BintangTop.com – Jika sebelumnya saya menulisartikel tentang …Cara bikin AC Portable dari Ember Bekas
Dimana masih membutuhkan ember,kipas angin bulat, serta agak repot dalam persiapannya, Maka sekarang saya hendak berbagidengan para sobat BintangTop.com tentang …
Bikin Sendiri Pendingin Ruang – dengan Cara paling mudah, palingmurah, tanpa bondo / modal, serta paling cepat aplikasinya …
Modalnya hanyalah :

a. Kipas angin model berdiri ataududuk.b. 6 buah Botol bekas airmineral.c. Garam secukupnya.



Persiapan :


1. Siapkan Enam (6) Botol airmineral / Aqua bekas – 1,5 liter.2. Masukkan pada masing-masingbotol – Garam sebanyak 3 sendok makan.
3. Isi air semua botol dengan airpam sampai 3/4 penuh.4. Tutup dan Kocok-kocok semuabotol agar garam larut dalam air secara merata.
5. isi lagi semua botol hingga totalpenuh dan tutup kembali dengan rapat.
6. masukkan botol tadi ke dalamrefrigerator/chiller agar membeku.Bila tidak muat misal karena kulkasnyakecil terbatas, maka masukkan saja 3 botol di refrigerator, sedangkan 3 botollainnya sementara di letakkan di kulkas bagian biasa / bawah.

Proses pendinginan ruang :


1. Siapkan kipas angin yangselama ini dipakai untuk ruangan sobat.
2. Letakkan dudukan bisa berupameja/kursi di depan kipas angin, dan letakkan tepat didepan kipas – minimal 3buah botol air yang sudah beku esnya.

Harus diperhatikan …

antara botol yang satu dan lainnya harus ada jarak untuk ruang lewatnya hembusan udara.

untuk 3 botol lainnya, biarkan dalam kulkas untuk cadangan, setelah sekian jam … 3 botol didepan kipas angin akan mencair dan sudah tidak dingin lagi, silakan tukarkan dengan 3 botol cadangan yang ada dalam kulkas, dengan demikian – penggunaan AC sederhana ini dapat berlaku dalam jangka lama/panjang.
dalam semalam kurang lebih hanya perlu penggantian sekali saja.
Dan taraatt …AC pribadi paling murah, palingmudah dan paling cepat pembuatannya sudah beroperasi …

3. Kipas angin akan berhembusmelewati sela-sela botol air dingin nan beku, sehingga udara ikut menjadidingin  saat berhembus menerpa ruangan.
Setidaknya, cara sederhana initerbukti cukup lumayan dalam upaya mendinginkan udara dikala panas yang terikdi siang hari ataupun malam hari sehingga lebih membantu dalam melawan gerahdisaat membutuhkan istirahat yang nyeyak ^_^.
Note :sejauh yang saya tahu,Cara kerja diatas sebenarnyatidak berbeda dengan sistem pendingin AC sebenarnya,Air Conditioner bekerjamendinginkan ruang dengan cara …- Udara di hembuskan oleh blower- Sebelum udara keluar menerparuangan, udara tersebut melewati pipa-pipa kapiler yang di dinginkan oleh gasfreon.- akibatnya udara pun keluardalam keadaan sudah dingin akibat bersentuhan dengan pipa-pipa dingin tersebut.
Buat para sobat bintangTop.com ,Selamat mencoba, selamat berkreasi dengan ide-ide kreatif lainnya.Silakan baca di …http://www.bintangtop.com/search/label/Ide%20dan%20Kreatifitas
Silakan share agar bermanfaat bagi yang lain ,
Terimakasih jika sempat berkomentar ^_^

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.