Kupas Tuntas multimeter – Sepertiyang telah diuraikan pada artikel sebelumnya, multimeter atau AVOmeter adalahalat untuk mengukur arus, tegangan, hambatan dan besaran listrik lainnya. Padaartikel sebelumnya, kita telah membahas bagaimana cara menggunakan AVOmeter.
Nah pada kesempatan kali ini,akan dibahas apa perbedaan dari multimeter analog dan multimeter digital,secara umum fungsinya sama hanya instrumen di dalamnya yang berbeda.
Gambar di atas merupakan salahsatu jenis multimeter keluaran sanwa. Berikut ini adalah gambar darimultimeter Analog :
tips membeli multimeter analog

Selanjutnya, ini adalah gambardari multimeter Digital :
tips memilih multimeter digital

Jika dilihat dari gambarnya pastisudah bisa ditemukan perbedaannya, mari kita simak tabel di bawah ini untukmengetahui lebih lanjut tentang perbedaan keduanya.
Multimeter Analog


Multimeter Digital


Tampilan menggunakan jarum Tampilan menggunakan LCD Menggunakan coil meter Menggunakan pengubah digital (ADC) Harga relatif lebih murah Harga relatif lebih mahal Pengukuran cukup sulit, karena harus menggunakan rumus/perhitungan Pengukuran mudah, hasil langsung ditampilkan di layar Bisa digunakan untuk cek kerusakan komponen (elco, transistor, dll) Sulit untuk cek kerusakan komponen (elco, transistor, dll) Bentuk dan ukuran relatif besar Bentuk dan ukuran relatif kecil
Berdasarkan tabel diatas,menjelaskan tentang perbedaan dan keunggulan maupun kekurangan dari multimeteranalog dan digital.
Namun, kalian pastibertanya-tanya. Manakah merek Multimeter yang bagus? Dan apakah harganya terjangkau?


– Harga multimeter digital, dari yang termurah sampai yang mahal … berkisarantara Rp 35.000,00 s.d Rp 250.000 , biasanya tergantung dari fitur yangditawarkan pada multimeter tersebut, misalnya fitur LED, buzzer, transistor checkerdsb.
– Sedangkan multimeter analogberkisar antara Rp 45.000,00 s.d Rp 300.000,00 sama seperti multimeter digital,hal yang membedakanadalah fiturnya.
Perihal merek multimeter yangbagus, setelah saya cek dari beberapa forum serta pengalaman penulis dalammembeli multimeter, biasanya merek multimeter yang direkomendasikan adalah“SANWA”. Merek sanwa umum digunakan oleh para teknisi listrik/elektronika danpraktisi di universitas. Namun, untuk harganya relatif lebih mahal daripadamerek lainnya.
Sebenarnya, para sobatBintangTop.com  tidak perlu bingung untukmemilih multimeter. Apabila kalian masih awam, dan baru memulai duniaelektronika, beli lah multimeter yang sesuai dengan budget kalian, karena untukpemakaian awal kalian tidak terlalu membutuhkan banyak fitur.
Satu lagi, daya tahan atau awettidaknya multimeter itu sendiri bergantung dari “PEMAKAIAN” dan “KESALAHAN”dari user, jadi ada kemungkinan apabila menggunakan multimeter yang mahal akanrusak juga.
Nah, mungkin itulah beberapa tipsdan informasi dari saya tentang multimeter analog dan digital, semoga kalianbisa bijak dalam memilihnya. Semoga Bermanfaat!Yuzwan P


Baca Juga :

– Tutorial Penggunaan AVOmeter untuk Pemula– Cara Cek Jalur tersambung atau terputus dengan Multimeter SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.