BintangTop.com – Gambar di bawah menunjukkan petatersebarnya semua agama di dunia,Setidaknya ada 10 kategori warnauntuk menunjukkan masing-masing agama yang dianut oleh penduduk bumi ini.Warna pucat/terang menunjukkan sekitar20-30% penduduknya menganut agama tersebut.Warna lebih gelap menunjukkansemakin besar presentasenya, 50 %-70%.Dan warna Tua menjukkanpenduduknya mayoritas memeluk agama tersebut sampai dengan 90%.

Sumber :

Perkantoran Sensus dan Statistik nasional, WRD – Database Agama Dunia, ARDA dan ARIS – Amerika Serikat, Data Diosis katolik, SREDA – Russia, IFOP – Perancis, SKDS – Latvia, Asia Harvest dan China Data Online – RRC, Pew Forum on Religion & Public Life, International Public Use Microdata, dan aneka survey lainnya.

Berikut adalah pattern warna penunuk Agama di Peta :


1. Warna Pink sampai dengan MerahTua Agama katolik (Romania dan Easternia)
2. Warna biru muda (Cyan) sampaidengan Biru TuaAgama Kristen Protestan
3. Magenta muda sampai denganmagenta TuaAgama Orthodox (Easternia danOrtodoks timur)
4. Kelabu muda sampai denganAbu-abu Tua/HitamAgama Yahudi
5. Hijau pucat sampai denganHijau TuaAgama Islam/Moslem
Warna kuning pucat sampai denganKuning TuaAgama Budha
6. Oranye muda sampai denganOraange TuaAgama Hindu
7. Ungu Pucat sampai dengan UnguTuaAgama Easternia, seperti Taoisme,Shinto, dan lainnya.
8. Coklat pucat sampai dengan CoklatTuaAgama/kepercayaan lainnya.Termasuk : – Indegenous/Animist- Kristen Non Trinitas (AmerikaUtara dan Oceania)- Sikhisme (Asiadan Amerika Utara)
10. Warna LainnyaTidak Beragama
Dari Peta Agama Dunia diatas, dapat ditarikkesimpulan …


1. Agama yang paling banyak pemeluknya di dunia adalah Agama Kristen.ditunjukkan dalam warna biru dan biru tua (protestan) serta warna merah (katolik).Kristen Protestan tersebar dibenua Amerika utara, benua Afrika bagian selatan, Eropa dan Australia,seangkan kristen katolik lebih banyak tersebar di Amerika selatan dan sebagianAfrika.
2. Menempati agama terbesar urutan kedua, Agamaislam – lebih tersebar di bumi Arab/Timur Tengah, Bagian utara Afrika, Asia, dan Indonesia.
Dari sekitar 16 persen lebih daripenduduk di seluruh dunia, mereka tidak beragama.Hasil survey menunjukkan bahwaseparuhnya masih memiliki kepercayaan dalam hatinya bahwa tuhan itu ada, hanyasaja mereka tidak memeluk/memilih pada suatu agama manapun. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.