Kemacetan jakartatidak hanya membawa dampak bagi lalu lintas itu sendiri tapi juga terhadapaaneka faktor lain dalam kehidupan jakarta.Lihat saja sejak diberlakukannya3 in 1 di beberapa jalan utama jakartayang umumnya macet parah, dimana mobil yang tidak berisi minimal 3 orang makatidak diperbolehkan melewati jalan tersebut, petugas lalu lintas siaga setiapsaat dalam megawasi proses jalannya peraturan 3 in 1 dijalan-jalan yang telahditentukan.
Banyaknya para pendatang yangberusaha mengais rizki dijakrta malah memanfaatkan keberadaan 3 in 1 untukmendapatkan uang dengan cara menjadi joki 3 in 1. setiap saat admin juga kadangmelewati jalur 3 in 1 sambil  melihat merekamelambaikan 3 jari berdiri di pinggir-pingir jalan menjelang masuk 3 in 1 danmobil-mobil yang hanya berpenumpang 1 orang saja ataupun 2 orang saja bisaminggir sebentar dan mempersilakan masuk untuk menumpang sementara di dalammobil mereka agar bisa melewati jalur 3 in 1. setelah jalur terlewati maka penumpangsementara / joki tersebut diturunkan dengan diberi uang sekitar 15 ribu rupiahper orang, lalu si joki ini biasanya naik bajaj untuk kembali ke area 3 in 1 inilagi mencari mobil baru berikutnya.
bayi disewakan untuk joki 3 in 1Peraturan 3 in 1 untuk mengatasikemaceetan berubah menjadi ladang uang sehingga tidak bermanfaat secaramaximal.
Miris melihat para joki yang sering membawa bayi ternyata hasil sewamenyewa untuk diajak sebagai joki 3 in 1. Bila Anda sendirian menyetirmobil lalu  mengambil joki seorang ibudengan bayinya maka sudah cukup dihitung sebagai 3 orang sehingga bisamelenggang masuk area 3 in 1.
Sewa menyewa bayi menjadi marakdalam dunia joki 3 in 1 karena bayi bisa menghasilkan rasa iba kepada mobilyang lewat sehingga lebih mudah mendapatkan mobil. Disisi lain … mengambil ibudan bayi lebih dianggap aman daripada mengambil 2 orang laki-laki tak dikenalsebagai penumpang sementara  dalam mobilkita bukan ? …
Mereka mengaku bayi disewa dari para teman sekampungnya di jakartadengan bagi hasil 50-50 , jadi misalnya dalam 1 hari merka mendapat hasil Rp 100ribu maka dipotong biaya beberapa kali naik bajai total 20 ribu, makapenghasilan bersih = Rp 100 ribu – 20 ribu = Rp 80 ribu. Bagi hasil 40 ribuuntuksi ibu dan 40 ribunya untuk orang yang menyewakan bayinya.
Kasihan sekali, masih bayi sudahdiajak keliling di jalanan untuk menjadi pekerja sebagai joki 3 in 1.


Admin hanya bisa geleng-elengkepla menyaksikan ini, tidak tahu apa yang seharusnya di benahi, sementara kadangkasihan juga melihat mereka menanti mobil-mobil yang lewat untuk mendapatkanuang, sementara disisi lain salah mereka juga dimana banyak para urban iniberpindah dari desanya ke jakarta tanpa skill lalu berusaha mengadu nasib dantinggal sesukanya untuk bertahan hidup di kota ini tanpa tujuan yg jelas.Akibatnya banyak terjadipergusuran karena mereka yang menempati tanah-tanah tanpa hak sampai dengankolong jembatan bisa menjadi alas rumahnya.
Pemkot jakarta terkadang melakukan razia melaluisatpol PP terhadap para joki 3 in 1 …Tahukah kalian … jika joki tertangkap maka mereka akan masuk dalampanti sosial untuk pembinaan, mereka mengaku di minta denda 300 ribu per orangjadi bila bawa bayi maka harus membayar 600 ribu untuk dapat keluar dari pantisosial tersebut setelah 3 – 4 hari.Tidak selesai disitu mereka harusmembuat pernyataan untuk tidak mengulangi menjadi joki 3 in 1 dengan mengurus surat ke Rt dan RW.
Bayangkan … sekali tangkap mereka bisa kehilangan nafkah yangdiperoleh dengan susah payah selama seminggu ….Tapi kenyataan yang ada, demimengisi perut masih saja sebagian mereka tidak kapok untuk mengulangi lagisebagai joki termasuk urusan sewa menyewa bayi sebagai senjata ampuh dalamdunia perjokian 3 in 1 …
So … adakah saran lain darikalian …?
jalur 3 in 1 jakarta
Silakan Share, moga menjadi bahan diskusi bagi lainnya … SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.