Baik itu kunci pintu rumah, kuncisepeda, kunci loker, kunci laci dan lain lain yang umumnya terbuat dari besi /logam / kuningan, dapat sobat sulap menjadi kunci yang unik bernuansakan Backto nature ( Kembali ke Alam) …
Caranya … pada Tutorial ini,para sobat BintangTop.com akan mengaplikasikan kayu pada kepala kunci … sekaliguskayu ini berfungsi sebagai pegangan yang lebih enak ^_^ Bagus dan keren pula…
Trik Modifikasi Kepala Kunci dengan Kayu – Bernuansakan Back to Nature


Siapin Material dan Alatnya gan :

a. Kayu / Papan tebal 1 cm – butuhkecil aja.b. Gergaji c. Amplas / Kertas gosok Kasar& Halusd. Kikir halus (beli di tokobangunan, cukup yang ukuran kecil saja)e. Bor kayu (gak ada gak apa)f. Penjepit / Tang (idealnyapakai ragum)g. Isolasih. Tali sembarangi. Lem serbaguna (misalnya Fox)
Trik Modif KEPALA KUNCI dengan Kayu – Back to Nature
Cara Mengaplkasikan Kayu pada Kunci


1. Pemotongan Kayu

– Letakkan batang kunci diataspapan / kayu, buatlah outline (garis luar) dengan pulpen hitam pada bagiankepala kunci.- Atau … ukur saja langsungbesarnya kepala kunci secara persegi, misalnya saja ketemu 3 cm x 3cm, makapotonglah kayu bentuk kotak dengan ukuran 3,5 cm x 3,5 cm = sebanyak 2 buah.- Jadi ukuran kayu harus lebihbesar dari kepala kunci untuk proses pembentukannya nanti, butuh 2 buah untukposisi atas dan bawah.
Cara Mengaplkasikan Kayu pada Kunci
2. Pelunakan

– Sebaiknya lubangi dulu kayudengan bor jika mau di beri key ring, gak dikasih lubang pun gak masalah.Jika gak ada bor, kalau hanyabikin lubang kecil untuk cincin / ring, maka bisa diakal dengan sekrup danpaku.
– Masukkan 2 potong kayu keciltadi kedalam air (direndam) sekitar 1 jam saja.Tujuannya biar lunak … agarlebih mudah dibentuk.
menjepit kayu dan kepala kunci dengan ragum
3. Penjepitan

– Keluarkan kayu dari air,tempelkan masing masing dengan tepat pada kepala kunci, lalu ikatlah beberapakali dengan isolasi (agak tebal) biar tidak bergeser sekaligus mencegakpermukaan kayu rusak / berbekas saat dijepit nanti.
– lakukan penjepitan pada kayu denganragum / alat jepit lainnya selama 1 jam.Bagi yang tidak ada ragum /Clamp, gunakan saja tang biasa, jepit dengan cukup keras, tahan … sambillakukan mengikat kedua handle tang agar tidak membuka, biarkan 1 jam.
# 7 an penjepitan ini adalah agarterbentuk sedikit coakan / bekas jepitan pada permukaan dalam kayu sesuaibentuk kepala kunci, sehingga nantinya kunci dan kayu akan lebih kuat menyatu /tidak dapat bergeser meski ada benturan semisal kunci terjatuh.
4. Pengeleman

– Setelah penjepitan selesai,silakan dilepas isolasinya, lalu berikan lem serbaguna secukupnya pada bagiandalam kedua kayu yang menempel pada kunci. – Isolasi lagi yang rapat, tungguseharian / hingga besuknya … agar lem yakin kering betul.
5. Penggosokan

– Gunakan Kikir untuk menggosok /menghaluskan bagian sisi sisi kayu.- Bentuklah pinggir kayu danpermukaannya secara lengkung agar hasilnya eksotis, terus kikir / gosok bagianpinggirnya hingga mencapai logamnya.
              Pics : Andrea B


# gunakan varnish / plitur /spray untuk hasil optimal yang bercahaya (seperti contoh pada gambar palingatas).
Dan Yee …. Kunci kunci dengan Nuansa“Kembali ke Alam” akan menjadi pengalaman yang menyejukkan bagi para sobatBintangTop.com sekalian, di setiap saat menggunakannya … Silakan coba untukmengisi waktu luang …
Baca Juga … Artikel Berhubungan :

– Membuat gantungan kunci dengan Cinta dari Kain perca– Trik Membobol Kunci dengan Kawat SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.