BintangTop.com – bagi para muslim baik dari kalanganyang masih SD, remaja, maupun yang sudah dewasa, ternyata selalu ada saja yangmasih kesulitan dalam membaca Alquran secara fasih/lancar, istilah jawanya :grotal-gratul / blegak-bleguk atau putus nyambung – putus nyambung ^_^
Beberapa metode cara tercepatmembaca Alquran telah di buat berdasarkan penelitian dari mulai yang dulu kitakenal sebagai Turutan, kemudian muncul Iqro’, hingga dewasa ini terdapatkemunculan system baca Tilawati yang  jugapopular.
Yes … dari aneka metode cepatbaca Alquran diatas, yang perlu saya garis bawahi adalah bahwa metode tersebutmenggunakan cara “MEMBACA”.Sebaliknya yang saya sharingberikut ini adalah menggunakan Sistem “MENDENGAR”.
Jadi … Dalam kesempatan ini sayatidak membahas tentang buku-buku metode baca alquran tersebut, melainkan bakalsharing Metode lain yang  saya namaiMetode Mustami’ (sesuai judul artikel ini).Kata Mustami’ sendiri saya ambildari istilah belajar dengan sistem – “Orang Mendengarkan”.
Syarat Awal :

Untuk dapat menggunakan MetodeMustami’ ini, para sobat BintangTop.com setidaknya sudah memiliki …- Dasar bacaan Alquran, walaumasih Amat sangat grotal gratul (putus-putus).(baik dari turutan, iqro’, atautilawati).Metode Mustami’ tidak cocok bagimereka yang sama sekali masih buta dengan huruf hijaiyah dan alquran.- Sedikitnya mengerti dasartajwid, setidaknya 5 bentuk bacaan utama dalam tajwid.Yaitu Idhar, idgham, iqlab, danikhfa’(tajwid lainnya otomatis akanberkembang sejalan dengan pengalaman bacaan)
Cara Tercepat menuju Fasih Baca ALquran Metode Mustami’ :


Cukup dengan 1 Cara : Yaitu 30jam mendengarkan Bacan Alquran, dan sobat harus dalam keadaan membawa alquranuntuk fokus menyimaknya.
Ptrakteknya , bisa dengan cara :- Mendengarkan kawan atau gurulainnya yang fasih membaca alquran dengan benar.Lakukan rutin sehari 1 juz = 1jam.- bila perlu Merekam bacaantersebut, kemudian dapat sewaktu-waktu di dengar ulang untuk disimak.
HASIL dan Bukti :


Waktu saya remaja, saya ikuttadarusan kurang lebih 1 jam tiap malam 1 juz hingga 30 hari (1 bulan) … sayatidak membaca sama sekali (bukan petugas tadarus)  melainkan hanya ikutan nimbrung dan fokusmendengarkan/menyimak.
a. Dari situ akhirnya sayamenemukan bahwa mendengarkan ternyata jauh lebih banyak menanamkan ayat demiayat ke dalam pikiran bagimana proses membaca yang benar.b. Tidak hanya itu, ternyatahanya dengan cara mendengar tersebut, saya mendapatkan jauh lebih cepatpengalaman bacaan yang tepat.(bayangkan jika sobat membacasendiri, karena bacaan sobat masih putus-putus / grotal-gratul, maka jelas akansangat lambat dalam mendapatkan pengalaman cara membaca alquran).Bandingkan dengan … saya memilikipengalaman membaca 30 juz alquran dalam satu bulan, dicapai dengan hanya 1 jamper malam.Seandainya saya membaca sendiridan ada guru yang menyimak, bisa dipastikan saya hanya bisa menyelesaikanmungkin hanya 1 juz dalam waktu dan kesempatan yang sama (1 jam per hari x 1bulan).
Inilah sebabnya … rata-rata merekayang sekian tahun belajar membaca dengan disimak guru ngajinya – tapi bacaantetap tidak lancar dan putus nyambung – putus nyambung.Namun Hanya dengan proses 30 jamdalam 1 bulan diatas, bacaan saya begitu lancar dan benar saat di simak olehpara senior.
Dari sini, para sobat sudah mulai menangkap apa yang saya maksudkanbukan ??


Tepat sekali … Metode Mustami’atau Mendengar yang telah saya praktekkan, jauh meninggalkan Metode Membacayang sudah saya lakukan selama itu sebelumnya.
So … Adakah sobat yang siap melakukantantangan yang sama ??Janganlah masih belum fasih membaca alquran, padahal  usia sudah 30 tahunan.Karena hanya dalam 30 jam, sebenarnya kita sudah bisa lancar membaca Alquran.
Semoga sharing pengalaman inibermanfaat bagi para sobat yang bacaannya belum lancar, dan menginginkan cara yanglebih cepat (progressnya), lebih hemat (waktunya), dan lebih tepat (bacaannya) dalammenjadikan Fasih membaca Alquran.
Baca Juga : Aplikasi Android untuk Anak – Belajar sambil Bermain Huruf Umum maupun Hijaiyah SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.