BintangTop.com – Bagi para sobat pengguna mobil Xenia / Avanza atau mobillainnya …Dan memiliki masalah pada alarmmobil, seperti :- Terjadi error atau malfungsiakibat termakan usia, ataupun error alarm berbunyi terus tidak mau berhenti,anti starter bekerja sehingga mobil menjadi tidak bisa di hidupkan.
Beberapa cara dapat mengatasimasalah alarm bunyi terus dengan melepas sekering ataupun melepas kabel negatifaki.Namun Hal ini tidak menyelesaikanmasalah utamanya, yaitu anti starter (bawaan standard alarm xenia avanza) yangakan berjalan otomatis sehingga mobil tidak dapat dihidupkan.
Lalu apa yang harus dilakukan ?


Ya … tidak ada cara yang lebihbaik selain daripada kita harus menonaktifkan sementara secara permanent terhadap sistemalarm tersebut …

posisi baut - cover kemudi mobil xenia avanzaYaitu :- Dengan cara melepas koneksi Boxreceiver Alarm, box receiver tersebut dapat dilepas untuk diganti yang barusesuai standarnya, ataupun untuk diganti dengan box receiver alarm lain yangumumnya tidak memiliki anti starter, atau …- Biarkan saja box receiver disitudimana yang dilepas hanyalah koneksi kabelnya saja,Sehingga sistem alarm samasekali tidak bekerja, dan kita dapat menghidupkan kembali mobil tanpa tergangguoleh anti starter ataupun alarm mobil yang error.Konsekuensinya, kita buka tutuppintu mobil terpaksa dengan cara manual / pakai kunci kontak ^_^
Berikut adalah langkah- langkah Melepas koneksi Box Receiver bawaanstandard All new Xenia/Avanza  :

(tidak jauh beda dengan mobil lainnya)
1. Siapkan obeng plus / kembangLihat gambar Paling atas … Buka sekrup 1 di bagiandepan bawah setir/kemudi.
2. Membuka Sekrup kiri kanan atascover kemudi.Putar kemudi ke kanan maka akantampak Sekrup 2 sebelah kanan, buka dengan obeng +, lanjutkan dengan memutarkemudi ke kiri maka akan tampak sekrup 2 sebelah kiri, silakan buka juga denganobeng +.
3. setelah semua 3 sekrupterlepas, maka cover/penutup stick kemudi dapat dilepas dengan menariknya kearah kita.
Membuka cover penutup kemudi mobil xenia avanza
4. Gambar di atas adalah tampakcover kemudi yang sudah saya lepas, perhatikan disebelah kiri bawah kemudi – tampakkotak hitam, itulah Box receiver alarm mobil Xenia/Avanza.
Cara melepas koneksi kabel :

– Lepas socket 1 dari box receiver, sebagai koneksikelistrikan mobil dengan sistem alarm security system.- Lepas socket 2 dari socket box receiver, sebagai koneksiterhadap fungsi starter.
Menonaktifkan ALARM, MELEPAS/Mengganti BOX RECEIVER Mobil
5. Terakhir … perhatikan bahwapada Socket 2 tersebut sebenarnya terdiri dari 2 kabel hitam yang terkoneksidengan kontak stater, bila 2 kabel ini dihubungkan maka mobil sobat sudah dapatdi starter.Sobat dapat menghubungkannya denganmemberi jamper dari kabel tembaga (jangan yang kabel serabut).Waktu itu saya menyambungnyadengan plat tembaga bekas colokan / steker.Beberapa orang malah ada yang memotongkabel socket 2 tersebut, lalu tinggal menyambung langsung kedua kabelnya dan diisolasi.
Selesai …

Dengan menyambung/menghubungkanatau memberi jamper pada socket 2 tersebut, maka anti starter telah dihilangkan dan sistem alarm mobil telah di non aktifkan secara permanent.
6. Tutup kembali cover kemudi, sebelumnya … socket 1 sebaiknya di bungkus dengan isolasi agar saat cover ditutup – socket 1 tidak sampai terjadi hubungan dengan body mobil atau mungkin komponen lainnya yang tidak diinginkan.
Kini sobat sudah tidak diributkandengan error alarm ataupun anti stater …Silakan sudah bisa menghidupkanmobil dan membawanya ke workshop/bengkel terpercaya untuk dilakukan pemeriksaanapakah box receiver sudah perlu diganti dengan unit baru atau tidak.
Atau bila sobat tidak mau mengeluarkan biaya lagi untukalarm mobil yang memang ada masa/umurnya, maka tidak perlu ke bengkel untukme-repair atau mengganti box alarm, silakan saja kalau mau bertahan denganmembuka dan menutup mobil secara manual / pakai kunci kontak ^_^.
Kiranya dapat bermanfaat bagi Para sobat BintangTop.com semua yang mungkin sedang atausuatu saat mengalami masalah yang sama dengan alarm mobil …Berdasarkan pengalaman menonaktifkan alarm system pada mobil keluargakami – all new xenia.

saya kira tidak berbeda denfanmobil Avanza, sedangkan untuk mobil lain mungkin ada perbedaan dalam lokasi boxreceivernya, namun secara basic – model dan koneksinya sama.
Artikel Sebelumnya …Mengganti Sendiri & Beli BATERAI Remote Control ALARM Mobil SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.