Quilling Art – Pajangan Quotes Cantik Penambah Semangat

7 comments:
BintangTop.com - Sudah cukup sering ya kita menemui kata-kata mutiara yang dijadikan pajangan dinding di pasaran, dan rata-rata medianya hanya kayu dan sejenis itu yang kemudian di cat dan diberi tulisan. Biasa ya?

Sebelumnya kan kami pernah menyajikan artikel kreasi dengan menggunakan seni menggulung kertas dari Eropa atau yang lebih dikenal dengan nama Quilling Art,

nah dalam artikel kali ini akan kita sajikan kreasi quilling art yang digunakan untuk menghias suatu kata-kata mutiara (quotes) penghias dinding cantik di rumah. Gimana ya jadinya, yuk simak aja kreasi yang tumblr-able ini.

cara membuat hiasan foto figora

Alat dan Bahan :
1. Kertas Origami / A4 Warna
2. Gunting
3. Cutter
4. Jarum Quilling
5. Lem Kayu
6. Lem Kertas

7. Kertas pola dan quotes (kata-kata mutiara) yang sudah di print, dalam hal ini saya memilih siluet kepala wanita
8. Penggaris
9. Cutting Mat / Alas apapun yang bisa digunakan untuk memotong kertas
10. Frame Foto, bisa bingkai polos atau bermotif seperti milik saya (saya juga memilih menggunakan frame foto ukuran kecil).

Cara Membuat Bingkai Motivasi dengan Paper Quilling Art :

1. Potong-potong kertas origami atau A4 warna dengan ukuran lebar 0,5 cm, untuk permulaan silahkan gambar titik-titik di dua ujung kertas untuk kemudian garislah mempertemukan dua ujungnya dan kemudian potong menggunakan cutter.

Lakukan hingga jumlahnya cukup banyak agar nanti saat proses perangkaian tidak perlu membuat potongan kertas berkali-kali. Nah jika tidak ingin repot anda bisa langsung beli kertas quilling siap pakai di toko kerajinan tangan

2. Buka Frame foto, pisahkan antara kayu, bingkai, dan kaca

Gambar 2 contoh foto figora kata mutiara

3. Ukur gambar hasil print siluet dan kata-kata mutiara sesuai dengan ukuran bingkai yang anda beli, pastikan pas ukurannya (tidak ada gambar/tulisan yang melebihi bingkai), tempelkan gambar menggunakan lem diatas bidang kayu agar lebih awet
  
4. Kemudian dari sini kita sudah siap untuk merangkai, kita akan membuat beberapa bentuk yang akan dibagi menjadi beberapa tahap, yakni membuat bentuk tiara (hiasan di kepala), daun, bunga, dan sulur (tangkai tanaman yang menjulur)

5. Membuat bentuk Tiara (hiasan kepala)

a. Ambil kertas quilling pilih warna yang diinginkan (saya memilih merah), gulung menggunakan jarumnya serapat mungkin (jangan sampai terlepas gulungannya) kemudian segera beri lem di ujung. Buat 3 bulatan.

b. Untuk membuat ujung yang mirip seperti gambar, ambil potongan kecil kertas quilling yang baru kemudian gulung salah satu ujungnya saja dan lepaskan jarumnya. Kemudian ujung yang tidak digulung di rekatkan disalah satu gulungan quilling yang tadi dibuat. Kemudian susun “tiara” dan rekatkan dengan lem.

kertas di roll

6. Membuat bentuk daun

a. Ambil kertas quilling warna hijau, gulung kemudian lepaskan, biarkan lingkarannya melonggar dan membuat ruang kemudian lem dibagian ujungnya.
(sekedar para sobat BintangTop.com perlu INGAT bahwa semakin longgar lingkarannya, semakin besar ukuran daunnya)


b. Jepit kedua ujung lingkaran masing-masing dengan ibu jari dan jari telunjuk, hingga terlihat runcing seperti layaknya daun, lanjutkan dengan membuatnya kedalam berbagai ukuran

kertas diubah jadi daun

7. Membuat bentuk bunga
a. Ambil kertas quilling silahkan pilih warna. Kemudian lakukan hal yang sama seperti ketika membuat daun, yakni gulung kemudian lepaskan, biarkan melonggar dan beri lem diujungnya. Buat 5 bulatan.

b. Hal yang membedakan adalah yang dijepit menggunakan jari hanya 1 sisinya saja, kemudian gulung kertas (tidak usah terlalu tebal) tanpa melonggarkannya untuk membuat putiknya.

kertas diroll bentuk bunga

c. Satukan menggunakan lem.

9. Membuat Sulur (ada 2 yakni hijau dan merah sebagai bingkai)
a. Ambil kertas quilling hijau dan gulung ujungnya seperti gambar.

teknik quilling paper

b. Gulung ujung satunya dengan arah yang terbalik (lihat gambar)

c. Buat sulur yang merah dengan cara yang sama, namun samakan besar gulungannya. Susun melingkar diantara gambar siluet dan kata-kata mutiara (lihat gambar)

bunga motivasi

10. Mulai merangkai komponen yang dibuar tadi, silahkan susun seperti gambar (atau bisa dikreasi sendiri)

11. Quotes cantik berhias quilling paper pun siap menghias ruangan anda.

DIY Quilling Art pada foto
Pics : Novia K

Tips Corner :
- Saya sangat menyarankan lebih baik memilih bingkai quilling (jika ada) yang sisinya agak dalam dan kacanya agak menjorok di luar, mengingat quilling sendiri 3 dimensi, namun jika tidak ada bisa menggunakan seperti milik saya, frame foto biasa.

Cukup panjang ya step nya, tapi sebenarnya beberapa bentuk yang dijelaskan diatas adalah keterampilan dan bentuk paling dasar dari seni menggulung kertas dari eropa ini.

- Sudah mirip hiasan quotes di tumblr, kan. Nah hiasan ini bisa para sobat BintangTop.com jadikan sebagai hadiah ataupun sebagai pajangan cantik sendiri yang akan memberi semangat baru ketika beraktivitas. Selamat berkreasi.

Calla Lily Putih si Cantik dari Kertas Crepes – DIY Flower

No comments:
Hai sobat BintangTop.com, ingin beli bunga calla lily yang cantik tapi tidak akan bertahan lama dan harganya juga mahal, hmm gimana ya?
Atau mungkin  sobat ingin memberikan sebuah buket bunga Calla Lily cantik untuk orang terkasih tapi terhalang biaya dan bunga yang tidak bertahan lama?

Yap, untuk memecahkan masalah ini kali ini kita akan membuat saja sendiri bunga tsb dengan menggunakan kertas, sobat juga bisa mengganti  dan menyesuaikan warna sesuai warna favorit sobat tentunya.  Dengan langkah yang pasti mudah diikuti dan dari bahan yang murah juga mudah sobat dapatkan.

cara bikin bunga Lily kertas crepe

Alat dan bahan:
1. Kertas Crepes (kertas rep) warna putih dan kuning.
2. Lidi
3. Gunting
4. Lem kertas atau kayu
5. Selotip daun

Cara Membuat Bungan Calla Lily dari kertas Crepes :

1. Potong kertas krep warna kuning dengan lebar kira – kira 2 cm dan panjang 8 cm. buat rumbai dengan ukuran 0,2 cm (bisa menyesuaikan).

Gambar 1 kertas crepe kuning

2. Lilitkan pada ujung lidi hingga kertas habis.

benang sari kertas crepe

3. Potong kertas krep warna putih dengan lebar kira – kira 15 cm. lipat menjadi dua dan potong sesuai gambar. Buka lipatan, gulung ujungnya dengan gunting atau pensil seperti gambar.

Gambar 4 membuat kelopak kertas crepe

4. Ambil lidi yang sudah dililit krep kuning.  Rekatkan bagian bawah, usahakan bagian belakang kelopak bunga agak menggembung.



5. Kemudian lilitkan selotip daun menutupi lidi. Bunga calla lily siap menghias ruangan.

tangkai dililit kertas crepe hijau

membuat bunga Lily dari kertas crepe
Pics : Novia K

Sederhana tapi cantik,
- Calla Lily sangat cocok jika dibuat menyerupai buket, yaitu ketika para sobat BintangTop.com mengumpulkan menjadi satu akan tampak semakin menarik.
Akhirnya …

Memiliki sebuket lily cantik di rumah yang tahan lama akhirnya bisa diwujudkan ya.

Artificial Tullip–Bunga khas Musim Semi Negeri Kincir Angin

No comments:
BintangTop.com - Pernah nggak sih bikin bunga tulip dari kertas crepe, tapi jadinya nggak bagus (misal bentuknya kurang bisa tegak, dst)? Atau warnanya kurang bagus / cepat pudar alias nggak tahan lama? Ini pengalaman pribadi penulis sih hi hi.

Yah sebenarnya kasus-kasus kegagalan umum orang-orang yang pernah mencoba bikin DIY bunga tulip kertas tapi hasilnya kurang maksimal. Padahal pengen ya punya tulip di dalam rumah (meski bunga aslinya memang agak susah sih berkembang di iklim Indonesia)

Eh nggak perlu jauh-jauh ke Belanda ya buat beli yang asli Sobat kreatif , yuk mencoba menggunakan alternatif kertas lain seperti origami? Loh bisa ya. Wah bisa sekali dong, cantik, simple pembuatannya, dan applicable sekali. Yuk langsung aja simak cara bikinnya.

Gambar Cover membuat bunga dari kertas origami

Bahan :
1. Kertas Origami warna – warni  (ukuran 12x12)
2. Selotip daun
3. Lidi
4. Gunting
5. Lem kayu / lem uhu / lem kertas yang kuat
6. Lem tembak

Cara membuat Artificial Tullip – Bunga khas Holland :

1. Bagi kertas origami dengan melipatnya menjadi empat (untuk bunga) dan menjadi dua untuk daun. Gambar pola seperti pada gambar. Buat kelopak sebanyak 6 buah dan dua buah untuk daun.

Gambar 1 kertas origami 2 warna

2. Sisihkan bagian daun. Ambil sebuah kelopak, potong bagian bawahnya. Lakukan pada setiap kelopak.

Gambar 2 bikin daun kertas origami

3. Ambil sebuah kelopak yang sudah dipotong bagian bawahnya. Pertemukan kedua sisinya dalam posisi silang kemudian lem. Kemudian dengan ujung gunting lekukan ujungnya. Ulangi hingga kelopak habis.


4. Ambil kertas lain (boleh warna yang sama dengan kelopak boleh warna lain) potong menjadi lingkaran kecil dan tengahnya dilubangi. Kemudian ambil sisanya, buat rumbai seperti pada gambar.


5. Batang lidi dililit dengan selotip daun terlebih dulu. Kemudian ambil lingkaran kecil, masukkan lidi di lubang lingkaran, kemudian eratkan dengan lem.


6. Kemudian dibagian atas dililitkan kertas yang sudah dirumbai sebagai putik.

bikin tangkai bunga

7. Kemudian pasang kelopak yang sudah dibuat dibawah lingkaran dengan lem tembak. Lakukan hingga kelopak habis.


8. Ambil sebuah daun, lipat menjadi dua. Kemudian tempelkan di batang lidi. Lakukan lagi pada daun yang satunya. Dan dengan ujung gunting lekukkan ujung daunnya. Bunga tulip cantik dari kertas siap menghias ruangan.

membuat bunga tulip dari kertas origami
Pics : Novia K

Ide untuk guru dan orang tua :

- Anak-anak sekolah juga bisa lho diminta praktek membuat ini ketika kelas kerajinan tangan. Atau mau disimpan sendiri dirumah? Bisa banget, warna kertas origami juga banyak dan warna-warni.

- Kalau dikumpulkan jadi banyak bisa membentuk buket (bouquet) tulip yang sangat cantik lho. Rumah jadi berasa nuansa musim semi di Negeri Kincir Angin ya hihi. Selamat mencoba.

Boater Hat Mini si Elegan yang Applicable – DIY Aksesoris

No comments:
Hai-hai sobat kreatif  BintangTop.com, kali ini kita akan membagikan sebuah karya DIY yang lucu, mungil, dan applicable di hampir segala bahan. Tapi ada keistimewaannya nih, hmm apa sih? Yak, bahan pembuatannya adalah bahan recycle dan pastinya mudah ditemui di rumah. Yakni tutup botol plastik apapun dan kardus bekas.

Kalau Boater Hat familiar nggak sih? Buat yang fashionist pasti tau dong apa itu, bentuk topinya yang bak punya aristokrat inggris sangat elegan ketika dipakai. Nah kali ini kita akan bikin versi mininya dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Yuk simak langsung aja cara membuatnya.

bikin topi dari kardus dan bulu

Bahan :
1. Karton / kardus bekas
2. Pensil
3. Tutup botol
4. Cat minyak / cat besi
5. Pita
6. Gunting
7. Lem tembak
8. Bando atau jepit rambut

Cara membuat Topi – Boater Hat Mini dari Bahan Recycle :

Gambar 1 kertas kardus

1. Potong kardus bekas / karton sedikit. Gambar pola lingkaran (ukuran menyesuaikan dengan tutup yang digunakan. Yang terpenting ukurannya lebih besar dibanding tutup botolnya).
  
2. Potong pola yang sudah dibuat. Rekatkan tutup botol diatasnya menggunakan lem tembak.

3. Setelah itu, warnai dengan cat. Warna bisa menyesuaikan selera. Tunggu hingga cat mengering.

pasang tutup botol untuk topi

Gambar 4 bulu topi

4. Setelah cat kering, hias pinggirannya dengan pita. Untuk hiasan lain bisa menyesuaikan selera sobat semua. Sobat bisa menggunakan bulu dan bunga kertas, atau bunga dari kain bahkan manik - manik.

cara membuat topi dari tutup botol
 Pics : Novia K

5. Setelah itu pasang pada bando atau jepit rambut. Topi mungil siap menghias kepala.
  
For your information sobat kreatif,
penerapan dari hiasan mini boater hat ini bisa hampir di segala aksesoris ya, secara keseluruhan ini bisa diolah lagi istilahnya bahan setengah matang. Jadi para sobat BintangTop.com bisa mengaplikasikannya misal :
- pada bando,
- pada jepit rambut,
- gantungan kunci,
- gantungan Tas, handphone, dst.

Yang terpenting ketika digunakan untuk aksesori, buat potongan kardusnya jangan sampai terlihat dan catnya lebih rapi ya, kemudian pastikan ketika merekatkan ke bahan apapun sampai sekuat mungkin, sehingga tidak mudah jatuh. Sekian dan selamat mencoba.
 
Copyright ©2014 - 2019 • BintangTop.Com
Template Powered by Blogger