transportasi laut dan sungai yaitu perahu 3 dimensi dan Kapal Uap. Nah, pada penasaran kan … Yang namanya Origami … hampir semuanya tidak menggunakan lem karena hanya cukup mengandalkan teknik melipat kertas saja. Asyik kan … pakai kertas apa aja bisa, jadi kalian dapat langsung praktek seni lipat melipat kertas ini.

Hampir semua orang memiliki masalah, terutama seorang pengusaha. Seorang pengusaha harus mampu mengatasi masalah dalam usahanya sendiri. Karena pengusaha adalah orang yang paling tahu seluk-beluk usahanya sehingga hasilnya bisa dipastikan tepat.

Bagaimana cara agar bisa menyelesaikan suatu masalah dengan tepat? Berikut ini adalah cara yang dibagikan oleh Ken Watanabe.

Mengenal masalah

Langkah pertama yang harus diketahui adalah mengenali apa sebenarnya masalah Anda. Hal terbaik untuk mengenalinya adalah memecah masalah itu hingga bagian terkecil.

Contohnya, jika ada masalah dalam penjualan, kira-kira di mana letak masalahnya. Apakah masala itu adalah masalah produk atau proses marketing. Jika masalahnya ada dalam proses marketing, apa yang salah? Apakah strategi pemasaran Anda atau metode pemasaran Anda?

Mencari hingga ke akarnya

Setelah mengenal masalah, Anda perlu menelusuri hingga ke akarnya.

Dalam kasus di atas, Anda perlu mencari sebanyak mungkin yang mungkin menjadi masalah dalam proses marketing. Setiap kemungkinan tersebut disebut hipotesis. Tiap hipotesis harus dicari tahu kebenarannya dengan cara mengajukan pertanyaan “ya/ tidak.”

Misalnya, apakah ada masalah dalam metode pemasaran? Jika ya, kupas metode pemasaran Anda sedetil mungkin. Lalu, ajukan pertanyaan yang sama pada tiap detil tersebut, apakah ada masalah pada satu/ dua detil? Jika ya, maka detil tersebut harus diselesaikan, jika tidak, maka ajukan pertanyaan lain, seperti apakah harus ada atau harus diubah, dan seterusnya.

Melakukan analisis

Setelah mengetahui bagian yang perlu diperbaiki, buatlah daftar seluruh solusi yang mungkin bisa dilakukan. Untuk menemukan seluruh solusi, Anda bisa bertanya pada konsumen, melakukan rapat dengan pegawai, bertanya pada ahlinya atau mencari sumber terkait.

Dari seluruh solusi yang didapat, pilihlah yang paling tepat mengatasi masalah Anda itu sekaligus tidak mengganggu hal yang lain. Dalam menentukan solusi ini, Anda juga perlu mendiskusikan hasil yang Anda dapat dengan pihak lain yang mungkin terkena dampak dari solusi itu. Hal ini untuk memastikan bahwa solusi tersebut memang menyelesaikan masalah, bukan membuat masalah baru.

Jalankan

Menjalankan solusi bisa menjadi hal yang susah jika Anda harus melakukan perombakan besar, tetapi bisa mudah jika Anda hampir tidak mengubah apapun. Selain itu, Anda mungkin membutuhkan waktu hingga solusi tersebut benar-benar berjalan dan membuahkan hasil.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.