BintangTop.com – Cara mengatasikipas angin yang tidak kencang anginnya /tidak bertenaga.Beberapa lama ini kipas anginsaya tidak keluar anginnya, padahal putaran kipas normal dan bahkan sangat cepat,yang ada hanyalah suara deru baling baling yang bising di kala malam yangtenang JAl hasil, saat tidur masih tetapmerasa gerah karena kipas angin ternyata tidak menghembuskan angin yangberarti.
Alih alih mau beli lagi kipasbaru … Stop ! jangan dulu gan, sebab para sobat sebenarnya dapatsegera mengatasi problem ini tanpa perlu mengeluarkan uang sedikitpun, Cekidot…
2 Solusi untuk Mengatasi kipas Angin yang Tidak Terasa Hembusan Anginnya


Cara 1 – Cage Cleaning

ini adalah cara yang sudah sayapraktekkan selama bertahun tahun dan terbukti ampuh.Jadi dikala kipas angin sudahtidak terasa hembusan anginnya, maka lakukanlah pembersihan, caranya :
contoh kipas angin rumah tangga
Pastikan cabut dulu steker /kabelkipas dari power listrik.a. Bongkar baut sabuk pengunci sangkarkipas anginb. lepas sangkar depan (frontcage)c. lepas Mur pengunci balingbaling (umumnya berbentuk Mur bulat /knobplastik).Note ! !- Biasanya baut knop ini memilikidrat kiri, artinya … jika diputar ke kiri (berlawanan jarum jam) maka malah mempereratbautnya.- karena itu putarlah ke kanan(searah jarum jam) untuk mengendorkan /melepas baut knob ini.- baut kipas angin tidak samaputarannya dengan umumnya baut lain, dikarenakan kondisi baut ini yang beradadalam posisi berputar setiap saat, yakni … ketika sobat menyalakan kipas makabaling baling terhentak berputar ke kanan, sebaliknya Mur knob terhentak kekiri, karena itu ia didesign darat kiri supaya malah mempererat mur itusendiri, seandainya ia didesign drat kanan, maka bahayanya adalah lama lama iaakan kendor sendiri dan baling baling setiap saat bisa lepas.
d. Keluarkan baling baling/impeller.e. Cuci lah baling baling +sangkar depan dengan air dan sabun, keringkan pakai lap kain.f. bersihkan juga sangkarbelakang kipas, gunakan kain basah + sabun (jangan terlalu basah).
g. Kembalikan semua komponenseperti semula, yaitu :- masukkan kembali baling balingpada As /shaftPerhatikan ! bahwa pada bagianshaft ada pin besi, dan pada bagian belakang baling baling ada coakan, kalianharus mengepaskan coakan dengan pin besi tersebut.- pasang dan kencangkan mur knobdengan putaran ke arah kiri (berlawanan jarum jam).- pasang sangkar depan dan kuncidengan sabuknya.
Coba nyalakan kipas angin … Wussss …. Angin berhembus lebihkeras dan sejuk dari sebelumnya.
Mengapa demikian ? inilah Prinsip Kerjanya :

– Baling baling berputar membelahudara dengan sudut miring, sehingga udara dibelakang kipas tertarik lalu terusterdorong menjadi angin yang terhembuskan ke depan.
– pada saat sangkar belakangkotor maka udara yang tertarik menjadi terhambat, dan sangkar depan yang kotormenjadikan angin yang terdorong juga terhambat, kemudian baling baling yangkotor menyebabkan fungsi pembelahan anginnya menjadi tidak optimal.
– bila hambatan diatas tidakditangani, tidak hanya masalah hembusan angin yang kurang kuat, tetapi jugamemberi efek pada beban motor sehingga mudah panas, kemudian daya listrik yangdiperlukan pun lebih boros.
# Cara pertama di atas sudah sayapraktekkan bertahun tahun dan memang berhasil, untuk berbagai kipas angin dariyang ukuran besar sampai yang kecil.Karena itu saya sarankan jugaagar para sobat BintangTop.com menjadwalkan pembersihan kipas angin setiapbeberapa lama, atau di setiap mulai tampak kotor dan hembusan angin berkurang.
contoh kipas angin besarBagaimana jika sudah di cleaning total, masih tidak ada anginnya juga??


Cara 2 – Repair Propeller


Baru baru ini saya mendapati masalahberbeda, semua sudah bersih kinclong tapi kok tetap gak keluar angin juga, padahalini kipas yang cukup bagus (merek Cosmos 🙂 gak promosi loh ya JTapi jujur sih … ini kipas anginudah 10 tahun umurnya, rencananya mau saya rombeng aja, dengan alasanmemakluminya mungkin udah kadaluarsa.
Tapi tunggu dulu …Kipas ini berputar normal dan bahkanmasih sangat cepat tapi kok gak ada angin sama sekali, jadi saya yakin initidak ada hubungannya dengan masalah dynamo maupun kotoran debu. Ini masalahyang berbeda, maka saya pun curiga pada propeller /baling balingnya.
Setelah cek and recheck ! akhirnyasaya menemukannya !Baling baling ternyata sudahberubah bentuk (mengalami deformasi), mungkin karena sudah 10 tahun lebih tugasnya membelah anginakibatnya daun kipas mulai melengkung.
Jadi berikut adalah masalahnya :

Ketika baling baling saya lihatdari samping …- ujung daun baling baling yang beradadi posisi awal sebagai pembelah angin, ternyata bidangnya melengkung, akibatnyadaun ini menyerok angin sekaligus mendorong juga angin ke belakang, sehinggaterjadi tabrakan angin secara lokal yang mengakibatkan tidak ada dorongan/hembusan angin kedepan sama sekali.
Berikut Solusinya :


– Setelah saya bongkar / copotbaling balingnya.- lalu saya tekan /tekuk bidangdaun tersebut ke arah belakang (agak jauh) supaya kalau di lepas tekanannyai maka hasilakhirnya adalah daun yang mendekati lurus.Solusi Kipas Angin Berputar Cepat Tapi Gak Ada Anginnya(area yang ditekan ialah yang saya tunjukkan dengan tanda arsir, ditekuk kebelakang dengan batas garis putus putus).
– jangan ditekuk ke arah depan ya,nanti malah semakin melengkung !- lakukan penekanan /pembengkokanpada ke tiga ujung daun kipas /baling baling beberapa kali secara bergantian.- setelah semua sudah dirasa lumayanlurus sudut miring daunnya, barulah saya pasang lagi.
– Kipas dinyalakan … dan WussszzzzzzzzzzzzAngin berhembus dengan kencang…kipasnya udah sembuh seperti sedia kala JProblem solved J
Semoga sharing ini bermanfaatbagi para sobat BintangTop.com sekalian yang sekiranya mengalami 2 macampermsalahan yang sama pada kipas angin elektrik

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.