Trik Ubah Telur Mentah jadi Bola Karet dan Lampu Warna - BintangTop.com

Trik Ubah Telur Mentah jadi Bola Karet dan Lampu Warna – BintangTop.com

Sebuah trik lama, dimana kita dapat
mengubah sebuah telur mentah yang belum di apa apain bisa menjadi lentur
layaknya sebuah bola, ukurannya pun bertambah besar dari sebelumnya, bahkan
bisa difungsikan sebagai bola lampu yang bersinar indah dan berwarna sesuai
selera.

Kok bisa, gimana caranya …
jawabnya … dengan memberikan proses Kimiawi !

Gak perlu mikir yang berat berat
kayak Experiment ilmuwan atau professor kayak di film film dengan bejana berhubungan
dan cairan bermacam macam ya J

Karena perobaan kita ini amatlah
mudah ha ..ha ..

Cara Menyulap Telur Mentah menjadi Bola Karet dan sebagai Bola Lampu Berwarna

Telur mentah asli dan telur setelah proses osmosis

a. Telur ayam (mentah) – minimal 1 butir, 

bisa pakai telur putih (ayam kampung) ataupun telur coklat (horn).

b. Gelas

c. Cuka apel – Vinegar

Barang Tambahan jika mau dijadikan bola lampu :

e. Stabillo bekas pakai – sesuai
warna kesukaanmu, misalnya warna hijau

jadi pakai saja stabilo yang udah
mau habis, tapi jangan habis total ya.

d. Led lamp (uv) atau lampu kecil
lainnya

Proses Pembuatan Bola Karet dari Sebuah Telur Mentah

– Masukkan telur dalam gelas

– Tuangkan cairan cuka vinegar
hingga telur terendam secara full.

– Biarkan selama 2 hari 2 malam
(2×24 jam)

# selama perendaman … Terjadi
proses kimiawi yang disebut dengan istilah Osmosis, dimana cuka akan bereaksi
terhadap telur, mengambil sebagian tempat dengan menembus cangkang telur.

Cangkang telur dalam beberapa
lama sudah mulai terkikis dengan busa busa gelembung naik ke permukaan.

– Setelah 2×24 jam, angkat telur
dari rendaman, pakai tangan biasa gak apa, karena tidak berbahaya.

– cangkang telur umumnya sudah
habis, para sobat XaXiXu.com hanya tinggal membersihkan telur tersebut
dengan air sehingga hasilnya berupa …

Sebuah bola karet yang lebih
besar dari ukuran telur sebelumnya serta berwarna coklat terang /transparent
yang indah.

Silakan coba di remas remas
perlahan, maka kalian akan merasakan elastisnya seperti karet, coba juga
benturkan /jatuhkan diatas meja (dengan jarak beberapa cm saja ya), maka bola
telur ini akan memantul lucu serta menggemaskan.

Jangan menjatuhkan bola telur ini
lebih tinggi ya, akibatnya masih bisa Pecah, karena bagaimanapun masih ada
cairan telur di dalamnya. Sedangkan yang kalian rasakan seperti karet adalah
lapisan shell yang sebelumnya ada di bawah cangkang sebagai pelindung isi
telur.

Proses Pembuatan Telur menjadi Bola lampu warna

Intinya sama dengan langkah
membuat bola karet diatas …

Namun ada tambahannya yaitu …

– Buka dulu penutup stabillo,
keluarkan isinya (yang bentuknya seperti gabus/ selubung kapas panjang.

– Saat perendaman … celupkan juga
isi stabilo kedalam cairan cuka selama beberapa menit, kemudian angkat isi
stabilo tsb dan peras peraslah lah agar cairannya tidak ikut terbawa keluar,
barulah buang isi stabilo tersebut.

– hasilnya … setelah direndam 2
hari 2 malam …

Dan telur sudah berubah kayak bola
karet seperti diatas …

– Tinggal pasang lampu led /lampu
lainnya, maka telur akan berfungsi sebagai Bola lampu berwarna “HIJAU” menyala
indah. Keren lah ya … J

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *