Begitu mendengar perahu, tentuyang ada di pikiran para sobat BintangTop.com adalah kendaraan air terbuat darikayu, papan, ataupun fiber glass yang biasa dipakai untuk sekoci kapal.Namun … ternyata ada orangkreatif  yang berhasil membuat sendiriperahu atau kayak hanya dengan bahan sederhana yaitu  lakban dan pipa air                                     Penasaran bagiamana sebuah perahu dibangun dari isolasi ??

Yuk simak saja caranya …
Membangun Perahu dari isolasi lakban dan Pipa PVC


Bahan dan Perkakas :

a. Gergaji tanganb. Guntingc. Isolasi lakban / Duct tape – 4rollumumnya hitam, atau warna lainlebih keren.
bikin sendiri kayak dari pvc dan isolasi

d. Pipa air PVC Schedule 40, diameter1/2″ = 4 batangumumnya pipa pvc yang di djual digalangan / toko bangunan – panjang per batangnya adalah 4 mtr, e. Elbow diameter 1/2″ – 2buahf. Tee / T joint 1/2″ – 8 buahg. Tee corner / T sudut – 2 buah
lakban atau duct tape
Langkah Pembuatan Perahu Sederhana dari Lakban dengan Frame / RangkaPipa :


Catatan …- Semua sambungan pipa di buattanpa lem, jadi hanya tinggal pasang dan bisa di ikat lakban sedikit biar tidaklepas.
1. Membuat Frame bawah / dasar

– Potong 2 buah Pipa sekitar 30cm, pasang pada T sudut.- Pasang pula elbow pada ujung 2pipa tadi,  posisikan elbow menunjuk kearah satu sama lain.- Hubungkan dengan Pipa panjang2,2 mter pada kedua elbow tersebut.
membangun frame perahu dari pipa air
2. Membuat frame atas / samping kiri kanan.

– sediakan 1 buah pipa sekitar2,3 meter – lalu potong menjadi 4 bagian sama panjang. Rangkai kembali tiappotongan dengan Tee joint, rangkaian pipa ini nanti di buat agak lengkung, bisadi ikat lakban bagian sambungannya agar tidak lepas.- lakukan lagi hal yang sama padasatu buah pipa 2,3 meter lainnya.- rangkai ke dua pipa panjanglengkung diatas pada T sudut yang sebelumnya sudah terpasang pada frame dasar.
3. Membuat Frame Tengah :

Potong bagian tengah pipa framedasar untuk dipasangi Tee joint, lalu hubungkan dengan Tee joint lainnya padaframe atas menggunakan 2 buah pipa sepanjang kurang lebih 1/2 meter.

Saatnya Mengcover / Melakban Perahu


1. Bungkus dulu secara vertical -bagian depan dan belakang  rangka perahu,sekitar selebar 1/2 meter saja.2. Selanjutnya perahu di bungkusdengan lakban secaar horizontal dan berputar mengelilingi badan perahu, dengancara menghubungkan bagian depan dan belakang rangka perahu.3. terakhir … check semuasambuangan untuk memastikan semua kuat.
frame pvc di cover dengan lakban
Catatan :

– Pengisolasian perahu, dilakukansecara overlap / bertumpuk, sekitar separuh dari lebar lakban itu sendiri.- bila ada lubang / longgar,dapat ditambal dengan lakban pada area setempat yang diperlukan.
Finally … Wow …

Perahu / kayak dari isolasilakban dan rangka pvc telah usai …pasang alas selimut di dalamnya, dayung dan terus meluncur …
HEBAT - Membangun PERAHU dari LAKBAN dan Pipa PVC

 

By : Bravo Echo N
By the way … kita belum secaralangsung ikut mencobanya sendiri, tutorial ini saya tulis untuk sharingberdasarkan pengalaman orang yang telah berhasil membuatnya, minimal agar dapatmenambah wawasan kita bersama … bahwa dengan kreativitas, sebenarnya kita dapatmelakukan apa saja, sampai dengan yang tidak pernah kita bayangkan.
Jika sobat perhatikan foto palingatas, Si empunya sendiri, bahkan membuat dayungya juga dari lakban 🙂 namuntidak saya tulis caranya, sebab sudah capek nulisnya, toh mendingan juga bikindari kayu bisa lebih kuat ^_^ … Berani Mencoba ?
Salam kreatif, semoga dapatmenjadi inspirasi.

— —# Kembali ke …33 CARA Membuat Kerajinan Tangan dari Pipa Pvc/Paralon SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.