Charger merupakan sebuah alatyang digunakan untuk mengisi daya baterai. Apalagi di era teknologi gadget saatini, charger sangat penting bagi gadget sobat, hampir semua orang memilikicharger untuk mengisi daya ponselnya.
Namun, terkadang kualitas chargertidak semuanya bagus. Pemakaian yang berlebihan dan perawatan yang tidak sesuaidapat menyebabkan ujung charger menjadi rusak. Tapi, para sobat BintangTop.comjangan dulu langsung membuangnya … Charger bekas sobat, masih bisa digunakankembali lho, sebab hanya ujungnya saja yang rusak.

 

 Pada tutorial kali ini kita akanmemanfaatkan charger bekas dengan cara dimodifikasi menjadi adaptor bagiperangkat lain. Misalnya untuk adaptor arduino, tape recorder, atau untuksumber daya project elektronika sobat. Yuk langsung aja kita simak bagaimanacara membuatnya:
Cara Modifikasi Charger Second Menjadi Adaptor lainnya


Alat-alat :

• Charger bekas (ukuran 5v /12v)@1 buah• DC jack power male @1 buah• Pengupas kabel (atau bisa pakaicutter)• Tang potong
Langkah – Langkah Reparasi :


1. Siapkan charger dan jack yangakan digunakan, berikut ini contoh gambarnya:

2. Potong ujung charger dengantang potong dan kupas isinya. Ketika telah dikupas akan terdapat 2 kabel yangterisolasi. Biasanya kabel positif berwarna putih atau merah, dan kabel negatifberwarna hitam. Agar lebih mudah mengenalinya kabel negatif mayoritas berwarnahitam.
3. Kupas isi kabel putih danhitam tersebut dengan menggunakan pengupas kabel, Jika sobat tidak memilikipengupas kabel, dapat menggunakan cutter.
4. Setelah dikupas kabelnya, makahasilnya akan seperti ini:

5. Lepaskan bagian-bagian pada DCjack dengan cara diputar, bagian inti akan digunakan untuk melilit kabelsedangkan bagian luar yang berupa socket pelindung. Setelah dibuka akan menjadiseperti ini:
Cara Modifikasi Charger Second Menjadi Adaptor lainnya

6. Masukkan socket hitam padakabel charger. Ingat, masukan terlebih dahulu socketnya sebab apabila bagianinti sudah dililit kabel akan sulit untuk memasukkan socketnya.

7. Lilitkan kabel yang berwarnaputih pada bagian dalam inti (lempengan pendek) dan kabel hitam pada bagianluar inti (lempengan panjang). Lilitan juga bisa disolder agar permanen danlebih kuat. Supaya lebih jelas dapat melihat gambar dibawah ini:

Nb: pemasangan ini disesuaikanpada female jack perangkat lain, jangan sampai terbalik karena bisamengakibatkan korsleting atau hubung singkat.
8. Tutup bagian inti oleh socketdengan cara diputar.
9. Jika ingin semakin rekatsocketnya, sobat bisa menambahkan lem. Setelah ditutup hasilnya menjadi sepertiini:
Modifikasi Charger Bekas (HP) Menjadi Adaptor
Pics : D. yuzwan P

10. Charger bekas telah berhasildimodifikasi, untuk pemilihan jack tergantung kebutuhan sobat, bisa jugadihubungkan dengan USB/microUSB/miniUSB.
Bagaimana menurut sobat ? Semogabermanfaat ya, jadi para sobat BintangTop.com dapat mengurangi jumlah sampahdan limbah elektronik dengan cara memanfaatkan charger bekas ini.
Selamat Mencoba! SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.