Hampir semua orang tentunyapernah minum yang namanya Es Degan, biasanya kalau es degan ijo/hijau …penjualnya langsung mengupas dan melubangi kelapa untuk langsung dikerok isi kelapanya dan dituangkan air degannya ke dalam gelas.Atau …para sobat BintangTop.com kadangjuga langsung beli degan ijo dan di bawa pulang kerumah.
Alih-alih membuang batok/tempurung kelapayang sudah tak terpakai, kita dapat memanfaatkannya untuk membuat beberapa buahMangkok unik.

Cara Bikin Mangkok Batok Kelapa :Alat dan Bahan :a. Gergaji besib. Amplas halusc. Mineral oild. Kuas kecil 1 ½”Cara Bikin MANGKOK Unik dari Bekas BATOK Kelapa
Langkah Pembuatan :


1. Daripada repot mengupas kulitkelapa yang tebal, sebaiknya sebelumnya sobat minta saja penjual kelapa untukmengupas rata kulitnya (dengan berang).
2. Sesampai di rumah sobattinggal melubanginya dan menunagkan air degan ke dalam gelas.


3. Potong batok kelapa menjadi 2bagian menggunakan gergaji halus, sebaiknya tidak memakai gergaji kayu yangkasar yang menjadikan lebih mudah tersangkut mata gergajinya.Pemotongan batok kelapa tidak pastengah, melainkan dilebihkan sedikit yaitu sekitar perbandingan 60:40 , dimanayang 60% bagian dipakai sebagai kerajinan mangkok dan 40 % bagiannya bisa dipakai sebagai kaki/pondasi dasar mangkok (seperti pada gambar paling atas).
4. Saatnyapenghalusan, Amplas bagian luar dan bagian dalam batok kelapa agar menjadihalus dan bersih.

membuat MANGKOK dari BATOK Kelapa

5. Langkahterakhir, tergantung batok ini mau dijadikan sebagai kerajinan/Hiasan ataukahsebagai mangkok wadah makanan.
– Jika sebagaihiasan … maka dapat di cat semprot, atau sebaiknya di vernish agar warna aslitetap terjaga seperti gambar dibawah.bagian dinding dapat di modif sesuai selera baik di pahat, dilubang-lubang, ataupun di model gelombang.
kerajinan batok kelapa
– Sedangkanbila akan dipakai sebagai mangkok minuman atau makanan maka harus menggunakanbahan yang foodgrade diantaranya yaitu Mineral oil.Lapisi batokyang sudah bersih halus dengan Mineral oil menggunakan kuas kecil 1 ½”.Keringkan minimalselama 24 jam sebelum pemakaian.
Yes … batokkelapa telah berubah mejadi mangkok keren dan bermanfaat.

Baca Juga :
– Trick Membuat Kerajinan Model Apapun dari Batok Kelapa
– Trick Termudah Membuka/Membelah Kelapa Tanpa Pisau/Parang
– Tips mengubah Bambu menjadi Gelas minum, Vas bunga, Lainnya SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.