Hello Guys,kali ini kita akan mengenal dan membahas tentang satu olahraga keseimbanganyang sebenarnya sudah cukup lama ada di dunia namun masih baru di matamasyarakat Indonesia,yaitu SlackLine …Sebuaholahraga yang menantang dan menyenangkan dimana Seorang Slackliner (sebutanorang penggiat olahraga slackline) … berjalan dan menyeimbangkan diri diatastitian dari tali khusus selebar 1 inchi (2,5 cm) ataupun jenis tali selebar 2inch (5 cm) yang ditambatkan diantara 2 tiang atau pohon.
Tidak hanyaberjalan saja, para slackliner dapat duduk ataupun tidur diatas tali tersebut,serta dapat melompat-lompat, memantul dan melayang berputar, bahkan meroda dansalto diudara kemudian mendarat kembali dengan mulus diatas tali tanpamenginjak tanah.
Slackliner cewek wanitaUntuk parasobat BintangTop.com semua yang berminat melakukan olahraga keseimbangan ini,yang paling mudah dan tampak menyenangkan bagi pemula adalah dengan berjalan-jalansaja diatas tali … namun begitu … ternyata … keseimbangan itu cukup sulit,terbukti para slackliner yang biasanya mengenalkan jenis olahraga ini di tempatumum – rata-rata akan mengundang bayak perhatian orang yang lewat lalu merekadiberikan kesempatan untuk mengenal dan mencoba sendiri naik dan berjalandiatas tali slackline tersebut …

Yup, hasilnya …setelah mencoba, hampir semua baru tahu bahwa ternyata keseimbangan tidak semudahseperti yang dilihat mata, perlu latihan beberapa waktu untuk menguasainya.
Dari penuturanpenggiat olahraga slackline ini, bahwa seorang slack liner dapat menguasaitrick-trick slackline yang lebih banyak dan kompleks dari berjalan, duduk danmelompat sambil berputar, melayang dan memantul secara horizontal, dan bahkan jungkirbalik berputar diudara … setidaknya membutuhkan minimal 6 bulan denganfrekuensi latihan rutin beberapa kali seminggu.
Dalamperjalanan menuju 6 bulan tentunya kalian akan mendapatkan kesenangan seiringprogress kemampuan yang terus bertambah dari yang sederhana sampai trick yanglebih sulit hingga yang rumit.
7 Keuntungan Olahraga Slackline :


Inilah SLACKLINE – Olah Raga Menantang, KESEIMBANGAN TaliA. Mudahdilakukan dimana saja, baik di desa dan perkotaan / urban, bahkan di kolamrenang, di sungai dan pegununganHanyamemerlukan tali khusus/webbing slackline, tinggal di kaitkan pada 2 tiang yangkuat.Tiang kuat inibisa berupa pohon, tiang besi, pagar besi, batu karang (kalau di pantai), Danlain-lain.
B. Cocok untukhampir segala umur, dari anak SD, remaja, dewasa bahkan para ibu dan bapakpolisi yang menonton di pinggir jalan juga ada yang tertarik untuk mencobaolahraga asyik ini. Tentusaja untuk anak-anak, olahraga ini sebatas melatih keseimbangan saja dan taliharus dipasang rendah.


Foto : adik-adik sekolah kita di bandung – mencoba olahraga keseimbangan slackline.

adik-adik sekolah kita - mencoba olahraga keseimbangan slackline.C. Olahragayang menantang, menyenangkan bahkan memompa adrenaline, sesuai skil masing-masing.
D. Melatihkeseimbangan tubuh manusia dengan sangat baik.E. Melatihketangkasan, ketepatan dan kecermatan.
F. Melatih kekuatan- otot kaki, tangan, pinggang dan lainnya, bahkan melatih kelentukan dan  kelenturan tubuh.G.Membangkitkan kreativitas, karena para slackliner akan terpacu dan termotivasisecara otomatis untuk menciptakan hal-hal baru baik dalam segi teknik dangerakan maupun dalam hal spot/tempat latihan yang bisa berbeda-bedatantangannya.

Kesulitan Yang Ada :


– Keterbatasan teman/komunitas.

