Web browser yang selama ini sobatpakai menjelajah Internet setiap saat, sebenarnya menyimpan fitur menarik yangkebanyakan orang tidak tahu akan fungsinya.Inilah yang dapat dikatakansebagai Tips Trick tersembunyi dari Browser itu sendiri.

Kali ini kita akan mengulastentang aneka fitur dalam Menu Klik Kanan pada Tab Browser baik itu Googlechrome, Mozilla Firefox, maupun Opera dan Intrenet Explorer.

Dengan memiliki beberapa tipsdibawah, maka penggunaan browser dalam berselancar di dunia maya akan semakinefektif dan effisien.
5 Tips Tersembunyi pada Web Browser–safari, Internet Explorer
Inilah Beberapa Tips tersembunyi Internet Browser yang Umumnya orangtidak tahu :


1. Pin Tab

Kalau di social media G+ terdapatfitur Pin Post, maka di Google chrome terdapat fitur Pin Tab.Pin yang kita tahu … adalah alatkecil berbentuk bulat dari plastik dengn ujung paku kecil, sangat bermanfaatuntuk menancapkan kertas berisi tulisan/pengumuman penting di papan – Pin Board,agar selalu terlihat orang yang lewat.

Sedangkan untuk fasilitas Pin Tabdi Web browser, adalah untuk menancapkan 1 atau lebih – jendela Tab yang kitaanggap penting pada browser tersebut. sehingga jendela “Tab” ini akan selalumuncul disaat kita membuka browser tersebut.Ini artinya … kapanpun andamematikan Browser, maka di setiap membuka browser – akan tampil juga jendela /Tab yang telah di Pin tersebut.

Menu tersembunyi dalam klik kanan pada browser
Caranya (berlaku sama persis pada Chrome, opera, dan Firefox) :


A. Tentukan Jendela tab yangingin sobat Pin.B. Klik kanan pada Tab tersebut,lalu klik “Pin Tab”.
C. Jendela Tab pada browsertersebut otomatis mengecil dan berpindah ke pojok paling kiri, pertanda sudahdi pin (lihat gambar di bawah).
D. Lanjutkan Pin Tab terhadaphalaman lain jika diperlukan.
Berikut adalah contoh sayamelakukan Pin tab pada G+ dan Email.Di setiap saat saya membukaBrowser Chrome ini, maka G+ dan Gmail akan terbuka juga.
5 TRICK Tersembunyi pada Web Browser–Chrome, FireFox, Opera, Internet Explorer
Untuk melepaskan Pin :

– Klik kanan pada Tab yangdipilih, lalu pilih “Unpin Tab”.Mudah kan ?.
2. Mengcopy Tab

Adalah fitur pilihan untukMengcopy Tab/Halaman web sama persis ke sebelah kanannya.Untuk apa ? misalnya saja sobatsedang membaca halam blog dimana ada beberapa hal yang harus diperbandingkan.Maka sobat dapat mengklik kananpada tab tersebut, lalu pilih Duplicate Tab (chrome) atau Clone Tab (Firefoxdan opera).Hasilnya … sobat memiliki 2halaman web yang sama, kemudian salah satu tab dapat sobat pilih halamanlainnya yang mungkin untuk diperbandingkan atau sekedar untuk membaca hal laintanpa menutup halaman yang satunya.
3. Opsi Menutup Tab

(Berlaku sama untuk Chrome,Opera, dan fire fox).Ada 2 opsi / pilihan :
a. Menutup Semua Tab lainnya.

Pilih 1 tab yang ingin tetapterbuka, klik kanan pada Tab tersebut, pilih Close other tab, maka semua Tabyang lain akan tertutup dan tertinggal hanya 1 tab yang sobat pilih.
b. Menutub semua Tab di sebelah kanan.

Seperti biasa, saat kita membukahalaman web, maka halaman/page yang kita buka berikutnya tentu akan terbuka diberderet di sebelah kanan.Ini artinya … tab sebelah kiribiasanya lebih penting dan lebih diutamakan, saya sendiri juga tanpa sadar,setiap ada web page yang sekiranya penting maka saya Drag/Geser ke kiriberkumpul dengan tab penting lainnya.Lama-lama, kebanyakan tab yangterbuka akan membuat loading internet ikut terbebani dan lemot.Maka, untuk menutup sejumlah tab, silakan sobat pilih tab sebelahkiri sebagai batas beberapa Tab yang sobat pertahankan untuk tidak ditutup,kemudian klik kanan pada tab tersebut, lalu pilih “Close tab to the right”.Hasilnya … Seluruh tab yangberderet disebelah kanannya akan terhapus/tertutup.
4. Membuka kembali Jendela Tab yang sudah Terlanjur diTutup.

Ini dia, satu fitur yang sangatbermanfaat, kadang itu sengaja atau tanpa sengaja, kita menutup sebuah ataubeberapa Tab halaman yang ternyata kemudian kita membutuhkannya lagi.Alih-alih cari halaman tadidengan mencari di hystory, tentunya cukup merepotkan dan tidak praktis.Yup …Lakukan saja – Klik kanan padasembarang Tab browser sobat, lalu silakan pilih …- Reopen Closed Tab (Chrome) atau..- Reopen Last Closed Tabs (Opera)ataupun ..- Undo Close Tab (MozillaFirefox).Maka …

Jendela tab yang terakhir ditutup, akan muncul kembali, Sobat juga bisa melakukan Reopenclose Tab diatas beberapa kali lagi untuk mengembalikan beberapa tab yangsebelumnya tertutup sesuai urtannya pada saat sobat menutupnya.
5. Opsi lain dalam Klik Kanan tab, Seperti new Tab … Membuka tabbaru, Reload Tab … Menyegarkan ulanghalaman web.Bookmark Tab … Menyimpan halamanyang disuka untuk bisa dibuka lagi setiap waktu.Saya yakin sobat semua sudahpaham dan biasa memakainya sehingga tidak perlu dijelaskan panjang lebar.
Untuk Web Browser lainnya sepertiInternet Explore, UC Browser, Safari dan lain-lainSaya kira opsi menunya tidakterlalu beda jauh dengan tiga macam Browser utama diatas.
Sampai disini Sharing saya untukpara sobat BintangTop.Com tentang “TipsTrick Web Browser yang umumnya Orang Tidak mengetahui” …diharapkan bisa menjadikankefektifan dan efisiensi dalam aktifitas kita di internet.
Selamat BerExplorer dalam duniaOnline, Hati-hati di jalan ya sob  ^_^

Silakan Share agar bermanfaat bagi para teman … SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.