Skip to main content

Seni MengGunting Kaos #3 – Model Rumbai/Pita - Full Tape

Ketemu lagi sob, dalam aneka krativitas – Seni menggunting pada kaos Biasa hingga menjadi Luar Biasa, pada tutorial bagian ke tiga ini adalah sharing cara membuat rumbai-rumbai – full pita pada sekeliling bawah kaos dan lengannya, bisa untuk baju pesta, jalan-jalan tau bahkan dipakai sehari-hari juga bisa.

Hasil jadi mungkin lebih cocok untuk pakaian cewek, namun bisa saja diterapkan untuk t shirt cowok, maka sebaiknya hanya bagian bawah kaos saja yang di modif, itupun panjang suwiran harus pendek (tidak sepanjang suwiran kaos cewek).

Seni menggunting kaos model Rumbai / Pita untuk Tshirt 
Supply barang dan bahan :
a. Kaos biasa / standard – 1 buah, sembarang warna, seadanya yang sobat punya.
b. Pensil / spidol / kapur jahit
c. Penggaris / meteran
d. Gunting

Cara Gunting - Membuat Tali Rumbai pada Kaos / T Shirt

Pics : Ayes ha
Seni menggunting kaos model Rumbai / Pita untuk Tshirt
1. Sediakan Kaosnya, siapkan pensil dan penggaris, buatlah garis tegak lurus secara berbaris pada bagian bawah kaos, full melingkari dari depan sampai belakang kaos.
Barisan garis tegak lurus ini dibuat dengan ukuran … jarak antar garis adalah 2cm, dan tinggi garis sekitar 10 cm sampai dengan 15 cm, dengan ketentuan … guntingan masih berada di bawah level pusar perut anda, jadi silakan ukur tinggi garis tegak ini sesuai t shirt dan sesuai ketinggian pusar saat memakai kaos tersebut.


2. Dengan cara yang serupa, lakukan pembuatan garis lurus pada lengan kaos kiri dan kanan, jarak antar baris sekitar 2 cm dengan panjang garis adalah separuh dari panjang lengan kaos itu sendiri.
Perhatikan : bahwa lengan kaos adalah tidak kotak, melinkan lebih panjang bagian atas daripada bagian bawahnya, karena itu garis yang dibuat adalah separuh dari panjang lengan kaos sesuai posisinya masing-masing, yaitu semakin ke bawah semakin pendek garis yang digambar.


3. Setelah barisan garis lurus telah dibuat di bawah bawah kaos dan kedua lengan kaos, saatnya masing-masing garis tersebut digunting menjadi semacam suwar-suwir / tali rumbai-rumbai.
Perhatikan : bahwa setelah pengguntingn pada setiap garis gambar selesai, sekarang tariklah masing-masing suwiran / rumbai tersebut, hasilnya … tali rumbai akan meregang dan lebih panjang sekaligus lebarnya menjadi lebih sempit dan melengkung / tidak rata lagi (jawa: ngelinting)

masing-masing garis digunting menjadi suwar-suwir

4. Sobekan / guntingan pada lengan kaos harus ditarik / diregang juga lo ya … kemudian … masing-masing tali rumbai / suwiran tadi di simpul cukup sekali, tujuannya agar sobekan gunting tidak akan bertambah lagi panjang sobekannya, sekaligus untuk menampilkan tali rumbai yang lebih bagus dipandang mata, hasilnya … silakan lihat gambar …
tali rumbai diregang jadi lebih panjang, sempit dan melengkung

5. lakukan hal yang sama pada rumbai-rumbai pada lengan kaos, masing-masing guntingan lurus di simpul 1x.
Nah tuch … modifikasi kaos biasa menjadi kaos bergaya tali rumbai / full pita telah jadi, kayaknya memang sederhana …. Namun coba sobat pakai dan bercermin … Ternyata hasilnya jauh lebih bagus saat berada di badan kalian (lihat gambar paling atas).

guntingan pada lengan kaos harus ditarik / diregang

So … silakan sista Ucapkan Selamat tinggal pada kaos biasa saja, selamat datang kaos model baru luar biasa :) ... Siap membuat tarian Hawai dengan ciri khas rok rumbai ??

Siap membuat tarian Hawai dengan ciri khas rok rumbai ?


Kembali ke : 5 Macam Seni MengguntingKaos - T Shirt Cut ART

Comments

Popular posts from this blog

Kerajinan Non Benda – Arti & Contoh – Inspirasi Budaya lokal

BintangTop.com - Yuk mari mengenal Kerajinan non benda beserta contoh contohnya ... Berdasarkan Wujudnya, Kebudayaan bisa di kelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu Kebudayaan Benda / material dan Kebudayaan Non Benda (non material). 2 kebudayaan tersebut sebenarnya bermuasal dari 3 hal yaitu : Ide, Aksi, dan Hasil karya.
Sebelum kita bahas tentang Kerajinan Non Benda, maka ada baiknya kita perlu tahu terlebih dahulu tentang definisi dan perbedaan dari 2 Kebudayaan diatas :
a. Kebudayaan Benda / Material yaitu Kebudayaan yang berdasarkan atas hasil karya dalam bentuk material konkrit / benda nyata. Contoh tradisionil : Rumah adat, pakaian suku, kerajinan tangan etnis, dan sebagainya. Contoh kebudayaan benda modern : robot, handphone, senapan, dan lainnya.
(musik angklung sebagai budaya non benda dari Indonesia yang mendunia, konser angklung dengan recor piluhan ribu peserta beberapa kali diadakan di negara lain, seperti Amerika dan Australia)
b. Kebudayaan Non Benda / Tak Benda adalah ke…

Definisi & Contoh Kerajinan Bangun Ruang dari Bahan Limbah

BintangTop.com – Kerajinan Bangun Ruang sangat menarik untuk dibahas, karena bentuknya yang unik, nilai seninya yang apik, nilai jual yang lebih tinggi, dan manfaatnya tentu jauh lebih baik.
Definisi Kerajinan Bangun Ruang yaitu … Hasil karya yang dibuat dari suatu bahan dengan membentuk Ruangan 3 Dimensi (memiliki volume - panjang, lebar, dan tinggi/tebal).
Definisi Kerajinan Bangun Datar Sebaliknya … Kerajinan yang dibuat tanpa membentuk ruang dapat disebut sebagai Kerajinan Bangun Datar atau 2 Dimensi (hanya memiliki luas - panjang x lebar).

Selanjutnya … - kita dapat memanfaatkan bahan dari limbah untuk diubah menjadi bangun ruang, … maka jadilah sebagai Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun ruang.
- dari aneka bahan limbah yang ada, kita diuntungkan ada bahan limbah yang memang sudah memiliki bangun ruang, semacam tabung, kubus, bola, dan sebagainya … contoh : botol,  batok, kardus, kaleng … sehingga masing masing bentuk dapat dimanfaatkan lebih cepat dalam menciptakan kerajin…

10 Jenis Kerajinan TEKSTIL – Arti, Contoh Produk & Fungsinya

BintangTop.com – Yuk Mari mengenal kerajinan Textil, Limbah tekstil, dan bahan serta fungsi produk hasil karya tekstil.
Indonesia dikenal sebagai negara penghasil karya tekstil yang cukup besar, dimana sebagian banyak telah diekspor setiap saat ke berbagai negara lain di dunia. Bidang tekstil sendiri telah berkembang tekniknya serta meningkat kebutuhannya dari waktu ke waktu.
Lalu apakah pengertian / definisi kerajinan tekstil dan Bahan tekstil ?
Kerajinan tekstil adalah Kegiatan dan ketrampilan dalam menghasilkan barang jadi yang berasal dari bahan serat, benang, maupun kain, dimana selanjutnya kita sebut sebagai bahan Textile.
Fungsi Kerajinan tekstil Sebelum kita bicara fungsinya, perlu kita ketahui dulu bahwa Kerajinan tekstil di negara kita, dalam segi produksinya maka  dibedakan menjadi 2 Kategori :
1. Kerajinan tekstil Modern kerajinan ini adalah Hasil karya mesin mesin modern sehingga produksinya menjadi jauh lebih cepat dengan jumlah yang banyak pula. Fungsinya tentu sebagai sand…