Ketika selama ini tinggal di kota, tidak kebayang bahwapada saat tinggal di pinggiran maka masalah semak belukar dan rumput liarternyata cukup sangat mengganggu.Hal ini umum sekali dialami olehpara orang kota yang kebanyakan membeliperumahan karena kebanyakan perumahan memang didirikan di pinggiran kota atau bahkan sampaidengan masuk area desa.
Rumput liar dan semak belukar sebagai tumbuhan Gulma di sekitar rumahmaupun di jalan-jalan perumahan ternyata seakan tidak dapat dibendung, seberapacapek orang memotongnya baik dengan arit, gunting besar ataupun alat pemotonglistrik tenaga bensin/solar … maka rumput liar dalam hitungan minggu sudahtumbuh kembali dengan pesatnya, belum lagi jika musim hujan.
Beberapa cara telah di coba,termasuk ada yang menyarankan menyiram tanah dengan olie atau bensol, namuncara ini selain harga olie yang mahal sebab membutuhkan banyak untuk mematikanarea tumbuhnya rumput yang cukup panjang, selain itu juga dapat meracuni tanahsehingga akan sulit untuk di tanami oleh tanaman lainnya.


Akhirnya setelah tanya kesanakemari sesama tetangga perumahan tidak ada yang mengerti, terlintas pikiran …lha kenapa kok tidak ditanyakan saja kepada teman petani kami yang jelas-jelassudah hidup di desa selama ini.
Akhirnya,

Berikut adalah cara efektif, murah, dan mudah – Membasmi Semak belukardan Rumput liar – hasil pengalaman kita sendiri :


Bahan yang perlu disiapkan :


A. Botol Plastik air 1,5 Liter /Aqua Bekas.


B. Racun Rumput/Gulma.

(saya pernah beli merek Rondoupdan juga pernah beli merek Sidafos.hasilnya sama baiknya. Hargasekitar Rp 15 ribu per 1 botol (1 liter).
– Silakan beli merek lain yang parasobat BintangTop.com temukan, saya kira hasilnya juga bakalan sama efektifdalam mematikan rumput.
– Beli Racun Rumput di tokobahan-bahan pupuk, pestisida dan lain-lain (yang menjual aneka bahan kebutuhanpetan). Silakan cari di pasar tradisionalterdekat, atau tanyakan saja kepada orang asli situ.
Contoh Racun Rumput kemasan Botol

 

Cara Pembuatan dan Penyemprotan Rumput :
1. Buatlah lubang-lubang kecilpada tutup botol aqua bekas, lubang ini nanti difungsikan sebagai penyiramrumput.
2. Isi botol tersebut denganracun rumput sebanyak 2 tutup botolnya yang kecil (seperti gambar diatas).atau pakai takaran sebanyak 4 tutup botol air mineral/Aqua.
3. Selanjutnya … isi dengan airsampai ¾ penuh.Tutup dan Kocok-kocok botol agarracun dan air tercampur, Air akan berbusa.Terakhir Isi lagi dengan airsampai penuh.
Yes … Botol semprot pembasmi rumput liar siap beraksi … ^_^


– Silakan balik botol 1,5 litertersebut, maka air terpancar melalui lubang-lubang kecil yang ada di tutupnya …- Sambil berjalan pelan – silakanarahkan semprotan diatas rumput-rumput yang selama ini mengganggu. Usahakantanahnya terkena siraman tersebut.
Cara Efektif Membasmi RUMPUT LIAR dan semak belukarSEBELUM PENYEMPROTAN

Coverage Area :– 1 Botol (1,5 liter diatas)biasanya saya aplikasikan pada area rumput samping dan depan rumah, kalau di konversikira-kira seluas 3 mtr x 12 mtr.- karena hanya sedikit racun yangdibutuhkan, maka saya hanya perlu beli racun rumput 1 botol sekitar 1 tahunsekali saja ^_^Efektif, murah, dan mudah bukan ?
Aturan Efektif penyemprotan rumput :

– Lakukan penyemprotan pada pagihari, sebelum matahari muncul agar siraman tidak langsung menguap terkena sinarsang surya.- Jangan menyemprot rumput jikasobat prediksi mau hujan, sebab nanti hasil siraman akan hilang tersapu hujan.Cara aman Membasmi RUMPUT LIAR dan gulmaSESUDAH PENYEMPROTAN (Setelah Beberapa Minggu)HASILNYA :

a. Tanaman besar selain rumputtidak ikut mati, para petani juga memakai racun rumput ini tanpa kuatir padimereka ikutan mati. Jadi hanya rumput dan semak belukar yang mati.Namun begitu sebaiknya hindarkanpenyemprotan langsung pada tanah yang di tumbuhi tanaman kesukaanmu.
b. Sebenarnya rumput sudah matipada hari esoknya serta tidak dapat tumbuh lagi, namun hancurnya daun rumputtentu melalui proses, yakni …Dalam sekitar 1 mingguan – rumputbaru mulai tampak menguning.
c. dalam 2 mingguan – rumputmulai kecoklatan dan mulai hancur sendiri dalam 3 mingguan.d. dalam 3 minggu –  yang sebelumnyadi tumbuhi banyak rumput liar sudah mulai bersih.
e. Setelah 3 bulan – silakanlakukan penyemprotan kembali seperti cara diatas untuk mencegah tumbuhnyakembali rumput liar.paling lama 4 bulan … silakanlakukan penyemprotan agar rumput yang mulai tumbuh kembali tidak sampai lebatdan tinggi.
Jadi sebaiknya jadwalkan minimal3 bulan sekali – penyemprotan rutin area tanah yang sering di tumbuhi rumput untuk pengendalian gulma.


– Efektif – tidak repot tidak capek dalam pengendalian gulma.– Aman – tidak mematikan tanaman lain yang penting dan tidak mematikan tanah.
Demikianlah hasil pengalamanpribadi kami versi BintangTop.com dalam Mengendalikan rumput dan semak belukar liardi sekitar rumah dalam lingkup perumahan.Kiranya bermanfaat bagi yangmemiliki problema yang sama ^_^

Baca Juga :
Inilah 12 Kebiasaan GO Green – Andalah penyelamat Dunia SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.