Skip to main content

Buat Sendiri SELIMUT Bergambar dari KAOS Lama -Versi 2

Setelah sebelumnya saya menulis artikel tentang Cara Membuat Selimut Unik dari Kaos Bekas TANPA Jahitan (menggunakan teknik simpul) …
Maka Pada artikel ini adalah alternatif ke dua - Selimut buatan sendiri yaitu dengan teknik jahitan, sehingga hasilnya lebih rapi dan bagus, konseskuensinya – para sobat BintangTop.com memerlukan mesin jahit dan sedikit kemampuan untuk menjahit walau sekedar menjahit lurus.

Seperti umumnya para wanita lain, saya juga bisa menjahit asalkan tidak rumit, saya kira para sobat cewek juga demikian ? hayo … jangan ngaku cewek jika gak bisa menjahit wkk wkk ^_^
kalau tidak punya mesin, bisa jadi gunakan jasa penjahit tetangga :) namun segala pola dan potongan kaos bisa sobat lakukan sendiri.

Bikin Selimut dari Kaos Lawas/Bekas – Alternatif 2
Bahan dan Alat yang dibutuhkan :
a. Kaos lama yang sudah jarang dipakai – minimal 12 buah (minimal 6 buah).
kalau mau lebih hemat, gunakan juga bagian belakang kaos sehingga hanya membutuhkan 6 buah kaos. Namun hasilnya tentu kurang bagus mengingat bagian punggung kaos umumnya tidak terdapat gambar yang besar dan menarik.
- Silakan gunakan lebih banyak kaos untuk membuat selimut yang lebih besar.
b. gunting
c. mesin jahit

alternatif lain - selimut kaos dengan pola miring


Menyulap Beberapa kaos Bekas menjadi Selimut Keren

1. Siapkan pola dan bahan
Buatlah mal dari potongan kardus dengan ukuran kotak 40 cm x 40 cm, letakkan kardus pada tengah kaos untuk kemudian guntinglah kain kaos sesuai mal kotak tersebut,
Lakukan hal yang sama pada kaos-kaos lainnya. Untuk membuat selimut single dengan ukuran sekitar 1,2 meter x 1,6 meter – dibutuhkan 12 potongan kain kotak.

Pics : Beetle S
potong kain kotak untuk pola lurus

2. Merangkai Potongan kaos
pertemukan sisi kain kotak satu dengan kain lainnya, masing-masing dijahit bagian belakangnya sekitar 1 cm saja. Jangan lupa perhatikan posisi gambar sebelum penjahitan agar tidak ada yang terbalik satu sama lain, serta rencanakan sebelumnya urutan posisi masing-masing gambar kaos. Untuk memudahkan rencana susunan, para sobat BintangTop.com sebaiknya membeber kain-kain kotak tadi di lantai sebelum penjahitan satu persatu.
Setelah tahapan ini … selimut sudah tampak jadi 90%.

menjahit bagian belakang kaos

3. Finishing …
agar lebih menarik, sediakan kain warna polos (bisa diambilkan dari bagian belakang kaos) untuk dijadikan sebagai list / bingkai luar selimut. Potong kain selebar 7 cm memanjang dan jahit pada sekeliling selimut kaos yang sudah jadi. Tekuk ke dalam sisi luar kain 1 cm untuk dijahit agar benang tidak rusak / lepas.
Jika memungkinkan Agar lebih rapi, semua sambungan jahitan lebih baik diobras.

memasang list luar sekeliling selimut 7 cm

Cool …
Selimut dari kaos – bikinan sobat siap dipakai, jadi betah tidur berselimut dengan hasil buatan sendiri ^_^

Buat Sendiri SELIMUT Bergambar dari KAOS Lama -Versi 2

Artikel Berhubungan :

Comments

Popular posts from this blog

Kerajinan Non Benda – Arti & Contoh – Inspirasi Budaya lokal

BintangTop.com - Yuk mari mengenal Kerajinan non benda beserta contoh contohnya ... Berdasarkan Wujudnya, Kebudayaan bisa di kelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu Kebudayaan Benda / material dan Kebudayaan Non Benda (non material). 2 kebudayaan tersebut sebenarnya bermuasal dari 3 hal yaitu : Ide, Aksi, dan Hasil karya.
Sebelum kita bahas tentang Kerajinan Non Benda, maka ada baiknya kita perlu tahu terlebih dahulu tentang definisi dan perbedaan dari 2 Kebudayaan diatas :
a. Kebudayaan Benda / Material yaitu Kebudayaan yang berdasarkan atas hasil karya dalam bentuk material konkrit / benda nyata. Contoh tradisionil : Rumah adat, pakaian suku, kerajinan tangan etnis, dan sebagainya. Contoh kebudayaan benda modern : robot, handphone, senapan, dan lainnya.
(musik angklung sebagai budaya non benda dari Indonesia yang mendunia, konser angklung dengan recor piluhan ribu peserta beberapa kali diadakan di negara lain, seperti Amerika dan Australia)
b. Kebudayaan Non Benda / Tak Benda adalah ke…

Definisi & Contoh Kerajinan Bangun Ruang dari Bahan Limbah

BintangTop.com – Kerajinan Bangun Ruang sangat menarik untuk dibahas, karena bentuknya yang unik, nilai seninya yang apik, nilai jual yang lebih tinggi, dan manfaatnya tentu jauh lebih baik.
Definisi Kerajinan Bangun Ruang yaitu … Hasil karya yang dibuat dari suatu bahan dengan membentuk Ruangan 3 Dimensi (memiliki volume - panjang, lebar, dan tinggi/tebal).
Definisi Kerajinan Bangun Datar Sebaliknya … Kerajinan yang dibuat tanpa membentuk ruang dapat disebut sebagai Kerajinan Bangun Datar atau 2 Dimensi (hanya memiliki luas - panjang x lebar).

Selanjutnya … - kita dapat memanfaatkan bahan dari limbah untuk diubah menjadi bangun ruang, … maka jadilah sebagai Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun ruang.
- dari aneka bahan limbah yang ada, kita diuntungkan ada bahan limbah yang memang sudah memiliki bangun ruang, semacam tabung, kubus, bola, dan sebagainya … contoh : botol,  batok, kardus, kaleng … sehingga masing masing bentuk dapat dimanfaatkan lebih cepat dalam menciptakan kerajin…

10 Jenis Kerajinan TEKSTIL – Arti, Contoh Produk & Fungsinya

BintangTop.com – Yuk Mari mengenal kerajinan Textil, Limbah tekstil, dan bahan serta fungsi produk hasil karya tekstil.
Indonesia dikenal sebagai negara penghasil karya tekstil yang cukup besar, dimana sebagian banyak telah diekspor setiap saat ke berbagai negara lain di dunia. Bidang tekstil sendiri telah berkembang tekniknya serta meningkat kebutuhannya dari waktu ke waktu.
Lalu apakah pengertian / definisi kerajinan tekstil dan Bahan tekstil ?
Kerajinan tekstil adalah Kegiatan dan ketrampilan dalam menghasilkan barang jadi yang berasal dari bahan serat, benang, maupun kain, dimana selanjutnya kita sebut sebagai bahan Textile.
Fungsi Kerajinan tekstil Sebelum kita bicara fungsinya, perlu kita ketahui dulu bahwa Kerajinan tekstil di negara kita, dalam segi produksinya maka  dibedakan menjadi 2 Kategori :
1. Kerajinan tekstil Modern kerajinan ini adalah Hasil karya mesin mesin modern sehingga produksinya menjadi jauh lebih cepat dengan jumlah yang banyak pula. Fungsinya tentu sebagai sand…