Artificial Tullip–Bunga khas Musim Semi Negeri Kincir Angin - BintangTop.com

Artificial Tullip–Bunga khas Musim Semi Negeri Kincir Angin – BintangTop.com

XaXiXu.com – Pernah nggak sih
bikin bunga tulip dari kertas crepe, tapi jadinya nggak bagus (misal bentuknya
kurang bisa tegak, dst)? Atau warnanya kurang bagus / cepat pudar alias nggak
tahan lama? Ini pengalaman pribadi penulis sih hi hi.

Yah sebenarnya kasus-kasus
kegagalan umum orang-orang yang pernah mencoba bikin DIY bunga tulip kertas
tapi hasilnya kurang maksimal. Padahal pengen ya punya tulip di dalam rumah
(meski bunga aslinya memang agak susah sih berkembang di iklim Indonesia)

Eh nggak perlu jauh-jauh ke Belanda
ya buat beli yang asli Sobat kreatif , yuk mencoba menggunakan alternatif
kertas lain seperti origami? Loh bisa ya. Wah bisa sekali dong, cantik, simple
pembuatannya, dan applicable sekali. Yuk langsung aja simak cara bikinnya.

1. Kertas Origami warna –
warni  (ukuran 12×12)

2. Selotip daun

3. Lidi

4. Gunting

5. Lem kayu / lem uhu / lem
kertas yang kuat

6. Lem tembak

Cara membuat Artificial Tullip – Bunga khas Holland :

1. Bagi kertas origami dengan
melipatnya menjadi empat (untuk bunga) dan menjadi dua untuk daun. Gambar pola
seperti pada gambar. Buat kelopak sebanyak 6 buah dan dua buah untuk daun.

2. Sisihkan bagian daun. Ambil
sebuah kelopak, potong bagian bawahnya. Lakukan pada setiap kelopak.

3. Ambil sebuah kelopak yang
sudah dipotong bagian bawahnya. Pertemukan kedua sisinya dalam posisi silang
kemudian lem. Kemudian dengan ujung gunting lekukan ujungnya. Ulangi hingga
kelopak habis.

4. Ambil kertas lain (boleh warna
yang sama dengan kelopak boleh warna lain) potong menjadi lingkaran kecil dan
tengahnya dilubangi. Kemudian ambil sisanya, buat rumbai seperti pada gambar.

5. Batang lidi dililit dengan
selotip daun terlebih dulu. Kemudian ambil lingkaran kecil, masukkan lidi di
lubang lingkaran, kemudian eratkan dengan lem.

6. Kemudian dibagian atas
dililitkan kertas yang sudah dirumbai sebagai putik.

7. Kemudian pasang kelopak yang
sudah dibuat dibawah lingkaran dengan lem tembak. Lakukan hingga kelopak habis.

8. Ambil sebuah daun, lipat
menjadi dua. Kemudian tempelkan di batang lidi. Lakukan lagi pada daun yang
satunya. Dan dengan ujung gunting lekukkan ujung daunnya. Bunga tulip cantik
dari kertas siap menghias ruangan.

Ide untuk guru dan orang tua :

– Anak-anak sekolah juga bisa lho
diminta praktek membuat ini ketika kelas kerajinan tangan. Atau mau disimpan
sendiri dirumah? Bisa banget, warna kertas origami juga banyak dan warna-warni.

– Kalau dikumpulkan jadi banyak
bisa membentuk buket (bouquet) tulip yang sangat cantik lho. Rumah jadi berasa
nuansa musim semi di Negeri Kincir Angin ya hihi. Selamat mencoba.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *