Listrik di rumah tangga biasanyasudah diinstalasikan ketika rumah tersebut pertama kali dibangun. Biasanya paratukang dan petugas yang membuat instalasi listrik tersebut. Agar terlihat rapi,kabel listrik di tanam di tembok dan dilapisi oleh pipa khusus.
Tetapi, akan sulit jika kitaingin membuat instalasi listrik baru di rumah jika harus membongkar tembokterlebih dahulu. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tips bagi sobatbintangtop.com yang ingin membuat instalasi listrik baru pada rumah, misalnyapada kamar, dapur, ruang belajar dll. Bisa juga yang ingin merapihkan instalasilistrik di rumah anda.
Tips Membuat / Pasang Sendiri Instalasi Listrik di Rumah

1. Gunakan panel MCB untukmembagi penggunaan listrik di tiap ruangan:
panel mcb

2. Berikut ini adalah salah satuinstalasi listrik yang rapih :
 3. Gunakan box metalik atau boxlain untuk meletakkan dan menanam stop kontak. Jangan sampai bagian dalam stopkontak terbuka, karena akan berbahaya.

4. Pada bagian yang banyakmembutuhkan stop kontak, gunakan multiple stop kontak atau ganda. Contohnyasebagai berikut:Doble stopcontact

5. Jika kalian inginmenyembunyikan jalur kabel,
gunakan kabel protektor yang dipasang padalangit langit kamar atau rumah anda.

6. Pada instalasi kamar tiduratau ruang belajar, disarankan menggunakan stabilizer. Karena umumnya padaruangan tersebut akan menggunakan komputer (PC) atau laptop. Agar alatelektronik tersebut tidak cepat rusak.

7. Gunakan T Dos apabila terdapatpercabangan pada instalasi listrik di rumah kalian.

Contoh kabel protector & Tee Doscable protector  T dos untuk persimpangan kabel

8. Jangan lupa pasangkan saklartiap ruangan, agar bisa memutus dan menyambungkan aliran listrik ke alatelektronik.
memasang saklar

Hal yang paling penting adalahjangan sampai terjadi over loading / kelebihan beban pada stop kontak anda.Berikut adalah salah satu contoh bentuk overloading :

Penyebab utama overloadingbiasanya adalah karena malas membuat jalur listrik atau instalasi baru, jadihanya menumpukkan stop kontak pada suatu titik. Padahal hal itu sangatberbahaya bagi listrik di rumah karena bisa menyebabkan panas bahkan terbakar,berikut salah satu contoh stop kontak yang terbakar:

Demikianlah beberapa tipsmengenai instalasi listrik untuk rumah anda. Semoga para sobat BintangTop.combisa memahami pembahasan ini dan dapat menerapkannya untuk instalasi rumahanda. Serta beritahu kawan kawan anda tentang tips ini ya. Selamat mencoba !Yuzwan P

Untuk melengkapi bacaan diatas …Sebaiknya Baca Juga :– Yuk Ketahui Fungsi Alat2 Listrik di rumahmu SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.