Teknik Etsa atau Etching merupakan teknik popular dalambidang pembuatan logo, gambar. Tulisan atau pola lainnya pada gelas, botol,toples, guci, mangkok dan piring  dananeka kaca lainnya, biasa diaplikasikan untukkerajinan, souvenir / cindera mata, tapi disini yang paling penting adalah …
Para sobat BintangTop.com juga dapatmelakukan seni etsa di rumah sendiri dengan cara yang sederhana.Dengan teknik etsa kaca, sobat dapat mencoba pada gelasbening atau lainnya dengan di model tulisan nama sobat sendiri.
Yuk kita mulaiBermain Seni Etsa Kaca
Barang yang sobatbutuhkan :


cara etsa gelasa. Gelas / Toples / barang kaca bening lainnya.b. Isolasi kertas, kalau tidak ada bisa jenis isolasi lainyang penting kuat.isolasi kertas dalam seni etching menjadikan lebih mudahpekerjaannya.
c. Etching Chemical / Obat Etsa – 1 BotolBahan Etsa berupa Cream dalam kemasan botol, dapat di belidi Ace hardware / Toko seni ataupun Toko Serba Ada terdekat di kota sobat.
d. Contact paperSemacam sticker plastik lebar ukuran A3 – transparan tipis (dapat direkatkan setelah dikelupas) biasa dipakai untuk sampul buku, bisa di beli di toko buku yang lengkap semacam gramedia.e. Kuas kecil atau Stick Es Krimuntuk dipakai mengoleskan krim etsa pada permukaan kaca.

Praktek CARA ETSAGELAS sendiri di rumah :


1. Buat tulisan atau gambar pada kertas, Bisa di buat manual, namun idealnya dengan mencetak daricomputer dan di print.
2. Tempelkan kertas pada kontak paper, Siapkan pisau cutter, potong bagian dalam tulisan / gambar,harap ingat bahwa bagian yang hendak di etsa adalah bagian yang akan kitalubangi / di potong dan dibuang. jadi pemotongan pada kertas ini juga sekaligus untuk memotong contact paper (stiker plastik) yang dibawahnya.

3. Pisahkan kertas dari contact paper, Tempelkan contact paper pada kaca atau gelas atau barangpecah belah lainnya yang akan sobat etsa. Berikan isolasi kertas padasekeliling contact paper agar melekat baik pada permukaan kaca.Harap di ingat … bahwa jangan ada kerutan pada bidang contctpaper agar hasil etsa sempurna sesuai lubang gambar serta tidak melebar danmenjadu jelek.
CARA ETSA KACA – Bikin TULISAN/GAMBAR pada Gelas/Toples
4. Siapkan Etsa chemical / Obat EtsaGunakan kuas kecil atau kayu stick es krim – Oleskan etsa creampada lubang  gambar / tulisan contactpaper, oleskan agak tebal sehingga menutup semua permukaan dan tidak terlihatkacanya.Perhatikan cara penggunaan sesuai botol produk etsa(beberapa parik pembuat mungkin berbeda aturan timingnya) biasanya waktu tunggunya sekitar 2 ~ 4menit.Bila terlalu lama maka hasil etsa lebih dalam namun adaresiko etsa solutin meresap ke luar bidang gambar jika tempelan pada kaca tidakrapat sehingga hasil kurang sempurna

5. Proses menunggu selesai, gerojok kaca dengan air mengalir agar bersih, lepaskan contactpaper dari kaca, dan lebih baik lagi jika kaca dibersihkan dengan kain lap diberi cairan alcohol agar terbebas dari bahan chemical Etching …
Pics : J Farris 
buat tulisan di gelas dengan etching
Horay … Jadilah Hasil Etsa yang menawan 🙂

Untuk Safety : – Gunakan sarung tangan selama pengolesan etching cream, bila sampai terkena kulit – segera cuci dengan air mengalir yang banyak dan lebih baik jika dibasuh dengan cairan alkohol.- Etsa krim bereaksi terhadap kaca, jadi sebaiknya jangan cuci gelas sehabis di etching yang tumpahan airnya mengenai barang dapur pecah belah lainnya, idealnya cucilah dengan air mengalir (pakai kran/selang) dimana air buangan langsung terbuang di selokan saja.

IDE LAIN tanpa Contact paper :
Para sobat bintangTop.com dapat menggunakan ide ini untuk cara lebih mudah lainnya, yaitu …
menggunakan cutting sticker (cap-capan) yang banyak di jual, pilih sticker gambar atau logo atau tulisan yang disukai, kemudian potonglah bagian dalam gambar atau tulisan sticker plastik tersebut, dan tinggal tempel pada kaca / gelas. selanjutnya gunakan cara yang sama seperti diatas.

Baca Juga …
Cara paling Mudah & Paling sederhana – Etsa gelas sendiri di Rumah
(Tanpa contact paper, tanpa ribet pemotongan / cutter & Tanpa Printing)

SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.