Dunia anak penuh dengan duniaimajinasi, dalam hal ini kita dapat mempertajam daya kreasi mereka denganmenunjukkan cara membuat sesuatu, termasuk salah satunya origami berikut ini …yaitu cara membuat tas ransel atau tas sekolah.
Tas kertas ini bisa dijadikansebagai mainan atau bahkan buat tas betulan dengan cara membuat versi yanglebih besar. Anak anak pasti suka J
Bikin Sendiri Tas Ransel /Tas Sekolah dari Kertas


A. Cara Membuat Body Belakang Tas

– Sediakan Kertas Kotak Persegi/sama sisiContoh ukuran yang dipakai adalah20x20 cm (versi kecil /mainan)- Sebaiknya gunakan kertas yangagak tebal semisal karton agar tas tidak mudah penyok JTas 1 cara bikin tas dari kertas1. Kertas di lipat separuh -vertikal dan horizontal, buka kembali untuk memunculkan garis bantu cross.2~3.  Lipat semua pojokan bertemu di titik pusat.4. ulangi lipat semua pojokanbertemu di titik pusat.
Tas A origami tas body belakang
5. Balik kertasnya.6. Buka lipatan sesuai tandapanah sehingga semua ujung membentuk kotak.7. Lipat masing masing kotakkebelakang sesuai garis putus putus.8. Putar body kertas, maka sudahterlihat bentuk kubusnya.9. ini sebagai bagian belakangtas.
B. Membuat Body Depan Tas

– Ambil Kertas Kotak Persegi/sama sisiSamakan dengan ukuran kertasuntuk body belakang sebelumnya, misalnya 20×20 cm (versi kecil)

Tas B body depan

1. Kertas di lipat separuh -vertikal dan horizontal, buka kembali untuk memunculkan garis bantu cross.2~3.  Lipat semua pojokan bertemu di titik pusat.4. Lipat semua pojokan kebelakangbertemu di titik pusat, kecuali yang ujung atas dilipat ke depan.5. Lipat bagian atas sesuai garisputus putus.6. Lipat bagian bawah sesuaigaris putus putus.
7. Balik kertasnya.8~9. Buka lipatan sesuai tandapanah sehingga semua ujung membentu kotak.10. Lipat masing masing kotakkebelakang sesuai garis putus putus.11. Putar body kertas, maka sudahterlihat bentuk kubusnya. 12. ini sebagai bagian depan tas.
Persiapan Membuat Cover & Tali Tas

– Ambil Kertas Kotak Persegi/sama sisiSamakan dengan ukuran kertassebelumnya, misalnya 20×20 cm.Tas 5
1. Kertas di lipat separuh -vertikal dan horizontal, buka kembali untuk memunculkan garis bantu cross.
2~4. Separuh full kertas bagian kananadalah untuk cover.Dan 1/8 bagian kertas sebelah kiriadalah untuk tali ransel.- Potong kertas sesuai lebarbagian masing masing (sesuai garis putus putus).
C. Membuat Cover Tas

1. Lipat kertas separuh untukmembuat garis tengah.2. pertemukan pinggiran kertaskiri kanan di tengah.3. lipat separuh kertas (bawahkeatas).4. Lipat kecil pojokan bawahkertas dan buka lagi untuk membuat garis bantu.5~6. Selipkan pojokan kertaskedalam hingga membentuk bevel /sudut.

tali dan cover tas C dan D

D. Membuat Tali Ransel

1. Lipat kertas 1/3 bagian hinggamengecil.2~3. lipat bagian bawah membentuksudut /kemiringan.
E Penggabungan

1. Pertemukan dan masukkan Bodybelakang (A) terhadap body depan tas (B).- kunci bagian dalamnya denganlem atau isolasi double tape.

cara membuat origami tas ransel

Design : Fumiaki


2. Sambungkan cover depan tas (C)pada body belakang tas.Untuk ujung cover yang bagianatas di kunci dengan lem atau isolasi, sedangkan yang ujung bawah hanyadiselipkan, karena nanti setiap saat untuk dibuka kembali.
3~5. Pasangkan 2 tali ransel (D)pada body belakang tas.Kunci dengan lem atau doubletape.
Wohoo … Tas ransel mini udah jadidech …
Coba buka cover depannya, isisaja dengan aneka barang atau mainan kecil, kemudian …silakan para sobatBintangTop.com dapat membuat versi yang lebih besar, dengan bahan karton manilamisalnya, biar jadi kayak tas betulan dan muat diisi barang barang besar J

KEMBALI KE :
Koleksi Origami – Cara Membuat Berbagai Barang dari Kertas SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.