Kerajinan flannel 5 in 1 (Five in One) – Hanya dengan 1 cara yang sama danbentuk serupa, para sobat dapat memilih untuk membuat kerajinan kain flaneldibawah ini menjadi 5 macam pilihan : Bantal mini, Tas atau Dompet cinta,Kalung keren atau Gantungan kuci lucu.
Ayo dipilih … perbedaannya hanya di ukuran dan sedikittrick yang ada
Siapkan Bahan danTool :

a. Kain flannel ukuran kecil (minimal 25 cm x 25 cm) = 2lembar, warna merah dan putih.b. Guntingc. Jarum dan Benang jahit / sulamd. Penggarise. Kertas A4f. Pensil gambarg. dacron atau kapas/kapuk – secukupnya.
Cara Membuat KerajinanFlanel Bentuk Hati


1. Gambar dan Ukuran

Buatlah gambar bentuk hati di kertas dengan ukuran :- sebesar A4 / lebih besar, untuk bantal mini atau tas- sebesar separuh A4, untuk dompet jinjing- sebesar 5 cm x 5 cm, untuk gantungan kunci

Buat juga gambar bentuk hati dengan ukuran lebih kecil(separuh dari yang besar) untuk penghias tengah nantinya.
Bikin MAL

– gunting gambar diatas untuk dijadikan sebagai mal dalampemotongan kain flanel merah.- gunakan mal yang kecil untuk menggunting kain flanel putihsebagai hiasan tengah.
2. Sulam Tusuk Feston

– jahitlah terlebih dahulu hati putih diatas salah satu hatibesar warna merah.- Langkah berikutnya adalah menjahit ke dua lembar hatiwarna merah.Semua penjahitan tangan – gunakan cara “tusuk feston”

3. Finishing Sesuai Fungsi

– untuk dompet jinjing atau tas, jangan dijahit bagianatasnya, sehingga dapat dibuka untuk diisi barang/uang. – gunakan velcro / krek krekan sebagai pengunci.- tambahkan tali panjang untuk selempang tas, atau talipendek untuk dompet jinjing.
– untuk bantal mini, masukkan dakron / sejenisnya melalui bagianatas yang belum terjahit tadi.- setelah itu barulah bagian atas yang terbuka inidilanjutkan dijahit full.

Alternatif :

potongan kecil kecil kain bekas juga bisa dipakai sebagaipengganti dakron lho 🙂
– untuk liontin kalung atau gantungan kunci, caranya samadengan diatas … hanya saja ukurannya paling kecil dan … sertakan lipatanpita kecil saat penjahitan dibagaian atasnya, sebagai kaitan untuk dimasukiring kunci.

Okelah kalau begitu …Kini para sobat BintangTop.com sudah bisa bikin sendirikerajinan tangan dari kain flanel – 5 in 1 – satu hati untuk semua ^_^ selamat mencoba dan berkreasi ya.


Kembali ke :– 20 Kerajinan Tangan Kain Flanel – Lengkap dgn Cara Membuatnya SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.