Our Experiences when visited Mount Bromo, Here are 5 Most Beautiful Spots in Bromo area ... 1 of the most attractive from bromo is because it is still an active volcano

Setelah mengetahui jenis-jenis segmentasi pasar, maka hal selanjutnya yang harus diketahui adalah cara melakukan segmentasi pasar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan segmentasi pasar.

Yang pertama, Anda harus memastikan bahwa segmentasi tidak menargetkan pangsa pasar yang terlalu kecil. Misalnya, wanita berusia antara 25-35 tahun yang bekerja sebagai sekretaris di Jakarta. Jika pasar yang Anda targetkan sekecil ini, produk Anda tidak akan terjual maksimal. Karena bisa jadi sebagian besar target Anda tersebut sudah setia dengan produk lain.

Selanjutnya, tanyakan pada diri Anda apakah tawaran yang Anda berikan pada tiap segmen berbeda. Jika ya, seberapa banyak perbedaannya? Jika hanya ada satu atau dua perbedaan, maka gabung saja segmen-segmen itu menjadi satu segmen yang lebih besar.

Bagi pemula, fokuskan segmentasi Anda pada segmen yang berkualitas, tidak hanya kuantitas. Segmen yang berkualitas dapat membantu Anda mendapatkan konsumen lebih cepat. Selain itu, pastikan Anda memilih segmen yang bisa Anda jangkau.

Tidak ada salahnya jika Anda memilih segmen yang memiliki siklus penjualan tercepat. Misalnya, Anda memilih segmen yang cenderung membeli produk berkualitas biasa. Atau segmen yang hanya membeli produk murah, tapi sering melakukan pembelian.

Selain itu, carilah segmen yang jarang dijadikan target pasar. Sehingga kompetitor Anda sedikit atau malah tidak ada sama sekali. Contohnya: Anda membuka tempat spa di daerah besar yang hampir tidak ditemukan tempat spa.

Segmentasi Pasar dan Persona

Untuk mulai melakukan segmentasi, Anda harus mengetahui bagaimana karakteristik segmen pasar. Segmen pasar adalah sekelompok orang yang memiliki dua karakteristik yang sama:

  1. Mereka memiliki kebutuhan yang sama akan produk yang Anda atau orang lain tawarkan.
  2. Mereka saling berinteraksi. Hal ini penting untuk membantu Anda memasarkan produk secara otomatis. Itulah kenapa di awal disebutkan tentang segmen yang berkualitas. Jika segmen berkualitas telah menjadi pelanggan setia Anda, maka mereka tidak akan segan mempromosikan produk Anda pada semua orang.

Hal ini berarti, Anda harus mampu memahami batasan segmen tersebut dan menjelaskannya pada mereka. Ketika Anda menjelaskan produk Anda, katakan hal-hal umum yang diketahui dan dipercayai banyak orang, tetapi tidak diketahui segelintir orang.

Lalu, utarakan kembali kebutuhan spesifik segmen Anda dengan bahasa mereka. Untuk melakukannya, Anda harus sangat mengenal segmen Anda. Anda bisa mempelajarinya dari iklan sampo dan obat.

Bagaimana Memulainya?

Sebagai pemula, keberadaan persona sangatlah membantu. Persona adalah konsumen yang memiliki alasan menarik untuk membeli produk Anda.

Jadi, pilihlah seorang persona dan kenalkan dia pada calon konsumen Anda. Salah satu caranya adalah Anda meminta testimoni dari seluruh pelanggan Anda. Kemudian, pilihlah testimoni yang paling menarik untuk ditayangkan di website atau page Anda. Baca juga: membuat tampilan testimoni customer lebih menarik.

Setelah mereka percaya bahwa produk Anda dapat memberikan manfaat yang dibutuhkan, akan semakin banyak orang yang berdatangan untuk membeli produk Anda.

Selamat mencoba.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.