Sebaiknya sobat sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang … Cara menggambar Lingkaran Sempurna cukup dengan Tangan -Tanpa Alat apapun.Dimana lingkaran yang bisa dibuatadalah bervariasi dari diameter kecil sampai besar, namun teknikmenggambar  lingkaran tersebut lebihcocok untuk menggambar secara bebas, karena tidak membutuhkan kepresisian ukurandiameter maupun keakuratan posisi center point. Sobat dapat menggunakan teknik pertamatersebut dimanapun dan kapanpun karena yang dibutuhkan hanyalah tangan andasendiri.
Namun … untuk mengambar lingkaranyang memerlukan keakuratan / presisi, Maka dibawah ini saya sharing juga …
Teknik Menggambar Lingkaran Presisi Segala Ukuran Tanpa jangka / dengan Kertas
Dengan teknik ini maka harapanyang dapat dipenuhi :- dapat menggambar tanpa jangka, bahkan untuk lingkaran-lingkaran yang sanagt besar dimana sobat tidak memiliki jangka sebesar itu.– Mampu menggambar lingkaran jauhlebih besar daripada teknik sebelumnya.- Mampu menggambar lingkaranPresisi sesuai ukuran radius yang di butuhkan.
Sobat dapat menggunakan teknikmenggambar lingkaran ini pada kertas A3, A2, A1 bahkan A0, dimana sobat pastisudah tahu bahwa kita tidak memiliki jangka yang cukup besar untuk kertas sebesarini.Paling-paling jangka yang kitamiliki hanyalah selebar 1 jengkal 🙂
Yuk Kita Mulai dengan 5 langkah Sederahana :


1. Siapakan bidang yang mau digambarlingkaran, misalnya kertas atau mungkin triplek yang mau sobat potong menjadibulat.
2. Siapkan meteran dan kardusbekas atau kertas tebal lainnya atau triplek / plat tipis  yang sekiranya dapat dipotong menjadi persegipanjang dan dilubangi.

3. Buat lubang di salah satuujung dan lubang lainnya di ujung satunya.Ukuran lubang jangan besar,melainkan sekecil ujung pensil atau ujung pulpen agar bisa masuk.Sebelumnya ukur jarak anat 2lubang tersebut secara presisi dengan penggaris (untuk lingkaran kecil) ataugunakan meteran (untuk lingkaran sangat besar).
4. Yes … inilah cara sederhanadalam membuat lingkaran besar dimana sobat tidak memiliki jangka sebesar itu.Masukkan ujung paku atau ujungpulpen pada lubang yang satu sebagai pusat lingkaran (center point), danmasukkan ujung pensil pada lubang satunya sebagai alat menggambar lingkaran.
TRICK Menggambar LINGKARAN PRESISI Tanpa Jangka
5. Sekarang para sobatBintangTop.com tinggal menahan pusat lingkaran agar stabil, kemudian jalankanpensil melingkar hingga terbentuk lingkaran,
Beres sudah 🙂 Lingkaran telah jadi gan 🙂


Sebenarnya … Sejak Sekolah dasar (SD) …

Saya sudah sering memakai teknikdiatas, dimana anak-anak pada saat itu banyak yang sulit diajak beli jangkamengingat ekonomi Indonesia pada saat itu yang kurang mampu ^_^Ketika uang coin sudah tidak cukupbesar untuk menggambar lingkaran, maka Beberapa teman akan menggunakan benang,dan beberapa lainnya memakai kertas tebal.

Pics : Kyle G
Trick simple bikin lingkaran tanpa alat
Namun pada artikel diatas sayamembahas teknik yang menggunakan kertas tebal, karena penggunaan tali / benangkasur sering berkurang tingkat kepresisiannya dimana umumnya benang kasur bisa melur dan bergoyang-goyang saat dijalankan.
Ternyata …

teknik sederhana anak SD masalampau ini juga diterapkan dalam proyek yang lebih luas.Misalnya Penggunaan tali bahkansering dipakai oleh bengkel-bengkel teknik dalam membuat radius yang sangatbesar dalam skala meter.
Artikel Sebelumnya :Rahasia Menggambar bebas Lingkaran Sempurna dengan Tangan – Tanpa Alat Apapun
Silakan gunakan tombol share dibawah,Semoga bermanfaat bagi lainnya. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.