Berurusan dengan kaca, tentutidak sembarangan kita dapat memotong seperti halnya menggergaji kayu ataumenggunting kertas, namun sebenarnya … memotong kaca adalah cukup mudah asalkan … para sobat BintangTop.comtahu trik dan teknik yang tepat, bilatidak … maka kaca akan terbelah bahkan retak dan pecah tidak sesuai yangkita harapkan, padahal … kalau sudah begitu, maka tidak ada pilihan lain selaindaripada harus membeli kaca baru.
Pemotongan kaca sangat diperlukan untuk keperluan apapun, baik untuk bangunan, kerajinan, interior, mebel, dan sebagainya. 

 

Pada artikel ini kita akan berbagi…
Teknik memotong kaca datar /plat kaca, baik yang polos maupun kaca datar bermotif / bergambar /kembang-kembang.
Alat dan Bahan :

a. Kaca datar yang akan dipotongb. Penggaris plat / besic. Sedikit Minyak (sembarangminyak, gak ada gak papa)d. Cutter khusus pemotong kaca – Ada yang berbentuk mirip pena,ada yang model sisir dan cutter, harga bervariasai ada yang sekitar rp 50 ribuhingga ratusan ribu tergantung spec.
meja kaca kotak– Mata Pisau pemotong kaca olehorang-orang biasa disebut bermata intan, padahal bayak yang bukan ^_^ mana adaintan/berlian hanya dihargai puluhan ribu rupiah 🙂 (terkecuali yang memangamat mahal) … kebanyakan adalah mata cutter yang dilapisi dengan baja potongcepat kelas tinggi (High speed steel) yang umumnya di pabrik pembuatnya sudahdilakukan proses hardening (pengerasan) sehingga baja jenis ini sangat kuatsehingga terjaga ketajamannya.

Teknik Mudah Memotong Kaca datar dan Plat Kaca bermotif


1. Letakkan kaca di meja yang rata,terutama untuk kaca yang tipis maka kerataan meja / lantai kerja sangat pentinguntuk mencegah pecah / retak yang tidak sesuai.- Untuk kaca ukuran kecil,biasanya mudah bergeser dari meja, karenanya bagian bawah kaca sebaiknya diberi lamakan kain kasar agar tidak licin.
2. Siapkan pena / cutter pemotongkaca, oleskan minyak pada mata pemotongnya. Barulah lakukan penggoresan padakaca sesuai ukuran yang di inginkan, gunakan penggaris besi tebal atau sebaiknya waterpass  sebagai panduan dalam menggaret secara lurus pada kaca.- untuk kaca bermotif gambar /kembangan, buatlah goresan pada bagian balik kaca yang datar, jangan menggorespada sisi motifnya.
lakukan penggoresan pada kaca sesuai ukuran
Perhatian :

Menggores kaca harus dilakukansekali saja dengan penekanan yang cukup hingga terdengar suara saatpenggoresan. Jangan mengulangi penggoresan sebab dapat menimbulkan garis gandayang beresiko belahan kaca menjadi tidak halus bahkan retak.
3. Untuk kaca yang besar …

– Setelah penggoresan kaca, posisikangoresan tersebut tepat di pinggir meja, pegang kaca diatas meja dengan satutangan, lalu satu tangan yang lain memegang dan menekan ke bawah pada kaca yangdiluar meja.Krek ! … Kaca pun terbelah dua -tepat pada bagian garetan kaca.
satu tangan yang lain memegang dan menekan ke bawah pada kaca(gunakanlah kain atau sarung tangan, mencegah kulit tergores kaca)
– Alternatif lain, Untuk kaca yang kecil …

Baliklah kaca sehingga goresantadi berada dibawah.Ganjal bagian bawah pinggirgoresan kaca dengan penggaris plat. Lalu … Lakukan penekanan pada bagian ataskaca dengan 2 jari (jempol dan telunjuk) di sekitar  pinggir sepanjang goresan tadi. Denganpenekanan yang cukup … Krek ! maka kaca akan terbelah tepat pada garis goresan.
Saat pertama mencoba memotong kaca, saya langsung berhasil ^_^lalu pada pemotongan kedua karena kacanya tipis dan penekanan terlalu kuatternyata kaca pecah kearah yang tidak diinginkan, dan selanjutnya lebih pengalamansehingga memotong kaca menjadi lebih mudah.

Baca Juga :
Trick manual – Memotong kaca secara lingkaran

Kepada para sobat BintangTop.com– selamat mencoba juga ya. Silakan beli alat pemotong kaca di toko bangunan,atau di super market bangunan, bahkan penjualan online – cutter kaca modelmulti fungsi juga ada. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.