Gemar makan Donat / Donut ?? yangini salah satu makanan kesukaan saya 🙂 Btw … yang gak suka ama donat pundijamin kalian bakal sukat donat yang satu ini …Yaitu Donut dari kain, unik, danrasanya gemes mau di gigit setiap memandangnya ^_^
Ikuti tutorial dibawah, maka parasobat BintangTop.com akan dapat membuat sendiri donought dari kain flanel ataukain lainnya dengan warna sesuai selera.Silakan coba bikin yang kecildulu sebagai mainan yang menggemaskan, setelah bisa … silakan bikin yanglebih besar bisa dipakai sebagai bantal sofa ruang tamu.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Donat dari kainMaterial & Tool :

a. Kain Flanel atau kain lainnya –minimal 2 warna- warna badan donut = coklat muda(cari yang mirip warna donat sebenarnya) – warna untuk topping = pink ataucoklat gelap.b. Guntingc. Kertas dan pensil/spidol kecild. Jarum dan benang (sesuaikandengan warna donatnya)e. Jarum pentul – 4 buah
Kerajinan Tangan DONAT dari KAIN – Buat Mainan atau Bantal
Bikin Sendiri Donat Lucu dari kain Flanel


1. Size dan Pola

– untuk mainan seperti layaknyadonat sungguhan, buatlah gambar lingkaran pada kertas dengan diameter 9 cmserta lingkar dalam diameter 3 cm.- Guntinglah kertas lalu jadikansebagai mal untuk menggunting kain flanel warna coklat muda sebanyak 2 potong.
Bikin Sendiri Donat lucu dari kain Flanel
– berikutnya dengan cara yangsama, buatlah gambar untuk topping donut, dari kain warna coklat tua atau pinkmuda. Gambar sesuai selera mirip bunga atau mirip bintang – acak saja bentuknya+ diberi lingkar dalam diameter 3 cm juga.
2. Penjahitan ring dalam

– tumpuklah ketiga potongan kaindiatas (2 potong kain coklat muda ditambah 1 potong kain pink).- gunakan jarum pentul untukmencegah kain bergeser.- jahitlah keliling – bagianlingkar dalam ketiga kain tersebut dengan metode tusuk feston. (bagi yang lumbisa, gunakan link dibawah artikel ini untuk mengetahui caranya yang cukupmudah).
Penjahitan ring dalam
3. Penjahitan ring luar

– tekuklah kain pink ke areatengah dan tusuk dengan jarum pentul agar tidak mengganggu penjahitan lanjutanini.- mulailah menjahit bagianlingkar luar kain coklat muda, dan stop … berhentilah sebelum semua selesai terjahit.- Masukkan dulu dakron atau kapasatau kapuk, atau kain perca yang digunting kecil kecil … hingga donatmenggembung.Barulah silakan lanjutkan jahitanhingga full.
Penjahitan ring luar donut
4. Penjahitan Toping

Bentuk donat sudah jadi, tinggaltoppingnya.- gunakan 4 buah jarum pentul dibeberapa titik untuk mengunci posisi kain pink agar tidak bergeser.- jahitlah keliling garis luarkain pink hingga selesai.

5. Membuat Donat Bantal

Bagi yang baru pertama coba,silakan buat donat yang kecil sebelum mencoba bikin yang jauh lebih besar.Misalnya … bantal mini buatsofa ruang tamu, sebagai referensi … buatlah lingkaran luarnya diameter 24 cmdan lingkar dalam diameter 8cm.
# semua jahitan menggunakan cara … Tusuk Feston

Bagi pemula … silakan pelajaricaranya, gak sulit kok …Teknik dasar Menjahit Kain Flanel – Tusuk Feston / Blanket Stich


Kembali ke :– 20 Kerajinan Tangan Kain Flanel – Lengkap dgn Cara Membuatnya SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.