Menapaki jalan sebagai pengusaha berarti ucapkan selamattinggal pada gaya hidup lama yang tidak jauh-jauh dari zona nyaman. Dari yangbiasanya hanya bersantai-santai menunggu arahan atasan kini jadi harus memutarotak untuk mengembangkan bisnis kita sendiri, harga yang harus dibayar untukkesuksesan lebih besar di depan mata suatu saat.

Dan tentunya, banyak hal yang harus berhenti Anda lakukanagar tidak menghambat kinerja Anda. Sukses atau tidaknya Anda di masa depansangat dipengaruhi oleh kemauan Anda untuk berhenti melakukan hal-hal di bawahini dan menghadapinya dengan lapang dada. Berani?

1. Mental yang Lembek

Anda cenderung mudah sakit hati bila dikritik? Ataumemikirkan ejekan orang sampai berhari-hari lamanya? Kabar buruknya, untukmenjadi seorang pengusaha yang sukses sifat ini harus segera ditinggalkan. Takheran ada pepatah bahwa jalan bisnis hanyalah untuk mereka yang bermental baja,karena setiap langkah Anda bisa mengarah pada kegagalan sewaktu-waktu—ataukeuntungan maha besar!

Di sepanjang jalan bisnis Anda pastinya akan berhias komentar negatif di sana-sini; entah itu dari orang yang ingin menjatuhkan Anda, customer yang kecewa, atau caci maki dari orang yang tidak mengerti visi hidup Anda. Karena itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah satu: fokus dan percayalah! Jika Anda berusaha sebaik mungkin, kesuksesan Andalah yang akan membungkam mereka nantinya tanpa perlu mengatakan apa-apa.

Baca juga: 5 Cara Kecerdasan Emosi Bikin Bisnis Anda Disayang Konsumen

2. Mengubah Lingkungan Sosial

Teman nongkrong hobi, sahabat masa sekolah, atau rekanngobrol di kafe memang menyenangkan. Merekalah zona nyaman tempat kita merasapaling diterima sebagai diri sendiri. Tapi, terlalu nyaman rupanya juga tidakbaik. Meluangkan waktu berharga bersama mereka tidak bisa sering-sering lagi,karena Anda harus terlatih menggunakan waktu Anda untuk kegiatan-kegiatan lainyang lebih produktif.

Paling sulitnya, Anda juga ditantang untuk mulai berinteraksidengan tipe-tipe orang yang berbeda. Orang di tim Anda, calon customer Anda,bahkan distributor produk Anda bisa jadi tipe yang belum pernah Anda temuisebelumnya. Jadi daripada belum-belum cultureshock, Anda harus mulai belajar luwes. Berani?

3. Perbedaan Pendapat dengan OrangTersayang

Sangat wajar jika pasangan, orangtua, atau bahkan parasahabat geleng-geleng kepala melihat pilihan kita. Walau bagaimanapun juga,mereka adalah orang-orang yang sayang pada kita dan karenanya bahagia jika kitasukses. Jalan sukses yang kita tempuh terlihat sulit dan tidak pasti, sehinggawajar jika mereka khawatir.

 Bicarakan pilihan Andapada mereka pelan-pelan. Yakinkan bahwa Anda tahu apa yang sedang Anda lakukandan bagaimana hasil kesuksesan Anda bisa berdampak besar bagi diri Anda dandiri mereka. Bila mereka masih tidak mengerti, maka Anda hanya bisa bersabardan berusaha lebih keras agar mereka mulai melirik usaha Anda.

Sulit? Memang. Tapi ketiganya adalah kunci vital yang perluAnda kuasai agar sukses tergenggam lebih cepat. Tantangan adalah kawan karibbagi pengusaha, sehingga jangan katakan menyerah pada halangan-halangan diatas, ya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.