Saat sobat naik mobil …Silakan ingat filosofi mobil dan kehidupan ini, dijamin lebih menyenangkan …dimana naik mobil ternyata dapat memberikan motivasi tersendiri …

Apa itu ide bisnis yang berbeda? Ide bisnis yang berbeda merupakan ide yang tidak dimiliki oleh orang lain dan akan terus melekat dalam ingatan.

Bagi kamu yang ingin membangun bisnis baru, ide ini bisa kamu gunakan karena bisnis yang berbeda dari yang lain tersebut sepertinya sangat menarik untuk kamu lakukan.

Awalnya, memang tak mudah untuk menemukan ide tersebut. Kamu memerlukan strategi dan persiapan yang matang untuk memulai semuanya. Tapi yakinlah bahwa hal itu merupakan peluang besar bagi bisnismu untuk make money. Untuk itu, kembangkan bisnismu dengan baik dan bangun bisnis yang berbeda.

Untuk mempermudah kamu, Tipsjualonline akan memberikan 5 langkah jitu untuk menemukan ide bisnis yang serba berbeda dari yang lain, sehingga memunculkan keinginanmu dalam berbisnis.

Simak pembahasan berikut ini!

1. Lakukan Riset

Riset (penelitian) dinilai sebagai langkah awal dalam menemukan ide bisnis yang berbeda. Bagi kamu yang sudah memiliki bisnis sebelumnya, kamu pasti pernah melakukan penelitian. Sekarang waktunya kamu melakukan riset dengan sudut pandang yang berbeda dari sebelumnya.

Misalnya, riset terdahulu kamu menggunakan sudut pandang target secara fisik. Kali ini kamu bisa mengubahnya ke arah mindset target.

Setelah itu, yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Tentukan siapa saja target audience, dengan ditinjau dari: kesukaan, kebiasaan dan keinginannya terdalam dari target-target yang telah kamu susun.
  • Identifikasi data-data tersebut, dana pa saja yang menjadi masalah dalam targetmu?
  • Usahakan produk yang kamu buat bisa memecahkan masalah target audience.
  • Usai target primer, kamu perlu menentukan target sekunder, yaitu target tambahan di luar target utama yang bisa jadi memiliki minat pada produk yang kamu jual.
  • Cari dan temukan letak titik kontak para target audience untuk menentukan media periklanan produk Anda. Contohnya jika target audience-mu adalah remaja, maka sudah jelas bahwa remaja tak lepas dari media sosial dalam kesehariannya, sehingga promosikan produkmu melalui medsos tersebut.

2. Buat Papan Ide dan Berita

Bisnis terlhair dari sebuah ide / gagasan. Ide tersebut bisa muncul dari hobi maupun hasil riset yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Kamu perlu membuat papan ide dengan menuliskan semua ide yang pernah terlintas di pikiranmu, tanpa terkecuali. Kemudian petakan semua ide yang kamu tulis hingga menemukan keyword yang lebih spesifik.

Selain ide, kamu juga perlu mencatat berita terbaru yang relevan dari semua sumber dan kumpulkan berita tersebut sebagai bahan inspirasi untuk membangun startup-mu. Seperti beberapa berita tentang politik, ekonomi, industri, fashion, gaya hidup, dan sebagainya bisa kamu saring hal baik dan buruknya. Setelah itu, jadikan pertimbangan untuk mematangkan strategi bisnis yang akan kamu jalani.

Bisa saja, ide bisnis akan kamu dapatkan dari kolaborasi keduanya. Hal ini tentu akan menjadi ide yang sangat bagus dan berbeda dari yang lain.

Jadi dengan adanya papan berita ini dapat membantumu untuk merencanakan bisnis ke depannya seperti apa.

3. Perluas Networking

Setiap bisnis yang dibangun pasti memerlukan networking. Pasalnya dari networking tersebut kamu bisa berinteraksi dengan orang lain dan akan mendapatkan cerita baru setiap harinya.

Apalagi mereka merupakan orang-orang yang berpengalaman dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Kamu pun bisa berbagi cerita kepada mereka mengenai kesulitan dalam berbisnis, atau hal lain yang bisa kamu jadikan masukan untuk bisnismu.

Cerita-cerita tersebut sebagian besar berupa pengalaman manis dan pahit yang mereka alami selama berbisnis. Kamu harus menyimaknya dengan baik, karena dari pengalaman itulah kamu akan mendapatkan peluang untuk sukses di masa depan.

Dengan adanya networking, jangan pernah ragu untuk sharing karena di situlah lahan untuk mencari inspirasi dan relasi dalam bisnismu.

Namun perlu kamu ingat, kamu tak harus berpatokan pada masukan yang mereka berikan, karena bisnis yang kamu kembangkan berbeda dengan mereka. Ambil strategi terpentingnya saja untuk kamu gunakan sebagai senjata memajukan usahamu.

4. Tunjukkan Hal Apa Saja yang Membuat Bisnismu Berbeda

Bagaimana cara menunjukkan hal-hal yang membuat bisnismu berbeda?

Jadi, dalam mencari cara untuk menemukan ide bisnis yang berbeda, yang pertama kali harus kamu kenali adalah para pesaing. Kalua kamu berhasil menemukan mereka, maka akan sangat mudah kamu temukan perbedaan bisnisnya dengan bisnismu.

Misal: iklan produkmu lebih unik dibanding pesaing, tapi kamu juga harus mencari cara agar iklan produk tersebut selalu diingat oleh target. Caranya adalah dengan:

  • mengspesifikkan apa saja yang menjadi kelebihan bisnismu,
  • susun rencana untuk menyampaikan bahwa bisnismu berbeda dari yang lain,
  • sampaikan dengan cara yang unik dan menarik perhatian target audience.

5. Dahulukan Kepentingan Pelanggan

Pelanggan adalah raja, maka dahulukanlah kepentingannya. Hal ini akan terjadi saat bisnismu mulai berjalan dan banyak pelanggan yang berdatangan.

Seiring berjalannya waktu, akan ada banyak keluhan dari konsumen, maka yang harus segera kamu lakukan adalah mencari jalan keluarnya.

Jadilah pendengar yang baik untuk para pelangganmu. Dengan bergitu, semua masukan (baik berupa keluahan maupun apresiasi) bisa kamu jadikan sebagai bahan koreksi bisnismu untuk menjadi lebih baik lagi dengan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu.

Simpulan

Dari sejumlah langkah tersebut, bisa disimpulkan bahwa bisnis yang berbeda belum tentu sulit dalam menarik perhatian para target audience. Jika kamu melakukan langkah-langkah tersebut dengan baik, maka bisnismu akan dikenal luas dan banyak konsumen yang ingin membelinya.

Tak ada salahnya menerapkan bisnis yang berbeda, asalkan kamu masih tetap ada pada koridor yang sama yakni sebagai entrepreneur. Tampunglah semua keluhan maupun apresiasi dari para konsumen, dan tanggapilah dengan baik. Hal tersebut bisa membuat bisnismu semakin maju untuk menjadi yang terbaik dan berbeda dari yang lainnya.

Yang terpenting adalah, apabila kamu merasa kesulitan dalam mengembangkan bisnismu, segera cari solusinya dengan sharing ke beberapa relasi yang kamu miliki yang lebih berpengalaman dibanding dirimu sendiri.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.