Kerajinan Tempat Gelas Plastik Cantik dari Bahan Daur Ulang - BintangTop.com

Kerajinan Tempat Gelas Plastik Daur Ulang yang Cantik

Lebaran sudah berlalu, tapi sampah plastik dan gelas plastik yang menumpuk masih menyisakan bau lebaran. Sebenarnya, sampah gelas plastik tersebut dapat dijadikan bahan baku untuk membuat kerajinan tangan yang cantik dan berguna. Salah satunya adalah tempat gelas plastik daur ulang. Dalam tutorial ini, kita akan membuat kerajinan tempat gelas plastik yang cantik dari bahan daur ulang dengan menggunakan cutter, gunting, kawat hias, selang kecil, dan kawat besar.

  1. Ambil gelas plastik bekas dan potong bagian bibirnya menggunakan cutter. Rapikan sisa-sisa plastiknya hingga hanya tersisa ring yang cukup banyak.
  2. Ambil kawat hiasdan ukur hingga panjang kira-kira dua meter. Potong lalu lilitkan pada ring gelas bekas hingga menutup ring secara keseluruhan. Anda juga dapat membuat dua warna sekaligus dengan menggunakan dua kawat hias berbeda warna.
  3. Untuk membuat badan, ambil ring yang sudah dibungkus dengan kawat hias, lalu tekuk dan balik kedalam seperti gambar. Ulangi pada ring lainnya.
    1. Susun ring yang sudah jadi dengan jumlah 11 lipatan per bulatan dan hubungkan menggunakan kawat hias yang dipotong kecil-kecil.
    2. Gabungkan rangkaian yang sudah jadi agar membentuk tempat gelas. Bentuk rangkaiannya sesuai selera.
    3. Untuk membuat tali, ambil dua buah selang lalu liliti dengan kawat hias. Satukan dua selang tersebut dengan memberi kawat hias lagi pada bagian paling atas. Masukkan selang ke dalam kerajinan tempat gelas dan rapikan.

    Kerajinan tempat gelas plastik daur ulang ini berguna untuk menyimpan gelas plastik bekas dan dapat digunakan sebagai hiasan rumah atau hadiah untuk orang lain. Selain itu, dengan membuat kerajinan tangan daur ulang, kita juga dapat ikut serta dalam upaya mengurangi sampah plastik dan melestarikan lingkungan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *