Di tengah kondisi ekonomi yangkadang tak menentu seperti sekarang, mencari penghasilan tambahan menjadi opsitepat. Mencari penghasilan dapat dilakukan dalam berbagai cara.
Jika berjualan atau menjadi agensuatu produk sudah kedengaran familiar dan kurang kamu minati, masih ada caralainnya kok. Kuncinya bisa menggali dan menemukan terlebih dahulu bakat danpotensi yang kamu punya ya.
Terlebih jika kamu memilikikesibukan lain atau tugas rumah tangga, ada beberapa opsi untuk tetap dapatmenambah pundi-pundi rupiahmu. Seperti beberapa keterampilan berikut ini.
1. Desain grafis

Gemar bereksperimen dan memilikipengalaman dengan gambar atau foto dalam hal editing dengan software? Atau kamu pernah mengenyampendidikan dasar desain grafis dan komputer? Sepertinya sudah saatnya kamumembuka peluang bisnis dari hal tersebut.
Jika kamu belum memilikikemampuan, cukup mempelajari sekaligus mempraktekkannya melalui media komputer,laptop dengan software editing seperti Photoshop, Corel Draw, dan lainnya.
Kemampuan ini nantinya akanmembawa kamu ke berbagai peluang bisnis seperti percetakan digital untuk desainbanner, logo iklan, kartu nama, atau produk digital lainnya.Jadi, mulai dengan promosikanusahamu dan sebarkan kepada khalayak luas.

2. Penulis lepas

Menulis juga sering menjadi hobiyang menyenangkan bagi beberapa orang untuk berbagi cerita hingga informasi.Nah, jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang menulis jangan sia-siakan begitusaja.
Banyak media massa, hingga penerbit buku membutuhkanpenulis bertalenta, dan bisa jadi mereka mencari orang seperti kamu lho.Asahlah kemampuan menulis dengan terus membaca. Selain itu, bangun relasi denganmedia massa,penerbit buku, atau beberapa website yang mengurusi konten artikel ataupenulisan yang sebidang dengan kemampuan kamu.
Jika relasi sudah dibangun denganbaik, cari peluang usaha dari beberapa media yang membuka lowongan untuk jasakontributor tulisan.Untuk mengetahuinya, kamu bisamegirimkan email ke beberapa situs internet, atau menghubungi langsung pihakmedia. Jangan lupa lampirkan data diri dan portofolio artikel terbaikmu agarmenjadi daya tarik supaya segera dilirik.
3. Guru privat

Jika kemampuanmu berada di bidangmentoring atau pengajar, seperti guru musik misalnya, kamu bisa mulaimengajukan diri untuk menjadi guru privat.
Kamu bisa memulainya denganmengajukan suratpenawaran sebagai guru privat ke beberapa sekolah di sekitar tempat tinggalkamu.Maksimalkan publikasi kemampuanmuke berbagai suratkabar lokal, atau cari dan tawarkan jasa privatmu ke berbagai komunitashomescholing.
4. Kerajinan

Jika dibandingkan dengan beberapapeluang usaha sebelumnya yang membutuhkan kemampuan khusus, bisnis kerajinantergolong lebih mudah. Kamu cuma memerlukan ide unik dankreatifitas memanfaatkan kemampuan dan bahan yang ada serta menyesuaikan dengantren terkini.
(butuh inspirasi ?? silakan telusuri … 1001 macam artikel tentang ide kreatif dan seni ataupun kerajinan yang ada di BintangTop.com ini, sebagian besar bisa jadi dibuat penghasilan jika mau serius)
Kemampuan sederhana sepertimenjahit, membuat kerajinan dan lainnya bisa kamu kembangkan menjadi bisnisyang menguntungkan.Nantinya, kamu bisa promosikankerajinan ke berbagai situs jual beli online atau langsung dijual ke berbagaiacara bazaar di sekitar tempat tinggal kamu.
Sediakan media promosi seperti,kartu nama, atau flyer berisi terobosan promosi produk kerajinanmu. Kemudian, sebarkanke berbagai relasi, kenalan. Dengan memberikan potongan harga,hadiah menarik, serta pelayanan yang ramah dan jujur bisa menjadi kunci dandaya tarik supaya produkmu semakin laku.
5. Coaching / Pelatihan

Bidang ini memang masih tergolongbaru, tapi sangat potensial lho. Kebutuhan tersebut datang seiring banyaknyaorang yang ingin sukses dan bahagia. Konsultasi dengan klien dapat dilakukandengan membuka komunikasi lewat  emaildan telepon.
Kamu bisa memulainya denganmengikuti beberapa training, dan mempromosikannya diri dalam bentuk artikel diwebsite yang sudah dibuat.Agar tepat sasaran, kamu bisamencari klien potensial dan menawarkan jasa coaching gratis sebagai perkenalan.peluang usaha fotografi
6. Fotografi

Jika kamu memiliki hobi sekaliguspengalaman di bidang fotografi, jadikan itu sebagai peluang usaha.Kamu bisa memulainya denganmenyediakan beberapa stok foto yang menyesuaikan kebutuhan gambar pada segmentertentu, misalnya hewan peliharaan, pemandangan, dan lain-lain.
Setelah itu, kamu bisamenawarkannya ke beberapa media atau perusahaan lain di bidang fotografi. Atau,kamu juga bisa menjualnya ke beberapa situs stok fotografi.
7. Konten video

Konten video menjadi ranahpotensial lainnya yang kini banyak mengundang perhatian para netizen.Jadi, manfaat peluang tersebutdengan menampilkan beberapa keterampilanmu dalam bentuk tutorial memasak,renovasi rumah dan lainnya.
Untuk memulai bisnis dalam bidangini, kamu bisa menghubungi penyedia jasa tutorial video lewat email, atau kamudapat berjalan sendiri. Caranya, dengan membuat beberapa video unik dantutorial di beberapa bidang khusus yang kamu kuasai, bahkan menjadi seorang Youtuber juga memiliki prospek yang bagus dewasa ini.
8. Blogging

Kemampuan dalam menulis juga bisakamu salurkan pada sebuah blog. Dengan memanfaatkan ranah tersebut, konten diblog kamu bisa saja menarik perhatian perusahaan untuk bekerjasama.Selain itu, kamu juga bisamenawarkan konten tulisan di blog ke beberapa perusahaan dengan bidang terkait.Kemudian, perkuat hubungan dengan beberapa pihak yang mencari jasa blog.
Demikian 8 Tips Mencaripenghasilan di Rumah, semoga menambah motivasi untuk para sobat BintangTop.comsekalian.
Baca Juga :

Apapun Kemampuanmu, Ada saja Orang yang Mau Bayar SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.