Skip to main content

Cara Membuat PENA BUNGA dari Isolasi Lakban – KREASI KEREN

Jumpa lagi Sob dalam series DIY. Do It Yourself – Kerjakan Sendiri aneka kreasi unik keren kreatif, ini adalah artikel saya ke sebelas dalam seni kreasi isolasi lakban.
Silakan Cari / Search kreasi lainnya pada kotak pencarian yang terdapat pada halaman web ini, dengan mengetikkan kata “lakban” atau kata lainnya yang ingin kalian cari.

Now … Kita akan …
Berkreasi Membuat Pena Bunga atau Pulpen Mawar dari Isolasi lakban

Jadikan Pulpen sobat - unik menarik, keren kreatif, tambah semangat dalam menulis ...
Caranya cukup mudah, silakan para sobat BintangTop.com baca dengan seksama, sebab jika ada yang kelewatan maka hasilnya malah membingungkan ^_^

Sediakan Barang :
a. Gunting
b. Lakban – 2 roll (dengan warna yang berbeda)
misalnya merah dan biru, hijau dan putih, atau ungu dan coklat.
c. penggaris

bikin pulpen bunga unik kreatif 2 warna


Step by Step - Cara bikin pulpen / Pena Bunga mawar – keren :

1. Bungkus dulu badan pulpen sobat dengan isolasi lakban, lebih oke dengan warna hijau biar nanti seperti tangkai bunga betulan :)
Siapkan 2 lakban dengan warna berbeda … (Bisa 1 warna, misalnya merah saja, namun menurut saya warna kombinasi lebih oke).

gulung badan pulpen dgn lakban

Sekarang, potonglah dari ke dua lakban tersebut bentuk kotak sama sisi, masing-masing warna = 8 buah, berarti totalnya 16 lembar.
Misalnya lakban yang saya punya lebarnya 5cm, maka tinggal potong saja sepanjang 5 cm juga, hasilnya menjadi lembar lakban ukuran kotak 5cm x 5cm.

lipat lembar lakban kotak jadi segi 3

2. Tempelkan 16 buah potongan lakban bentuk kotak sama sisi tersebut pada meja atau kaca untuk sekedar mudah mengambilnya.
Lalu … ambil satu persatu, dimana masingmasing dilipat 2x sehingga menjadi bentuk segitiga.
Perhatikan betul cara melipat pada gambar dibawah, agar tidak membingungkan nantinya, terdapat sisa sekitar 1,5 cm yang tidak tertutup oleh lipatan, ini nantinya yang dipakai untuk direkatkan pada pulpen.

sisakan bagian tidak tertutup lipatan

3. Dari setiap lembar lakban segitiga tersebut, kita tempelkan satu per satu pada pangkal bagian atas pulpen, perhatikan cara menempel, segitiganya berada pada posisi atas.
Lilitkan / rekatkan lakban segitiga pertama, lanjutkan dengan merekatkan lembaran kedua secara arah berlawanan (180 derajat). Lihat contoh gambar.

tempelkan isolasi pada pangkal atas pena

4.  Perhatikan Urutan penempelan lakban segitiga …
Misalnya … Penempelan 4 buah lakban pertama berwarna ungu, dilanjutkan 4 buah lakban berwarna coklat, 4 buah warna ungu lagi, dan terakhir 4 buah warna coklat lagi. Total 16 lembar lakban segi 3 telah di rekatkan melingkar pada pangkal pulpen bagian atas.

Cara Membuat PENA BUNGA dari Isolasi Lakban – KREASI KERENJadi …
Bunga ini terdiri dari 4 layer, dan warnanya di buat bergantian saat pemasangannya.

5. Keren Pool …
Pena Bunga telah jadi, menambah keindahan pulpen menjadi unik dan menyenangkan, parasobat BintangTop.com dapat menghadiahkannya pada anak-anak, biar makin semangat menulis buat adik-adik yang masih sekolah. Atau hadiahkan pada cewek, biar semangat saat kuliah :)


Silakan bagikan halaman ini pada sobat kalian, via icon sharing ^_^ 

Comments

Popular posts from this blog

Kerajinan Non Benda – Arti & Contoh – Inspirasi Budaya lokal

BintangTop.com - Yuk mari mengenal Kerajinan non benda beserta contoh contohnya ... Berdasarkan Wujudnya, Kebudayaan bisa di kelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu Kebudayaan Benda / material dan Kebudayaan Non Benda (non material). 2 kebudayaan tersebut sebenarnya bermuasal dari 3 hal yaitu : Ide, Aksi, dan Hasil karya.
Sebelum kita bahas tentang Kerajinan Non Benda, maka ada baiknya kita perlu tahu terlebih dahulu tentang definisi dan perbedaan dari 2 Kebudayaan diatas :
a. Kebudayaan Benda / Material yaitu Kebudayaan yang berdasarkan atas hasil karya dalam bentuk material konkrit / benda nyata. Contoh tradisionil : Rumah adat, pakaian suku, kerajinan tangan etnis, dan sebagainya. Contoh kebudayaan benda modern : robot, handphone, senapan, dan lainnya.
(musik angklung sebagai budaya non benda dari Indonesia yang mendunia, konser angklung dengan recor piluhan ribu peserta beberapa kali diadakan di negara lain, seperti Amerika dan Australia)
b. Kebudayaan Non Benda / Tak Benda adalah ke…

Definisi & Contoh Kerajinan Bangun Ruang dari Bahan Limbah

BintangTop.com – Kerajinan Bangun Ruang sangat menarik untuk dibahas, karena bentuknya yang unik, nilai seninya yang apik, nilai jual yang lebih tinggi, dan manfaatnya tentu jauh lebih baik.
Definisi Kerajinan Bangun Ruang yaitu … Hasil karya yang dibuat dari suatu bahan dengan membentuk Ruangan 3 Dimensi (memiliki volume - panjang, lebar, dan tinggi/tebal).
Definisi Kerajinan Bangun Datar Sebaliknya … Kerajinan yang dibuat tanpa membentuk ruang dapat disebut sebagai Kerajinan Bangun Datar atau 2 Dimensi (hanya memiliki luas - panjang x lebar).

Selanjutnya … - kita dapat memanfaatkan bahan dari limbah untuk diubah menjadi bangun ruang, … maka jadilah sebagai Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun ruang.
- dari aneka bahan limbah yang ada, kita diuntungkan ada bahan limbah yang memang sudah memiliki bangun ruang, semacam tabung, kubus, bola, dan sebagainya … contoh : botol,  batok, kardus, kaleng … sehingga masing masing bentuk dapat dimanfaatkan lebih cepat dalam menciptakan kerajin…

10 Jenis Kerajinan TEKSTIL – Arti, Contoh Produk & Fungsinya

BintangTop.com – Yuk Mari mengenal kerajinan Textil, Limbah tekstil, dan bahan serta fungsi produk hasil karya tekstil.
Indonesia dikenal sebagai negara penghasil karya tekstil yang cukup besar, dimana sebagian banyak telah diekspor setiap saat ke berbagai negara lain di dunia. Bidang tekstil sendiri telah berkembang tekniknya serta meningkat kebutuhannya dari waktu ke waktu.
Lalu apakah pengertian / definisi kerajinan tekstil dan Bahan tekstil ?
Kerajinan tekstil adalah Kegiatan dan ketrampilan dalam menghasilkan barang jadi yang berasal dari bahan serat, benang, maupun kain, dimana selanjutnya kita sebut sebagai bahan Textile.
Fungsi Kerajinan tekstil Sebelum kita bicara fungsinya, perlu kita ketahui dulu bahwa Kerajinan tekstil di negara kita, dalam segi produksinya maka  dibedakan menjadi 2 Kategori :
1. Kerajinan tekstil Modern kerajinan ini adalah Hasil karya mesin mesin modern sehingga produksinya menjadi jauh lebih cepat dengan jumlah yang banyak pula. Fungsinya tentu sebagai sand…