban.b. Gunting / Pisau Cutterc. Meteran, Penggaris Sikud. Spidol hitam / Pulpene. Lem yang kuat, idealnya pakailem tembak / Glue gun + Stick.
Step by Step Pembuatan Rak untuk buku/Majalah/lainnya.

Tutorial Pembuatan Rak Mini dari Kardus Bekas1. Pembuatan Pola

a. Untuk Sekat-sekat rak /Penopang buku :- Buatlah gambar persegi panjang denganukuran panjang 40 cm x 20 cm.- Gunting kardus sesuai gambardan jadikan mal untuk menggunting kardus lainnya sehingga terkumpul sebanyak 12lembar.- Tempelkan setiap 3 lembarkardus (tebal ½ cm) menjadi satu dengan lem secukupnya, sehingga kini akhirnyasemua menjadi 4 buah lembar kardus yang lebih tebal yaitu 1,5 cm (3x ½ cm = 1,5cm).
b. Untuk dinding kiri dan kanan :- Buatlah gambar persegi panjangdengan ukuran 80 cm x 20 cm.- Gunting kardus dan bikinlahsebanyak 6 buah lembar.- Tempelkan setiap 3 lembarkardus (tebal ½ cm) menjadi satu dengan lem secukupnya, sehingga kini menjadi 2buah lembar kardus yang lebih tebal yaitu 1,5 cm.
c. Untuk base plate / dasar rakdan Top plate / Tutup atas :- gunakan cara yang sama dengandiatas, namun kali ini ukuran yang diperlukan adalah … panjang 38 cm x lebar 20cm.- potonglah sebanyak 6 lembar,lalu dari setiap 3 lembar direkatkan dengan lem sehingga kini mejadi 2 buahlembar yang lebih tebal.

Membuat Coakan untuk dinding support2. Membuat Coakan untuk dinding support

– Khusus untuk dinding kiri dankanan, bertugas sebagai penahan / support dari 4 sekat rak buku/majalah. Makaperlu diberi coakan untuk penahan sekat tersebut.Coakan dibuat dibagian kiri dankanan selebar 5 cm x sedalam 1 cm. jadi coakan ini tidak tembus, melainkanmasih tersisa tebal dinding kardus ½ cm.
– 4 coakan untuk 4 sekat rakpenahan buku di beri jarak secaraberturut-turut dari atas ke bawahadalah … 25 cm, 25 cm, 10 cm, 10 cm, 10 cm.Jadi total tinggi rak = 80 cm (sesuai dengan tinggi dinding kiri dan kanan).
3. Membuat coakan untuk sekat

– 4 buah sekat yang sudah sobatbuat tadi, masing-masing di coak bagian tengahnya, dengan jarak terhadappinggir kiri adalah 5 cm, dan jarak pinggir kanan juga 5 cm.Kedalaman coakan adalah 1 cm.- coba masukkan / pasangkan sekatini kedalam coakan dinding kiri / kanan, bila sudah pas, berarti ukuran coakansudah oke sob.
Membuat coakan untuk sekat
4. Membangun rak

– Berdirikan dinding kiri dankanan, pasangkan ke 4 buah sekat pada coakan dinding yang ada sebelumnya.- Berilah lem secukupnya padabidang coakan agar sekat terkunci dengan dinding lebih kuat.- Selanjutnya masukkan platkardus atas juga plat dasar/bawah, beri lem secara rata pada bidang ujungnya yangbersentuhan dengan dinding kiri/kanan agar setelah kering …  semua terkunci rapat dengan dinding rak.
Pics : Anas tasiStep by Step Pembuatan Rak dari kardus5. Finishing

Rak Buku dan majalah / pustakamini telah jadi, biar lebih cantik … rak ini dapat di spray paint / catsemprot, atau dilapisi dengan lembaran stiker warna, atau dilakban hitam jugaoke.
So now … para sobat BintangTop.com sudah siap meletakkan buku,majalah, bacaan lainnya dengan cara di berdirikan di sekat-sekat yang ada.Untuk bagian bawah / sekat yanglebih sempit, dapat dihgunakan untuk menyimpan majalah secara tidur atau baranglain untuk keperluan belajar / bekerja.
Kini … tidak ada lagi buku / majalah semrawut di meja dech … 🙂 SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.