Kalau sebelumnya Anda berpikir bahwa memiliki koneksi dengan orang-orang penting atau situs besar itu penting, Anda perlu menambahkan bahwa memiliki koneksi dengan semua orang juga penting, bahkan orang-orang yang baru anda temui.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan di 17 negara, 61% responden mengatakan bahwa interaksi online sehari-hari dengan jaringan profesional dapat memberi mereka peluang kerja. Sementara 35% responden mengatakan bahwa mereka mendapatkan peluang kerja dari berinteraksi di media sosial. Di sini, kita melihat pentingnya komunikasi. Lalu, bagaimana kecerdasan emosi berhubungan dengan keberhasilan bisnis?

1. Pahami diri sendiri

Anda sebelumnya paham bahwa usaha yang sukses dimulai dengan “memahami konsumen.” Namun, “memahami konsumen” dimulai dengan “memahami diri sendiri.” Namun, Anda juga tidak perlu mengeluarkan semua masalah yang Anda pendam. Cukup dengan membawakan diri apa adanya ketika berinteraksi.

2. Tunjukkan empati

Berdasarkan survei, 71% generasi milenium ingin teman kerjanya menjadi keluarga kedua mereka. Hal ini akan sulit dicapai jika ketua kelompok itu tidak berempati. Berempati dapat dilakukan dengan cara mendengarkan tanpa memotong dan dengan pikiran terbuka serta mengajak bicara orang yang baru ditemui.

3. Bangun kepercayaan dari kekurangan

Mungkin Anda sudah tahu kisah sukses Rasulullah SAW menjadi saudagar kaya. Beliau selalu berdagang dengan jujur hingga menjelaskan kekurangan atau cacat suatu barang dan memilihkan barang yang baik. Itulah inti dari membangun kepercayaan dari kekurangan dan tetap berempati pada orang ketika mereka menceritakan kekurangan mereka.

4. Berikan bantuan

Anda mungkin sudah tahu bahwa jika Anda memberi, maka Anda akan mendapatkan lebih. Hal itu juga berlaku jika Anda membantu seseorang.

Berikan gagasan, pemecahan suatu masalah atau ajarkan bagaimana Anda bisa sukses pada orang lain dan konsumen Anda. Mungkin saja orang yang Anda bantu itu akan menjadi rekan bisnis Anda berkat bantuan yang Anda berikan.

Dari memberikan bantuan, Anda sudah membangun kepercayaan dengan orang lain, memberikan diri Anda sendiri nilai dan kredibilitas di mata orang lain.

5. Pahami orang lain

Memahami karakteristik orang lain penting untuk mengetahui cara apa yang dapat Anda gunakan agar promosi Anda berhasil.

Ada tipe orang yang harus membuktikan dulu, baru ingin membeli. Ada tipe orang yang langsung membeli dengan penjelasan panjang lebar dan jelas. Ada juga orang yang perlu meyakinkan diri dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan hingga ia puas.

Anda bisa mencoba satu demi satu dan melihat mana yang membuat calon konsumen Anda tergerak. Jika Anda memahami pola penerimaan mereka, maka Anda bisa memenangkan hati mereka.

Sekarang, apakah Anda sudah melakukan semuanya?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.