open grey metal soda can

Kerajinan Bangun Ruang dari Bahan Limbah: Definisi, Contoh, dan Manfaatnya

Artikel ini akan membahas tentang kerajinan bangun ruang dari bahan limbah. Kerajinan bangun ruang merupakan hasil karya yang dibuat dari suatu bahan dengan membentuk ruangan 3 dimensi (memiliki volume yaitu panjang, lebar dan tinggi/tebal). Sementara itu, kerajinan yang dibuat tanpa membentuk ruang disebut sebagai kerajinan bangun datar atau 2 dimensi (hanya memiliki luas yaitu panjang x lebar).

Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan bahan limbah untuk diubah menjadi kerajinan bangun ruang. Contohnya seperti botol, batok, kardus, kaleng, dan lainnya. Dengan begitu, masing-masing bentuk dapat dimanfaatkan lebih cepat dalam menciptakan kerajinan bangun ruang.

Definisi kerajinan bahan limbah sendiri adalah hasil karya yang dibuat dengan memanfaatkan bahan dari limbah, dimana sebelumnya hanyalah berupa sisa bahan/barang bekas yang sudah dibuang namun kemudian di manfaatkan sedemikian rupa agar memiliki nilai lebih, nilai seni, bahkan nilai jual.

Bahan limbah dapat dibagi menjadi 2 sumber, yaitu bahan limbah organik dan bahan limbah anorganik. Bahan limbah organik adalah bahan sisa yang mudah/dapat terurai oleh tanah/bakteri (degradable). Contoh bahan limbah organik adalah tulang ikan, bulu/sisik hewan, cangkang telur, kulit kerang, batok/sabut kelapa, pelepah pisang, bonggol jagung, batang padi-jerami, biji bijian, dedaunan, kulit pohon, bambu, dan lain-lain.

Sedangkan bahan limbah anorganik adalah bahan sisa yang sulit/tidak bisa terurai oleh tanah/bakteri. Contoh bahan limbah anorganik adalah kaleng/seng, grajen/kayu, botol-plastik, beling/kaca-barang pecah belah, koran/kertas, dan lain-lain.

Berikut ini adalah 10 contoh kerajinan limbah organik:

  1. Mangkok dari batok kelapa
  2. Lukisan dari biji bijian
  3. Bunga dari kulit telur
  4. Kotak tissue dari jerami
  5. Tas dari eceng gondok
  6. Lampu kamar dari bonggol jagung
  7. Bunga hias dari dedaunan
  8. Wall paper dari kulit pohon
  9. Pena/pensil dari batang bambu
  10. Dompet dari kulit kerang

Dari contoh-contoh di atas, dapat dilihat bahwa bahan limbah organik dan anorganik dapat diolah menjadi kerajinan yang unik dan memiliki nilai seni dan jual yang tinggi. Kerajinan bangun ruang dari bahan limbah juga dapat membantu dalam mengurangi sampah dan memanfaatkan bahan-bahan yang sebelumnya dianggap tidak berguna menjadi sesuatu yang bermanfaat. Oleh karena itu, penting untuk menyadari potensi dari bahan limbah dan mencari cara untuk mengolahnya menjadi kerajinan yang menarik dan berguna.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *