agate geode crystal on wooden surface

Batu Akik jadi Gandul Kalung – Cara Termudah Membuatnya

Batu akik sebagai cincin sudah banyak dijual di berbagai tempat. Saat booming batu akik, namun batu akik sebagai liontin atau gandul kalung sebenarnya juga tidak kalah menarik. Dengan mengikuti tutorial dibawah ini, para pembaca dapat membuat sendiri liontin batu akik sebagai gandul kalung dengan cara yang paling mudah. Liontin ini cocok baik digunakan oleh pria maupun wanita. Namun, warna batu harus disesuaikan agar terlihat maskulin atau feminin.

Cara Termudah Membuat Gandul Kalung dengan Batu AKIK:

a. Batu akik ukuran dan warna sembarang, idealnya batu akik atau batu lainnya yang memiliki bentuk lonjong bulat. Namun, bentuk lain juga tidak masalah.

b. Kawat Monel, tembaga, kuningan, atau aluminium dengan diameter 0,8 mm (gauge 20) dan maksimum diameter 1 mm.

c. Tang ujung bulat dan Tang potong/Tang kombinasi.

Cara Bikin Liontin dari Batu AKik dan Kawat:

  1. Sipakan kawat, potong panjang yang diperlukan sekitar 25 cm. Gunakan tang ujung bulat untuk menekuk ujung kawat menjadi bulatan kecil. Teruskan membuat bulatan sekali lagi sehingga membentuk spiral.
  2. Pegang batu akik, posisikan spiral kawat di bagian tengah batu, lalu tariklah kawat untuk dililitkan secara rapat pada bagian bawah batu. Lilitan cukup dibuat melingkar 2x, kemudian langsung menuju keatas (secara diagonal) dan buatlah lilitan yang sama dibagian atas batu.
  3. Gunakan tang ujung bulat, pada posisi puncak batu – tekuklah kawat membentuk lingkaran kecil sebanyak 2x. Lingkaran ini digunakan sebagai masuknya rantai kalung atau tali kalung.

Yapp.. Sangat mudah kan bikin liontin dari batu akik? Silakan masukkan tali kalung entah dari logam, tali karet, atau lainnya. Pastikan hasilnya keren banget dan siap untuk digunakan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *