Airbnb adalah sebuah startup yang melayani pendaftaran dan penyewaan penginapan di seluruh dunia. Walaupun masih berupa startup, Airbnb sudah bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di hampir 200 negara.

Tidakkah Anda tertarik untuk mengetahui rahasia bagaimana co-founder dari Airbnb berhasil menjalankan bisnis mereka. Mari simak tip yang dibagikan oleh co-founder Brian Chesky, Joe Gebbia, dan Nathan Blecharczyk.

1. Rajin membaca

Ketika co-founder tersebut rajin membaca, terutama Brian yang suka membaca bahkan di saat makan malam. Jenis buku yang dibaca pun tidak melulu tentang masalah teknis atau yang berkaitan tentang wisata, tetapi juga buku biografi dan bisnis.

2. Tidak malu bertanya

“Malu bertanya sesat di jalan.” Walaupun Brian adalah sosok yang berpengalaman, ia tetap punya kekurangan. Untuk mengejar kekurangan tersebut, ia berburu para ahli di bidangnya. Hingga ketika nama Airbnb terkenal, ia terus berbincang dengan CEO, founder dan orang lain yang ahli di bidangnya.

3. Tidak selamanya perfeksionis itu baik

COO Airbnb terkenal sebagai seorang yang perfeksionis. Hal ini malah menimbulkan masalah dalam pekerjaan karena orang yang bekerja dengannya baru mau memberitahukan suatu masalah ketika sudah tidak bisa dicarikan jalan keluar akibat sikapnya yang perfeksionis.

4. CTO paham bisnis

Walaupun tugas utama CTO adalah memahami dan menyelesaikan masalah teknis, CTO Airbnb ternyata juga telah belajar cara membangun bisnis. Hal ini membuat CTO menjadi seorang yang efektif.

5. Founder saling melengkapi

Ketiga founder memiliki kepribadian yang berbeda, tetapi saling melengkapi. Hal ini dibuktikan ketika ketiganya melakukan tes kepribadian.

6. Fokus pada solusi ketika terjadi masalah

Ketika masalah menimpa, Airbnb membuktikan bahwa berfokus pada solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah jalan yang terbaik, daripada hanya menyalahkan

Hal ini dibuktikan ketika seorang developer pemprograman yang salah menulis program sehingga membuat hampir seluruh data yang telah disimpan oleh Airbnb hilang.

VP Engineering Airbnb Michael Curtis yang bertanggung jawab terhadap itu sudah khawatir bahwa ia akan dimarahi habis-habisan oleh CEO Brian. Namun, Brian melakukan hal yang sebaliknya. Ia memberikan Michael “ruang” untuk memperbaiki kesalahan hingga 2 minggu kemudian, seluruh data yang hilang tersebut bisa dikembalikan.

Walaupun seluruh tip tersebut mungkin hanya terjadi di Airbnb, tidak ada salahnya jika Anda “mengadopsi” keenam tip tersebut dalam bisnis Anda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.