pexels-photo-12939552.jpeg

Membuat Bangun 3D Geometry dari Kertas – Bola, Telur, dan Kubah

Pelajaran matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan. Namun, bagi yang menikmati pelajaran geometri, akan merasa senang melihat berbagai bentuk bangun 3D seperti bola, kubus, prisma, kubah, dan lain-lain. Alih-alih hanya menggambar bentuk tersebut, sekarang kita akan membuat versi 3D-nya dengan hanya menggunakan gunting dan lipat. Kita akan membuat bola, kubah, dan telur dari kertas.

Untuk membuat bangun 3D geometry dari kertas, kita memerlukan: kertas HVS A4 atau A3, gunting, dan lem kertas. Langkah-langkah dalam membuat bangun 3D geometry dari kertas adalah sebagai berikut:

  1. Download gambar pola/template dari internet atau dari sumber lain. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan 3 pola yang terdiri dari 12 segments sehingga bentuk lengkungnya akan terlihat halus.
  2. Print pola yang sudah didownload pada kertas HVS atau kertas lain yang lebih tebal agar bangun 3D geometry tersebut lebih kuat.
  3. Gunting gambar yang sudah di-print sesuai dengan garis luar mal/polanya. Bagian-bagian pinggir yang berbentuk seperti trapesium kecil harus ditekuk ke dalam sebagai tempat lem untuk saling ditempelkan dengan sebelahnya.
  4. Lem bagian-bagian yang sudah digunting dan ditekuk tadi. Gunakan lem secukupnya agar bangun 3D geometry tersebut tidak mudah lepas.
  5. Selesai! Anda sudah berhasil membuat bola, kubah, dan telur dari kertas. Bangun 3D geometry tersebut dapat digunakan sebagai pembelajaran anak, hiasan, mainan, atau hobi. Selamat mencoba!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *