Terkait dengan artikel sebelumnyatentang bahaya dan racun pada makanan yang menyerbu jajanan anak sekolah, Baikremaja sekolah SMU, SMP, dan terutama pula pada anak SD/Sekolah Dasar yangsecara usia lebih rentan menjadi korban penjualan camilan/jajan yang sengajadibuat ngawur dan sembarangan tanpa memperhatikan resiko kesehatan yang dapatmeracuni kesehatan demi keuntungan banyak semata.

 

 Maka sebagai orang tua,sepatutnya kita semua menjaga para calon generasi penerus bangsa ini, termasukdalam hal menjaga kesehatan dan jangan sampai jajan sembarangan.
5 TIPS untuk Orang Tua dalam mengontrol Anak jajan di Sekolah :


Tips 1.

Alangkah baiknya bila dapatmembuat sendiri jajanan/kue sehat untuk buah hati dan di bawa ke sekolah.
Tips 2.

membelikan camilan dirumah, danmembawakan camilan tersebut di tasnya.Dengan demikian orang tualah yangmemilihkan dan menyeleksi langsung jajanan yang akan di konsumsi anaknya.Tips 3.

Lebih baiknya bila pembelian jajanadalah di kantin, dimana umumnya kantin adalah tempat yang sudah dipercaya olehsekolah.
Tips 4.

Batasi uang saku anak sekolah,jangan terlalu memberikan jumlah yang banyak agar jajanan yang tidak baik untukkesehatan juga otomatis terbatasi.Misalnya … Anak SD  kelas 1-3, uang sakunya Rp 2000 -3000 rupiahsaja.Anak SDkelas 4-6, uang sakunya rp 4000 – maximmal 5000 rupiah saja.DLLSemua kembali tergantung padakebutuhan, Para orang tuda dapat memilikikebijakan masing-masing.
Berikut hanyalah 2 contoh nyatadi beberapa sekolah :


– Si anak yang masih kelas 2 SDsaja sudah diberi uang saku Rp 10 ribu, mungkin karena orang tuanya kaya danmenganggap 10 ribu tidak berarti dan demi sayangnya terhadap anak, tapi …Ternyata hampir tiap hari oleh sianak dipakai buat beli bakso dan mie instant … Dan orang tuanya tidak tahu samasekali.
– Ada pula orang tua yang mempercayai si anakagar beli makan sendiri di sekolah karena tidak pernah sempat memasak pagi,ternyata sama si anak tiap hari di buat beli mainan yang mahal dan makanberbagai camilan tidak jelas yang banyak sambil di bagi-bagikan pada paratemannya.
Kalau sudah begini, siapa yangrugi ??

Tentu si orang tua dan si anakitu sendiri, selain dapat mempengaruhi sifat boros hingga dewasa, belum lagifaktor kesehatannya yang tidak terjamin.
Dan ini Tips Terakhir yang SangatPenting …
Tips 5.

Mengajari si anak, setidaknyabisa membedakan dan menyeleksi mana jajanan yang sehat dan tidak, baik saat di sekolah, di rumah/kampung, ataupun di tempat lain disaat menginginkan beli jajan.
Berikut adalah beberapa contohyang dapat di jelaskan pada si anak :


 A. Usahakan tidak membelimakanan/camilan/jajanan yang berwarna ngeJreng atau terlalu terang atau warnawarni yang mencolok mata.Umumnya jajanan seperti inimengandung pewarna sintetis/buatan, bahkan banyak pewarna tekstil yang seringdiguakan para penjual curang dalam membuat makanannya tampak menarik hati.
B. Sedapat mungkin menjauhkananak menyukai makanan yang tidak sehat sebagai makanan favoritnya, seperti mieinstant, bakso, DLL.Sekali-kali tentu tidak mengapa,tapi kalau sampai setiap hari tentu akan menjadi kebiasaan yang tidak sehatseterusnya bahkan hingga dewasa.Pilih makanan sehat lainnya yangbisa dijadikan makanan favorit harian.
C. Usahakan tidak mengkonsumsipentol dan mie yang terlalu kenyal, sebab umumnya camilan yang pada kenyal itukarena di beri formalin.
D. Hindari camilan-camilan yangrasanya terlalu gurih sampai terasa banget di tenggorokan, sebab umumnya rasagurih yang sangat adalah akibat penguat rasa seperti MSG (MonosodiumGlutamat)ataupun Obat perasa dan obat gula.
Kalau tidak Dimulai sekarang ?? kapan lagi ??

Siapa yang melindungiperkembangan anak dan kesehatan mereka para generasi penerus negeri  kalau bukan kita semua.Kesehatan Bangsa … dimulai dariKesehatan Keluarga.

Artikel Terkait …

Aneka kecurangan pada makanan dan minuman yang di jual bebas di masyarakat dan sekolah

Terima kasih buat para sobatBintangTop.Com , yang telah berkunjung dan membaca sharing tentang … Tips untukorang Tua dalam Mengontrol Anak jajan di Sekolah …
Adakah tambahan Tips dari kalianyang sekiranya bermanfaat bagi pembaca lain, silakan tambahkan via komentar ^_^ SHARE ARTICLE :

Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL – BintangTop.Com
«

Next
Newer Post

»

Previous
Older Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.