Cara Membuat PLASTIK dari SUSU dan Cuka – Mau dong ? - BintangTop.com

Cara Membuat PLASTIK dari SUSU dan Cuka – Mau dong ? – BintangTop.com

Plastik biasa dibuat di pabrik,
dengan proses kimiawi yang mungkin rumit bagi orang awam seperti kita, Nah …
para sobat BintangTop.com juga bisa loh … bikin sendiri plastik dari bahan
susu, kok bisa ? ya bisa lah, ikutin yuk caranya ! …

Resep Membuat susu plastik
berikut … adalah untuk menghasilkan adonan plastik yang dapat dicetak atau
dibentuk sesuka hati sebesar genggaman tangan, silakan dikalikan jumlah
bahannya jika mau hasil lebih banyak.

Cara Membuat Plastik Susu

a. Susu cair – 2 cangkir

b. Cuka (vinegar) – 2 sendok
makan

Perlengkapan :

c. Saringan kawat (halus)

d. Lap kering

e. Kompor

f. panci (yang biasa sobat pakai
buat masak mi 🙂

g. Cetakan

Pics : SunShine

Bikin Sendiri Plastik dari Susu dan Cuka

– Masukkan 2 cangkir susu pada
panci

– Masaklah diatas kompor, hingga cukup
panas (jangan sampai mendidih ya).

Kira kira suhu 75 derajat
celcius, silakan matikan kompor.

– Masukkan Cuka 2 sendok makan
kedalam susu yang panas tadi.

– Aduk rata, setelah beberapa saat
…  maka akan mulai terbentuk banyak serpihan
susu yang menggumpal.

– Setelah dirasa cukup merata
banyak gumpalan, silakan tuang pada saringan halus.

– tiriskan beberapa saat agar
airnya jatuh habis.

– Biarkan dingin dulu sekitar 5
menit.

– Setelah itu … Kumpulkan gumpalan
susu dengan tangan dan dikepal membentuk bola seperti halnya memeras parutan
kelapa.

– Gunakan lap kering untuk
meresap kelebihan minyak.

– dalam tahap ini susu plastik
telah terbentuk dan lunak seperti pasta kenyal / plastisin.

– Silakan bentuk sesuka hati
dengan tangan atau … masukkan dalam cetakan untuk bentuk lainnya, seperti
bintang, bulan, buah, dan lainnya.

# Susu plastik akan semakin
megering dalam beberapa hari dan mengeras namun tetap ada sifat lentur/flexibilitas
seperti halnya barang dari plastik lainnya.

So … selamat para sobat
BintangTop.com telah berhasil membuat Plastik dari Susu dengan cara yang
sederhana.

– Susu yang biasa kita minum … mengandung
protein jenis casein, casein molecul tersebar dalam air dan bersifat invidual
satu sama lain karena bagian yang dapat menggabungkannya masih terkurung dalam rangkaian
molekul.

– Ketika susu dipanaskan dan
diberi cuka, maka suhu dan pH susu berubah, akibatnya molekul molekul casein
membuka dan saling bergabung satu sama lain.

Pada saat itulah kita melihat prosess
penggumpalan pada cara membuat plastik diatas.

Nah … udah mudeng atau malah
pada ngantuk nih ??

– Untuk membuat plastik warna,
pada saat proses pembuatan… silakan tambahkan tetesan pewarna makanan.

– Atau … bisa juga setelah jadi
plastik susu yang putih bersih, silakan dicat warna sesuai selera, entah dengan
spray paint, acrylic paint, atau lainnya.

– Nanti cetakan susunya bisa dibuat untuk gandul kunci, liontin, hiasan, mainan, dan terserah kamu dech ^_^

Gak mau bikin plastik dari susu, karna susunya eman – pingin untuk diminum aja ?

gak papa … mungkin sobat lebih tertarik yang ini …

Baca Aja :

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *