Bambu sudah dikenal sebagai bahankerajinan sejak dulu, karena bahannya yang murah dan mudah didapat.Batang bambu yang telah dipotongpotong menjadi lebih kecil berupa stik sebesar sumpit atau tusuk sate dapatkalian sulap menjadi kerjainan miniatur rumah dan furniturenya.
Pada kesempatan iniBintangTop.com hanya sharing tentang salah 1 cara pembuatan miniature darikursi … setelah itu … saya jaminpara sobat akan memiliki ruang imajinasi yang semakin lebar untuk membuat anekakerajinan miniature lainnya dari bahan yang sama.
Bikin Sendiri Miniatur Kursi dari Bambu


a. Stick bambu – beberapa batang(batang bambu yang telah dipotong,disiset dengan pisau dan dihaluskan sebesar sumpit)b. Lem kayuc. Bor tangan (jika tak punya,bisa digantikan lem kayu)d. Gergaji besi – gigi halus ataupisau bergerigi.e. Amplas / kertas gosok kasardan halus.f. Spidol kecilg. Penggaris
Kerajinan dari BAMBU – Membuat MINIATUR Kursi/LainnyaPics : Carolina H
Cara Membuat Kursi Mini / Mainan dari Stick Bambu


1. Ukur dan Potong

– Tentukan besarnya kursi yangmau sobat buat, pada contoh kali ini adalah pembuatan kursi dengan dimensi : tinggi total 15 cm, tinggi kaki 5cm, tinggi sandaran belakang 10 cm, dan lebar kursi adalah 5 cm.
maka potonglah stik bambu denganukuran :- panjang 5 cm = 13 batang- panjang 10 cm = 2 batang
stick bambu untuk miniatur atau mainan
2. Lubang Poros

Bagi para sobat yang memilikimesin bor tangan, lanjutkan sesi ini, jika tidak maka gunakan saja lem kayu untukmerekatkan stik bambu satu sama lain hingga menjadi kursi mini.
Kelebihan dengan membuat lubang adalah, nanti kursinya dapat dibuatsemacam engsel yang dapat diatur kemiringan sandaran atau kaki depannya.- mesin bor tangan juga mutlakdiperlukan jika sobat nanti membuat miniature yang atau mainan dari kayu/bambuyang bisa digerakkan, semisal lengan, engsel, roda, dan sebagainya.
Cara Membuat Kursi Mini / Mainan dari Stick Bambu
3. Final

– haluskan semua stik bambu danbekas pemotongannya dengan amplas.- Pen untuk lubang dapatmenggunakan stick dengan diameter lebih kecil atau bisa juga kawat sebesardiameter 2 mm (maka mata bor yang dipakai adalah juga diameter 2 mm agar rapat).- contoh penggunaan lem kayuadalah pada bagian sandaran, namun untuk opsi terbaik, semua rangkaian jugadapat dibuat dengan lubang seperti halnya kaki depan.
Tutorial ini hanya sekedar sharing dan referensi, setelah initentunya para sobat BintangTop.com memiliki bayangan sendiri masing masinguntuk membuat seni kerajinan lain dari stick bambu …
Dengan kesungguhan dankreativitas, semua dapat di bikindari miniature rumah, meja kursi, mainan mobil, robot, bahkan menara Eiffelsekalipun. SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.