Menjalankan bisnis kadang bisa sangat menyenangkan dan menantang, tetapi juga bisa sangat membosankan. Manusiawi jika perhatian kita teralihkan, merasa keceewa dan frustasi dengan apa yang kita usahakan. Yang penting adalah kita tahu cara kembali bersemangat menjalankan bisnis.

1. Buat Jadwal

Memiliki bisnis yang bisa dijalankan kapan pun sesuai kehendak hati adalah menyenangkan. Anda bisa bangun dan berangkat ke kantor sesuai kehendak hati Anda. Namun, jika Anda terus demikian, bisnis Anda tidak akan berkembang.

Bangunlah lebih awal. Orang yang sering bangun lebih awal pasti akan sukses di kemudian hari. Setelah itu, buatlah jadwal kegiatan yang akan Anda lakukan hari itu. Jika masih ada waktu, lakukan analisis bisnis Anda dan cari peluang baru untuk pengembangan bisnis. Baca juga: ciri-ciri orang sukses.

Pastikan Anda taat pada waktu yang telah Anda tulis di jadwal. Walaupun nantinya akan ada hal yang membuat Anda tidak taat waktu, tidak apa-apa karena setidaknya Anda sudah berusaha.

2. Beristirahat Sejenak

Jadwalkan untuk istirahat sejenak selama 10 hingga 20 menit. Hal ini penting untuk menjernihkan pikiran. Sehingga Anda dapat mengatasi masalah dengan pikiran yang jernih.

Anda dapat berjalan-jalan sejenak ke luar wilayah kerja. Namun, jika ada hal terkait bisnis yang memenuhi benak Anda, Anda dapat menggunakan waktu itu untuk melakukan aktivitas yang memenuhi pikiran Anda.

3. Bayangkan Kalau Anda Jadi Pegawai Kantoran

Apa yang terjadi kalau Anda menjadi pegawai kantoran. Deadline yang mencekik? Liburan masih mikir kerjaan? Cuti harus disetujui atasan?

Hal itu tidak terjadi pada Anda yang seorang pengusaha. Anda dapat mengatur jadwal Anda sendiri.

4. Manfaatkan Waktu yang Fleksibel

Sebagai pengusaha, Anda memiliki fleksibilitas yang bisa dimanfaatkan untuk membangun kebiasaan baik Anda. Jika hari ini Anda bekerja di kamar, besok cobalah pindah ke tempat ngopi, cafe atau perpustakaan. Gunakan seluruh waktu itu untuk tetap bekerja.

Jika Anda kelelahan, ambil 1 hari libur untuk beristirahat atau bertemu teman. Intinya manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan apapun selama Anda dapat terus menikmati kehidupan bisnis Anda. Baca juga: 7 kebiasaan efektif orang sukses.

5. Pikirkan Masa Depan

Ketika Anda terganggu dengan rasa malas atau bosan melakukan pekerjaan, pikirkan tentang masa depan. Apa yang terjadi dengan bisnis Anda nanti jika Anda terlalu menuruti emosi Anda? Lalu, pikirkan juga tentang apa yang terjadi dengan bisnis Anda jika Anda disiplin mengembangkan bisnis Anda? Baca juga: 12 cara meningkatkan disiplin diri.

Itulah 5 cara agar Anda tetap bersemangat membangun bisnis Anda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.