BintangTop.com – Payah, ini adalah salah satumakanan favorit, dan ternyata tidak lepas juga dari pelaku penjual curang dannakal dalam mengelabui pembeli demi keuntungan 5x lebih besar.Mie ayam banyak disuka sehinggabanyak dijual dari restaurant, pasar, warung sampai dengan gerobak doronghampir ada dimana-mana keliling kampung dan komplek perumahan.
Sayang, kenikmatan mie ayam jugatak luput dari ulah penjual curang untuk melipat gandakan keuntungan sekaligusmenghindari kerugian.
Dari hasil investigasi, Diantaranya …

Seorang penjual mengaku menggunakan bahan-bahan dalam mie ayam sebagai berikut … :

A. Ayam Bangkai / TirenPedagang nakal ini membelinyadari beberapa peternakan dimana ada saja ayam yang mati, biasanya ayam Tirenini dipesan lewat kong kali kong dengan pegawai peternakan karena ayam yangseharusnya dibuang ini tentu saja dilarang oleh pemilik peternakan unutk dijual.
Tips Menghindari - Mie Ayam Bangkai dan Pengawet – Ayam TirenContoh mie ayam bergiziB.  Pewarna untuk mengelabuiwarna ayam bangkai yang sudah lebam keunguan.
C. Ayam tiren diatas umumnya sudah 1 hari matinya, serta pedagangnakal ini mengakui sering baunya sudah busuk menyengat seperti comberan.Untuk itu ayam tiren digodokdengan Air panas serta digunakanjenis Bumbu rendang yang warnanyamemang pekat dengan rasa yang khas sehingga bisa memudarkan bau bagkaitersebut.
D. Borax, bahan kimia pengawet kayu dan pengontrol seranggaJuga menjadi tambahan utama untukmenjadikan mie tampak bangus, kenyal tidak mudah  putus-putus serta yang penting … saat miaayam tidak terjual habis nanti bisa disimpan dan dijual ulang untuk beberapahari kedepan.
E. Telur Reject

Yaitu telur yang sudah kedapatanpecah-pecah sehingga bisa dibeli dengan murah, telur-telur jenis ini tentusudah terkontaminasi  dengan aneka kumankarena proses distribusi sekaligus keadaan pasar yang kurang bersih tentunya.
Penjual curang ini mengaku …dengan mengakali cara diatas selama beberapa tahun ini, keuntungan menjadi 5x lebih besar. Siip bukan …?

Serta selama ini tidak ada yangkomplain dengan racikan mie ayam khas bangkai tersebut.
Bayangkan … selain ayam bangkai juga haram dimakan bagi kebanyakanpembeli yang muslim ini, sekaligus bangkai ayam jelas-jelas sudah mengandungbanyak bakteri pembusuk dan kontaminasi lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.
Dari 10 sampel yang diambil secara acak di beberapa penjual mieayam …Kemudian diteliti dalamlaboratorium UNPAD jurusan pangan, Hasilnya :6 Sampel positif mengandung borax,serta positif mengandung banyak kuman, terutama adalah bacteri Ecoli yangterkenal – kedepannya dapat merusak ginjal, hati dan dinding usus.
Jangan terlalu kawatir … Untungnya masih banyak penjual yang jujurdimana memperhatikan pelayanan yang benar pada pembeli yang notabene meberikan keuntungansebagai pelanggannyaserta menganggap untung rugi adalah bagian dari usahapenjualan apapun.
Tips Mengenali Mie ayam yang aman …

1. para pejual yang jujur

Setidaknya bisa Anda kenali jikamereka terlihat ikut makan mie ayam tersebut, sekaligus keluarganya juga ikutmengkonsumsinya.2. perhatikan Ayamnya,

bila bumbunya terasa menyengat /banyak dengan jenis rendang, ada kemungkinan itu untuk menutupi aroma ayambangkai.3. Simpan sedikit beberapa hari mie ayam yang sobat beli dari langganansobat. Kemudian kepal mie tersebut dengan tangan lalu jatuhkan kemeja/lantai, bila tampak keras / menggumpal maka itu mengandung Borax/pengawet,bila saat dijatuhkan mie langsung terurai/pecah maka aman dari pengawettertentu.
Demikian sharing tentang Waspadaterhadap mie ayam dari bangkai / ayam Tiren, semoga bermanfaat boeat para sobat… SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.