MeskipunOlahraga slackline sudah mendunia, namun di mata masyarakat indonesia masih tergolong awam, para slacker indonesiasering berkelana mencari spot-spot alam baru, sekaligus spot di perkotaansebagai tempat olahraga mereka sekaligus untuk lebih mengenalkan olah ragamengasyikkan ini.
Olah ragaslackline sudah pernah dimainkan oleh beberapa orang sejak tahun 1980 an di indonesia, namun mulai populer setelah sebuahkomunitas slackliner pushing panda bandungmengembangkan dan mengenalkan aktivitas mereka serta diliput beberapa media nasionalbaik media massamaupun media elektronik.
– Keterbatasan alat.

Meskipun alatyang dibutuhkan sebenarnya hanyalah seutas tali dengan panjang ada yang 15 meterataupun sampai 100 meter.Namun sampaitulisan ini saya tulis, belum ada toko di indonesia yang menjual tali khususslackline selebar 2,5 cm atau 5 cm ini. Terpaksa kita harus membeli di tokoonline luar negeri.
Kadangbeberapa senior slackliner indonesiaada yang menjualnya beberapa buah saja karena mereka telah memesan secaraonline di web-web penjual tali/webbing slackline.Atau kadangpula ada yang habis dari bepergian ke singapore atau luar negeri danmembawa pulang beberapa set tali/webbing slackline dan dijual ke komunitasnya.
contoh webbing tali slackline
– Mahalnya Tali Slackline

Harga untuksatu roll tali berikut accesorisnya dalam menambatkan/mengaitkan padatiang/pohon … untuk panjang 15 meter, hargnya berkisar Rp 1 juta – 1,4 juta …sesuai merek dan jenisnya ( misalnya ada merek gibbon dan elephant ).Sehingga masihdikatakan cukup mahal mengingat olah raga jenis ini umumnya lebih banyak digandrungi anak muda dan Abg – sementara mereka umumnya belum bekerja.Sehinggaalternatifnya adalah dengan membeli secara patungan untuk dipakai beberapaorang atau 1 komunitas, Mengingat olahraga ini sendiri juga lebih fun dan lebihaman bila memiliki partner.
Tali slackline sebenarnya “Murah” biladilihat dari segi kehebatan dan kekuatan tali khusus tersebut yang dapatmenahan beban sampai dengan 3 ton (3000 Kg), hebat bukan ??Juga termasukmurah bila dilihat dari segi fungsi sebagai olahraga yangd apat dilakukan dimanasaja, sangat menyenangkan, dan membawa pengalaman baru bagi para usernya.Kiranya benarbahwa skill baru, pengalaman baru, dan kepuasan tidak dapat diukur dengan uangbukan ??
Matras pengaman utuk trick professional

Bagi parapraktisi slackline, umumnya akan terpacu semangatnya dalam melakukan aneka gaya baru dan freestyleyang mengagumkan, untuk latihan ini … demi kemanan maka diperlukan sebuahmatrass yang umumnya dipakai untuk senam lantai.Sehingga cederaakibat terjatuh dapat diminamlisir.
Bilatidak mau membeli matras … Maka terpaksa harus latihan di sungai ^_^sehingga meskipun jatuh saat melakukan trick sulit – tidak akan melukai kita.

Highlining (slackline di ketinggian) di jembatan cisomang Purwakarta  

Slackline antar tebing gunung
(Foto kiri : Highlining (slackline di ketinggian) di jembatan cisomang Purwakarta.Foto : By mas mulyadi, slackliner indonesia
Tertarik menjadi seorang slackliner ?

gak usah mikir yang aneh-aneh dan berbahaya, cukup bisa jalan-jalan diatas tali, main lompat dan aneka trick yang mana saja asalkan aman – sudah sangat mengasyikkan ^_^Silakanbergabung dalam komunitas slackliner yang sudah ada di bandung,jakarta, purwokerto, dan beberapa kota lain yang bakal menyusul.Belum adakomunitas di kotamu ?Gak masalah,sobat dapat melakukan sendiri di mana saja dengan beberapa teman kalian ataukeluarga, dengan mebeli tali slack line via online sebab olahraga ini relatifaman dan fun asalkan tidak melkukan trick-trick yang aneh-aneh tanpa bimbingan.Selanjutnya untuk lebih pro … sobat dapat mengunjungi komunitas terdekatsewaktu-waktu.
Kepada parasobat bintangTop.com.. Salam olahraga !  Bagaimanamenurut kalian ?
Sudah mulaiingin untuk menjadi seorang Slackliner ??? SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.