Skip to main content

Cara Bikin KESET dari KAOS Bekas (Versi 2) – Type Bludru

Setelah pada artikel terdahulu saya menulis tentang Tutorial Membuat Keset Warna Warni dari kaos Bekas - TANPA Jahitan
kali ini adalah sharing Cara Bikin Keset dari tali kaos bekas Versi 2 dengan model yang lebuh unik dan yahud yaitu model bludru atau rumbai-rumbai yang menggemaskan :)
namun pada versi ini para sobat BintangTop.com di tuntut untuk menjahit. Jadi … bagi yang tidak memiliki mesin jahit saya kira pembuatan keset model ini akan memboroskan cukup waktu.

Sebelum meneruskan membaca Tutorial bikin keset ini
Sobat harus sudah membaca Link Artikel sebelumnya Tentang … Mengubah Kaos bekas menjadi bahanBerharga … 

Disitu sobat akan tahu cara membuat bahan TALI yang berasal dari kaos bekas, dimana bahan tali tersebut dapat di manfaatkan untuk berbagai keperluan dan kerajinan, salah satunya adalah untuk bahan pembuatan keset.

Bikin Keset Bludru Unik dari Kaos Bekas
Barang dan Bahan :
a. Tali kaos - secukupnya
(tali kaos lebar 2,5 cm sebelum di regang) yang belum tahu caranya silakan baca cara bikin Bahan tali kaos – melalui via link diatas.
b. Gunting
c. Isolasi kecil
d. kain bekas (sebaiknya agak tebal), selebar 30 cm x panjang 50 cm – sebagai alas dasar keset.
d. Mesin jahit.

Cara Bikin KESET dari KAOS Bekas (Versi 2) – Type BludruCara Membuat keset Bludru Keren bagus Bikin Gemas

 1. Siapkan Tali Kaos,
Potonglah dalam jumlah yang banyak dengan panjang 10 cm, untuk mempercepat waktu – lipatlah tali kaos beberapa kali agar dapat digunting secara bersamaan.

2. Siapakan kain alas dasar keset.
Lipat kedalam sekitar 1 cm - bagian pinggir kain sekelilingnya untuk dijahit, sehingga semua sisi alas keset ini akan menjadi lebih kaku/kuat.

3. kumpulkan sejumlah potongan tali kaos 10 cm tadi, buat berjajar rapat untuk direkatkan pada 2 helai isolasi secara memanjang.
Tips isolasi ini di gunakan untuk mempercepat proses penjahitan tali kaos pada alas keset.

pengumpulan tali kaos sebelum dijahit

4. Letakkan jajaran tali kaos yang di rekat isolasi tadi pada alas keset untuk di jahit diatasnya.
Perhatikan bahwa …
- Penjahitan di lakukan pada bagian tengah tali kaos 10 cm.
- Penjahitan dilakukan dalam bentuk barisan / berderet dari atas ke bawah, jarak antar baris adalah 3 cm dan maximum 4 cm.
Jika jarak barisan terlalu jauh, maka nanti hasilnya menjadi longgar-longgar dan kurang bagus.

penjahitan tali kaos pada alas keset

5 Setelah semua sudah dipenuhi oleh barisan jahitan tali kaos, maka keset sudah terbentuk sempurna, dengan hasil yang menawan dan bisa langsung siap digunakan.

Pics : CD & A
Cara Membuat keset Bludru Keren bagus Bikin Gemas


Kini … ruang rumah para sobat BintangTop.com menjadi lebih keren dengan bertambahnya keset unik kreatif bikinan hasil karya sendiri ^_^ 
- bahkan bisa di jual dengan keuntungan yang cukup banyak, mengingat di pasaran keset jenis ini harganya pada mahal.karena cara bikinnya yang agak repot namun hasilnya menawan.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajinan Non Benda – Arti & Contoh – Inspirasi Budaya lokal

BintangTop.com - Yuk mari mengenal Kerajinan non benda beserta contoh contohnya ... Berdasarkan Wujudnya, Kebudayaan bisa di kelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu Kebudayaan Benda / material dan Kebudayaan Non Benda (non material). 2 kebudayaan tersebut sebenarnya bermuasal dari 3 hal yaitu : Ide, Aksi, dan Hasil karya.
Sebelum kita bahas tentang Kerajinan Non Benda, maka ada baiknya kita perlu tahu terlebih dahulu tentang definisi dan perbedaan dari 2 Kebudayaan diatas :
a. Kebudayaan Benda / Material yaitu Kebudayaan yang berdasarkan atas hasil karya dalam bentuk material konkrit / benda nyata. Contoh tradisionil : Rumah adat, pakaian suku, kerajinan tangan etnis, dan sebagainya. Contoh kebudayaan benda modern : robot, handphone, senapan, dan lainnya.
(musik angklung sebagai budaya non benda dari Indonesia yang mendunia, konser angklung dengan recor piluhan ribu peserta beberapa kali diadakan di negara lain, seperti Amerika dan Australia)
b. Kebudayaan Non Benda / Tak Benda adalah ke…

Definisi & Contoh Kerajinan Bangun Ruang dari Bahan Limbah

BintangTop.com – Kerajinan Bangun Ruang sangat menarik untuk dibahas, karena bentuknya yang unik, nilai seninya yang apik, nilai jual yang lebih tinggi, dan manfaatnya tentu jauh lebih baik.
Definisi Kerajinan Bangun Ruang yaitu … Hasil karya yang dibuat dari suatu bahan dengan membentuk Ruangan 3 Dimensi (memiliki volume - panjang, lebar, dan tinggi/tebal).
Definisi Kerajinan Bangun Datar Sebaliknya … Kerajinan yang dibuat tanpa membentuk ruang dapat disebut sebagai Kerajinan Bangun Datar atau 2 Dimensi (hanya memiliki luas - panjang x lebar).

Selanjutnya … - kita dapat memanfaatkan bahan dari limbah untuk diubah menjadi bangun ruang, … maka jadilah sebagai Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun ruang.
- dari aneka bahan limbah yang ada, kita diuntungkan ada bahan limbah yang memang sudah memiliki bangun ruang, semacam tabung, kubus, bola, dan sebagainya … contoh : botol,  batok, kardus, kaleng … sehingga masing masing bentuk dapat dimanfaatkan lebih cepat dalam menciptakan kerajin…

10 Jenis Kerajinan TEKSTIL – Arti, Contoh Produk & Fungsinya

BintangTop.com – Yuk Mari mengenal kerajinan Textil, Limbah tekstil, dan bahan serta fungsi produk hasil karya tekstil.
Indonesia dikenal sebagai negara penghasil karya tekstil yang cukup besar, dimana sebagian banyak telah diekspor setiap saat ke berbagai negara lain di dunia. Bidang tekstil sendiri telah berkembang tekniknya serta meningkat kebutuhannya dari waktu ke waktu.
Lalu apakah pengertian / definisi kerajinan tekstil dan Bahan tekstil ?
Kerajinan tekstil adalah Kegiatan dan ketrampilan dalam menghasilkan barang jadi yang berasal dari bahan serat, benang, maupun kain, dimana selanjutnya kita sebut sebagai bahan Textile.
Fungsi Kerajinan tekstil Sebelum kita bicara fungsinya, perlu kita ketahui dulu bahwa Kerajinan tekstil di negara kita, dalam segi produksinya maka  dibedakan menjadi 2 Kategori :
1. Kerajinan tekstil Modern kerajinan ini adalah Hasil karya mesin mesin modern sehingga produksinya menjadi jauh lebih cepat dengan jumlah yang banyak pula. Fungsinya tentu sebagai sand…