sign pen business document

Beberapa Contoh Surat Kuasa Paling Bagus

Sebelum kamu mengenal format contoh surat kuasa yang benar, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu surat kuasa dan apa kegunaannya. Tidak hanya itu kamu juga harus mengerti mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat kuasa sebab apabila tersedia kesalahan dalam pembuatan surat kuasa ini bisa memenyesalkan anda.

Pengertian Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan kuasa atau wewenang dari seseorang terhadap orang lain yang dipercaya untuk bertindak sebagai wakil dari orang yang memberikan wewenang karena orang yang memberi wewenang tidak bisa melaksanakannya sendiri. Kegunaan surat kuasa adalah sebagai salah satu bukti bahwa orang yang disebutkan dalam surat tersebut memiliki hak atau keharusan untuk melaksanakan sesuatu sesuai dengan yang tertera dalam surat tersebut.

Jenis-Jenis Surat Kuasa

Ada beberapa jenis surat kuasa yang umum digunakan, yaitu:

  • Surat Kuasa Personal (Perorangan) yang diberikan oleh seseorang secara pribadi kepada orang lain untuk melaksanakan atau meperbuat sesuatu untuk kepentingan pribadi, seperti mengambil gaji, dana pensiun, barang pesanan, dll.
  • Surat Kuasa Kedinasan yang dibuat oleh instansi/perusahaan atau seorang pejabat/CEO dan diberikan kepada bawahannya untuk melaksanakan sesuatu yang berhubungan dengan instansi tersebut.
  • Surat Kuasa Istimewa yang diberikan oleh seseorang kepada pihak lain, seperti pengacara, untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengadilan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Surat Kuasa

Dalam membuat surat kuasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Surat kuasa personal (perorangan) harus dibuat berdasarkan kepercayaan dan tanpa ada unsur paksaan.
  • Surat kuasa personal (perorangan) tidak memerlukan nomor surat, sedangkan surat kuasa instansi harus memiliki nomor surat.
  • Surat kuasa untuk mengambil gaji, dana pensiun, dll harus diberikan kepada orang terdekat atau orang yang sangat dipercaya.
  • Pihak yang memberi dan yang menerima kuasa harus telah dewasa dan sehat jasmani dan rohani.
  • Harus dijelaskan tujuan dan masa berlaku surat kuasa.
  • Harus dicantumkan tempat dan tanggal surat dibuat.
  • Surat kuasa hanya sah jika telah ditandatangani oleh pihak yang memberi kuasa.
Contoh Surat Kuasa

Anda dapat mengunduh beberapa contoh surat kuasa yang berguna untuk keperluan personal maupun kedinasan dari format_surat_kuasa. Pastikan untuk mempelajari aturan dan format yang benar sebelum membuat surat kuasa Anda sendiri.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *