Belajar dari Singapore – Kisah Nyata Pengusaha kaya VS Dinas Kebersihan Kota

2 comments:
Coba bayangin Sob … Sejak SD, SMP, hingga SMA, kita sudah biasa mendapat pelajaran tentang Membuang Sampah di tempatnya, Bahaya banjir akibat buang sampah sembarangan, dan lainnya …

Namun … Sering saya terheran-heran setiap melihat orang – orang yang seenaknya buang sampah di sungai, buang sampah melalui jendela mobilnya yang bagus ataupun buang botol minuman tinggal lempar seenaknya - terlihat Tak pantas dengan pakaian mereka yang perlente …

Sayangnya umumnya orang juga membiarkan anak-anaknya tidak pernah diajari untuk membuang sampah yang benar, DLL yang kesemuanya dapat merusak keindahan lingkungan.

Pertanyannya … Apakah pelajaran sekolah tentang lingkungan - dari SD sampai Kuliah selama ini tak pernah merasuk dalam jiwa manusia ?? jika hal sepele saja sulit memahami dan mempraktekkannya  … bagaimana dengan pelajaran lainnya ???

Belajar dari Singapore – Kisah Nyata Pengusaha kaya VS Dinas Kebersihan Kota
Sungai apa Lautan Sampah ?
Saya ingat sejak kecilpun sudah ada yang namanya Hukuman denda atau Kurungan bagi orang yang membuang sampah sembarangan …
NAMUN… sobat pasti sudah mengira bukan …
Semuanya tidak berguna karena tidak pernah diterapkan dengan konsekuen dan tegas.
Sehingga jadilah orang-orang indonesia kebanyakan tidak menghargai kebersihan dan keindahan lingkungannya sendiri …

Berikut adalah pelajaran yang berharga dari negara terbersih Singapura
dimana sobat tentu tahu akan penduduknya yang tertib dan benar-benar menjunjung tinggi kebersihan dan keindahan lingkungan.

Kisah nyata ini didapatkan dari kakak pada saat ia berwisata di negeri singa tersebut …
Saya kira cerita nyata ini sangat baik untuk diterapkan di Indonesia tercinta kita demi membentuk manusia yang lebih mencintai lingkungan dan bertanggung jawab …

Pada suatu hari seorang pengusaha kaya berjalan-jalan dan kemudian membuang sampah sembarangan di jalan … ow ini Singapore bung … usut diusut si orang tersebut ditilang dan … tanpa rasa susah sedikitpun dia membayar itu denda.

Hari berlalu … si orang kaya ini mengulangi membuang sampah sembarangan dan ada yang mengetahui … maka si orang inipun di denda dengan nominal uang yang lebih besar … dan Ow … gak masalah pikir orang ini … orang kaya dong …

Di hari lain di tempat lain … ternyata si orang ini lagi-lagi melakukan hal yang sama, kok kagak kapok juga ya ??? pikir dinas kebersihan kota … kalo gitu denda jauh lebih besar agar tidak bisa membayar dan diganti kurungan penjara … biar kapok lombok.
Dan Ow… ternyata denda tetap bisa dibayar dengan enteng oleh pengusaha yang memang kaya raya ini…

Akhirnya dinas kebersiahan kota mulai menyerah dan memutar otak bagaimana caranya jika nanti banyak orang kaya yang seperti ini dan melanggar ketertiban kota seenaknya karena uang tidak masalah bagi mereka …

Dan tahukah sobat inilah denda terakhir yang akhirnya di terima oleh si orang kaya tadi dan dia tidak pernah mengulangi lagi,  yaitu …

Yess.. pada pelanggaran ke 4 … si orang kaya tidak diwajibkan lagi membayar denda uang … melainkan diwajibkan bekerja sebagai Petugas Kebersihan kota selama Full seminggu yang bertugas di comberan dan terjun di gorong-gorong … yang penuh sampah ,,, penuh bau … dan … uwekkksss … blepp .. blep..

Check Mat … akhirnya Tobat nih orang … :)

Bagaimana pendapat kalian sob …?? ampuh kan denda yang satu ini …?? tidak perlu denda uang atau kekerasan atau penjara ...
Kiranya cocok untuk diberlakukan di negara kita … terutama jakarta dan kota lainnya ?? dimana sungai-sungai besar juga penuh dengan sampah ….. Peace

Semoga Negara kita kedepan menjadi negara bersih dan indah baik lingkungannya … juga SDM nya …

Tips untuk Muslimah – 7 Cara Tidak Mudah Gerah Meski Berjilbab

4 comments:
BintangTop.com - Buat para Hijaber, Kadang Gerah (bhs jawa : sumuk) tidak lepas dari diri kita yang selalu memakai jilbab saat di luar rumah, baik itu sekolah, kuliah atau yang bekerja.
Termasuk saya sendiri ^_^ meskipun sudah terbiasa berkerudung, tapi yang namanya cuaca panas tentu tak bisa dihindarkan.

Berikut adalah 7 Tips Meminimalisir Gerah Saat Beraktifitas dan Berjilbab :

1. Gunkaan Material Hijab yang Tepat
Untuk cuaca panas, gunakan jilbab berbahan lebih tipis asal tidak terawang kelihatan rambutnya, pastikan mudah menyerap keringat, sehingga kemudian keringat itu akan kering sendiri saat kain terkena udara. misalnya bahan kaos / katun, jenis thai silk, dan chiffon crepe.

Untuk acara malam, baru silakan jika mau memakai gunakan jilbab yang berbahan lebih tebal, bahkan ada yang memakai jilbab kombinasi yang terdiri dari 4 helai kerudung jadi satu ^_^, tidak masalah jika kegiatannya di ruang AC misalnya.

Tips untuk Muslimah – 7 Cara Tidak Mudah Gerah Meski Berjilbab2. Miliki Kipas Lipat dan Tissue
Ini senjata ibuku yang dapat-dibawa kemana-mana dan menjadi penolong disaat gerah / sumuk di luar ruangan, beli kipas yang dapat dilipat menjadi kecil sehingga dapat dimasukkan tas bahkan dompet wanita sekalipun.

3. Jangan Memakai Jilbab Sebelum Rambut Kering
Berjilbab dengan rambut keadaan kering sempurna, lebih menjamin pula kesehatan rambut dan tidak mudah ketombean yang menjadi biang kerontokan.
Jika rambut masih ada sedikit basah terus mengenakan jilbab, maka memicu kelembaban di kepala dan menjadikan mudah gerah saat keadaan panas teruatama diluar ruangan.

Sehabis cuci rambut, jangan memakai handuk dengan menggosok-gosok ke kepala, hal ini menjadikan rambut kusut sehingga lebih lama keringnya, yang benar … tempelkan handuk pada kepala, bungkus rambut dengan handuk lalu gerakkan lembut handuk kebawah sampai dengan ujung rambut, sehingga rambut bisa cepat kering tanpa kusut.
Setelah rambut tampak mamel / lembab, barulah dapat di keringkan lebih sempurna dengan hair dryer.

4. Berhenti Sejenak di setiap aktivitas
Aktifitas apapun baik itu melibatkan aktivitas fisik (misalnya memasak, berjalan) ataupun aktivitas pikiran (misalnya membaca dan berhitung) sediakan waktu sejenak berhenti agar tubuh kembali relax, pikiran yang berkelanjutan tegang / spanneng juga membuat tubuh lebih mudah bercucuran keringat.

5. Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung
Saat diluar ruangan lindungi tubuh dan kepala dari paparan sinar matahari karena efeknya cukup cepat membuat suhu tubuh menjadi naik. Silakan gunakan topi lebar bila perlu payung saat beraktifitas di jalan.
Tidak perlu malu pakai payung … kita kan Cewek ^_^
kalau cowok pakai payung ?? gak masalah juga asalkan PD :)

6. Berwudlu
Jangan menunda waktu shalat karena aktifitas yang gak selesai-selesai, sentuhan air wudhu akan kembali merangsang pendinginan suhu tubuh lebih cepat.
usahakan menyisir rambut sehabis shalat agar rambut terjaga dari kusut sekaligus melancarkan peredaran darah di kepala dan membuat rambut tidak mudah lembab sehingga lebih terhindar dari Gerah.
Bila tidak ingin berwudlu sebab belum masuk waktunya shalat dan sedang kegerahan … basuh saja  tangan, wajah,  terutama kalau bisa kaki … untuk membantu penurunan suhu tubuh.

7.  Tidak sedang di luar, Tapi tetap kepanasan juga ?
Karena cuaca yang panas, Ruangan tidak ber AC, mengandalkan kipas angin tetap kepanasan juga …
Ya udah  … coba aja bikin sendiri - AC Portable … Cara pembuatannya juga relatif mudah.

Pernah di posting di sini … 

5 Metode Terbaik mewujudkan keinginan Anda - Tentukan Tujuan dan Targetkan Setiap Tahun

3 comments:
BintangTop.com - Sudahkah sobat Memutuskan tujuan hingga 1 tahun ke depan ? Bila tidak … maka sobat seperti naik motor yang ngalor ngidul tanpa tujuan, semuanya menjadi tidak effektif dan tidak effisien.

Seperti misalnya kita saat pagi memiliki tujuan menuju kampus, maka kita sudah menentukan jalan mana yang akan diambil, dimulai dari jalan A, selanjutnya kita mentargetkan harus sampai di jalan B jam sekian, bila tidak berarti kita harus lebih ngebut saat di jalan C, 

Berlanjut ke jalan D diperkirakan harus nyampe jam sekian sebab jika tidak maka pasti terlambat , saat di jalan kita juga perlu tahu bila jalan C macet maka jalan alternatif C2 atau jalan C3 bisa diambil … yang penting sampai tujuan Kampus dan tepat waktu tidak di omeli dosen ^_^.

Yes … Semua yang kita lakukan di dunia ini di perlukan tujuan atau kita hanya akan banyak membuang waktu, ngalor ngidul, dan finalnya dapat muncul penyesalan ketika waktu telah begitu banyak berjalan dan tidak ada ceritanya waktu terulang kembali.

Resolusi Tahun Baru

Lalu Bagaiman Cara Penerapannya ? …

1. Tentukan Tujuan Besarnya
Setidaknya setiap manusia memiliki tujuan terbesar yaitu bahagia di dunia dan di akhirat, Sekarang marilah kita perkecil satu tujuan besar tersebut menjadi kecil-kecil agar dapat di capai secara bertahap.
Seperti halnya kita sampai tujuan kampus diatas tidak dapat dicapai tanpa melewati proses jalan A, jalan B, dst.
Seperti halnya Sobat mampu berlari 5 km tanpa henti, juga dimulai dari berlatih lari 1 km, 2km di pertengahan bulan, 3 km di bulan depan dan akhirnya tercapai target 5km tanpa henti di bulan ke 3.

2. Tuliskan cara Apa yang Dibutuhkan
Setiap orang akan memiliki cara berbeda-beda dalam menginginkan kebahagiaannya, seseorang bisa bercita-cita menjadi tentara sementara orang lain menganggapnya sebagai hidup yang susah, ini artinya dengan cara apa selama itu adalah cita-cita kalian yang dapat membahagiakan, maka kita patut menggapainya.

3. Tentukan Masa Pencapaian Tujuan
Masing-masing tujuan yang akan dicapai membutuhkan waktu yang berbeda-beda, misalnya tulis tujuan dan target sobat dalam buku catatan penting seperti ini …

A. Lulus kuliah tahun 2017 - targetnya harus menyelesaikan sekian banyak sks dan praktikum.
B. Ingin memiliki mobil 5 tahun lagi … targetnya punya tabungan uang muka sekian rupiah per bulan bulan berapa.
C. Ingin hafadz Alquran dalam 30 bulan … targetnya setiap bulan harus hafadz 1 juz.
D. ingin menikah tahun berapa ? , target mana yang di incar, apa sudah kenalan ? ^_^
D. Ingin memiliki perut six pack dalam 6 bulan bagi yang cowok ^_^
Dan lain-lain, semua keinginan dapat di tulis bersamaan.

5 Metode Terbaik mewujudkan keinginan Anda - Tentukan Tujuan dan Targetkan Setiap Tahun

4. Persempit Menjadi Target Tahunan dan Bulanan
Dari contoh diatas dapat dilihat beberapa tujuan memerlukan waktu beberapa tahun, maka kita perkecil menjadi target setiap tahun atau setiap bulan harus bagaimana, dimana kalau target tahun tersebut agak terlambat maka dapat kita kejar di tahun berikutnya … seperti halnya saya menggambarkan dengan berangkat ke kampus diatas.

So … Buat para sobat yang muslim dapat segera membuat rencana tujuan dan targetnya sekarang juga di tahun baru islam Hijriyah ini, atau silakan dibuat setiap tahun baru masehi 1 januari juga silakan …

5. Tulis dalam Buku penting
Evaluasi setiap target sesuai waktu yang telah kita tentukan, misalnya pada bulan ini harusnya begini atau pada tahun itu harusnya sudah begitu.
Jadikan ini seperti proyek pribadi, dan ingatlah tidak ada proyek dimanapun di dunia ini yang dibangun tanpa schedule.

* Hal ini sudah saya praktekkan, dari pengalaman yang dapat saya sampaikan adalah … sering hal yang terasa berat dan tidak mungkin tercapai sesuai targetnya … ternyata berhasil di wujudkan pas dengan tahun yang ditargetkan.

Mengapa hal ini dapat terjadi ?
Ternyata … karena sebuah tujuan dan target akan memaksa diri kita hingga ke alam bawah sadar untuk berupaya dengan setiap kesungguhan dan setiap semangat yang lebih tinggi untuk mewujudkannya dan muncullah ide-ide untuk proses pencapaiannya. Kemudian tinggal berdoa dan Percayalah … Temen Tinemu, Allah akan memudahkan jalannya.

Bila para sobat tidak memiliki rencana - target dan tujuan, Lalu apa yang harus dikerjakan ? … maka bersiap-siaplah terbengkalai dalam menggapai setiap keinginan maupun cita-cita.

Demikian sharing saya … Tentukan Tujuan Anda – Targetkan lebih Baik di Tahun Depan – Metode Terbaik mewujudkan keinginan …

Dan Selamat tahun baru islam 1 Muharrom … Semoga Menjadi lebih baik di Tahun depan .. Aamiin

Baca Juga ... 
Resolusi Tahun Baru dalam bidang KESEHATAN (indosister.com)

Dalam Hal Keuangan - Anda Semua Belum Dewasa Bahkan Seumur Hidup Kekanak-kanakan – Bagaimana Mengubahnya

2 comments:
BintangTop.com - Tak disangka, Sebenarnya kita dewasa secara fisik namun faktanya Anda tetap masih menjadi anak kecil dan kekanak-kanakan bahkan semur hidup dalam bidang finansial.

Kita tercetak sejak kecil sesuai apa arahan yang diberikan oleh ayah dan ibu kita. Dan menjadi apa kelak … tidak lepas dari arahan keluarga dan pengaruh lingkungan dimana kita hidup. Tapi sayangnya … hanya segelintir orang tua yang memahami tentang mengarahkan anak agar kelak bisa dewasa dalam hal keuangan, karena uang tidak pernah lepas dalam kehidupan.

Berikut adalah  hal umum dan lumrah yang dilakukan orang tua kepada anaknya dan ternyata ini akan terbawa hingga dewasa bahkan seumur hidup manusia :

1. Saat anak-anak menginginkan sesuatu … ia akan minta dibelikan segera dan secepatnya, menangis bila ditunda atau tidak dituruti, bila keinginan itu sangat kuat maka bila perlu sambil berguling-guling di tanah dan memukul ibunya, umumnya orang tua selalu lebih sering memenuhi permintaan anak karena rasa sayang yang dimikinya.

- Dalam dunia anak … Pingin apapun = Tinggal minta.
- Tidak keturutan – menangis bila perlu bikin ribut.

Setelah besar …
Dunia sudah berubah, tanggung jawab dan beban hidup kini berada di pundaknya sendiri.
karena keadaan tersebut diatas sudah terbawa sejak kecil, menjadikan manusia umumnya …
- Lebih sulit bersabar / sulit tekun dalam memperjuangakan sesuatu.
- Mudah menyerah setiap menemukan kendala yang lebih besar.
- Dalam efek yang lebih buruk … melakukan tindakan kriminal sebagai cara cepat tuk memenuhi keinginannya.

2. Saat anak-anak diberi uang oleh siapapun … hal yang pertama dipikirkan adalah KESENANGAN… dengan cara berpikir … Mau dibelikan apa ya ?
- Dalam dunia anak … Uang = Kesenangan = Dibelanjakan / Dikeluarkan untuk mendapat kesenangan.

Setelah besar …
Setiap dia mendapat uang entah gaji dari hasil bekerja, entah uang dari mana …
Alam bawah sadar otomatis berusaha mencari KESENANGAN apa yang dapat diperoleh dari uang tersebut …
Beli baju baru? Ada mode baru loo, pingin rekreasi lagi bete nih, jalan-jalan di Mall ah…, makan-makan yuk, uangnya kurang nih .. acara apa ya yang lebih murah ? …
Dan lain sebagainya …

 Cling … bayangkan tiba-tiba anda muncul di dalam sebuah super market, terus di saku anda ternyata ada uang … di jamin … hal pertama yang dipikirkan adalah … Beli apa ya enaknya, sebenarnya tidak sedang memerlukan apa-apa … tapi coba lihat dulu siapa tahu ada yang tertarik bisa di beli nih.

Yes … Tidak ada yang berubah dari karekter saat dia masih anak-anak hingga dewasa … bahkan seumur hidupnya …


 - - - Lalu apa yang harus di ubah ? - - -
Kini saatnya Merubah Pola pikir …

1. Buat kita semua yang sudah terlanjur besar / dewasa …
- Ubah pola pikir mencari Kesenangan dengan mengeluarkan uang menjadi … Senang jika uangnya di simpan / di Tabung.
Berusahalah selalu lebih senang bila uang di masukkan tabungan daripada uang di belanjakan untuk memenuhi kesenangan.

2. Buat orang tua …
Inilah cara efektif untuk mengajarkan anak … bahwa menginginkan sesuatu itu membutuhkan proses dan waktu, tidak semuanya mudah di dunia ini, ada banyak rintangan setalah besar nanti untuk mendapatkan segala hal yang di inginkan dan menabung adalah salah satu cara untuk mencapainya.

Saatnya memahami dan mulai mengajari anak-anak agar memperoleh kesenangan dengan menabung uang daripada memperoleh kesenangan dengan membelanjakan semua uang.
Jangan melihat nominalnya sehingga merasa tidak telaten dengan hasil tabungan yang dikumpulkan, ini bukan tentang mengumpulkan uang banyak … ini tentang membentuk rasa senang yang dapat diperoleh dengan cara menyimpan uang bukan dengan mengeluarkannya.

Ajarkan anak sejak TK senang menyisihkan meski hanya Rp 500 dari uang 2000 rupiah uang saku sekolahnya. Ajarkan anak senang menyisihkan Rp 1000 saat dia mendapat uang dari neneknya 5000 rupiah misalnya dan Tidak harus setiap hari.
Catat dalam buku kecil sebagai buku tabungan si anak, untuk yang uang sakunya lebih besar bila perlu buka tabungan yunior di bank sehingga sia anak memegang langsung buku tabungan resmi dan bisa melihat angka uang yang dia kumpulkan.
Inilah cara efektif menanamkan pola pikir … kesenangan bisa didapat dengan menyimpan uang, bukan hanya dengan selalu mengeluarkannya.

Setiap periode tertentu dimana uang sudah terkumpul banyak, tawarkan anak untuk membeli sesuatu yang dia inginkan dan belum pernah kita belikan, bisa jadi kita menambah sedikit uang bila memang kurang dan jaga agar tabungan tidak sampai habis total.

Demikian sharing BintangTop.Com tentang … Jangan Menjadi anak kecil seumur hidup dalam hal keuangan - bagaimana berubah menjadi dewasa secara finansial.

Silakan Share agar bermanfaat bagi yang lain 

7 Kemampuan Emergency yang Harus Dikuasai Cowok - Pria Sejati

1 comment:
Bagi kalian yang menganggap dirinya Cowok Sejati, selayaknya harus bisa menguasai beberapa kemampuan berikut …
Dimana yang namanya pria setidaknya memang harus punya kelebihan tertentu dibanding wanita semisal dalam keadaan darurat / emergency ataupun bahaya, pria harus bisa melindungi atau setidaknya lebih aktif beraksi dibanding cewek / wanita.

Kita yang cewek tidak menuntut cowok seperti super hero atau superman, namun setidaknya ...

Inilah diantara 10 kemampuan penting yang harus Pria miliki :

7 Kemampuan Emergency yang Harus Dikuasai Cowok / Pria1. Mengendarai mobil transmisi manual
Jangan beralasan tidak punya mobil, saya meskipun cewek … saat belum ada mobil juga ikutan kursus mengemudi. Ternyata murah kok kursusnya, terus hanya dengan 8 pertemuan sudah bisa tuch, tinggal untuk mahirnya tergantung sering pakainya.
Dengan kemampuan mengemudi para sobat bisa menjadi penolong disaat si sopir ada apa-apa di jalan ketika keluar bersama atau keadaan lainnya.
Masak nunut doank nih, gimana kalau ceweknya ada mobil, masak ceweknya yang nyopir … malu kan

2. Me repair kerusakan dalam rumah
Tidak semua kerusakan harus memanggil Tukang bangunan, selesaikan sendiri aneka kerusakan umum seperti memperbaiki kran rusak, mengganti saklar lampu tanpa keliru kabelnya, dan setidaknya harus bisa menyemen untuk menambal plester depan rumah yang lobang dan mau memperbaiki mainan anak.
Yes … Sobat cowok kini menjadi penolong dan pahlawan bagi ibu, atau istri dan anak bagi yang sudah keluarga.

3. Mengganti ban mobil
Sudah tidak bisa nyetir … tidak bisa ganti ban juga … waduh masa’ cewek yang suruh ganti tuh ban yang kempes dengan ban cadangan.
Caranya gampang, minta bantuan teman yang sudah punya mobil untuk sekali saja supaya tahu cara melepas ban mobil dengan peralatan yang ada, termasuk mendongkrak mobilnya, serta mengmbalikan ban tersebut ke posisi semula.

4. Dasar pertolongan pertama pada kecelakaan / P3K
Terutama cara menolong orang pingsan, tenggelam, dan patah kaki.
Jangan sampai ketika ada apa-apa di jalan … cowok merasa bego’ karena tidak bisa menolong apa-apa karena takut darah.

5. Menyalakan api tanpa korek
Kita tidak tahu apa yang terjadi pada hari esok, dalam keadaan tertentu manusia harus mampu bertahan hidup … misalnya saja nyasar di hutan atau di gunung atau dimana kek, kemudian diantaranya sobat harus berburu dan mampu menyalakan api tanpa korek, tidak mau kan makan hewan buruan mentah-mentah.
Bisa di pelajari di youtube, banyak video peragaannya.

6. Berenang tanpa alat bantu (Pelampung DLL)
Sangat berguna misalnya menolong teman yang terpeleset jatuh di kolam dalam misalnya, atau …
Jangan sampai saat naik perahu dan mendadak terbalik atau karam kalian tenggelam karna tidak bisa berenang bro.
Kuasai minimal 1 teknik berenang dan 1 teknik mengambang terlentang dengan sedikit gerakan, bila perlu kursus … agar selanjutnya sekali sobat bisa maka kemampuan tersebut akan permanent dan dapat digunakan setiap saat seumur hidup.
Teknik mengambang dengan terlentang sangat dibutuhkan untuk berenang jauh sebagai istirahat, kemampuan mengambang harus dengan sedikit gerakan untuk meminimalisir tenaga dan menghimpun tenaga untuk berenang kembali.

7. Bela Diri atau lari cepat 1 km tanpa henti
Setidaknya pernah ikut bela diri dan sparring, sehingga mengerti dasar-dasar membela diri dalam pertarungan sebenarnya.
Bila tidak … setidaknya sobat harus mampu berlari cepat tanpa henti sejauh minimal 1 km.
Kemampuan ini penting mengingat orang umumnya hanya kuat berlari cepat beberapa ratus meter saja selanjutnya pasti sudah tidak kuat dan ngos-ngosan. Kemampuan sobat dalam berlari cepat 1 km tanpa henti bisa membantu lolos dalam bahaya tertentu, misalnya lari dari penjahat, atau sebaliknya mengejar pencuri, lari menuju suatu tempat aman saat badai datang, Dsb.

Demikian sharing BintangTop.Com tentang 7 Kemampuan Emergency yang Harus Dikuasai Cowok / Pria

Note : Untuk no. 6 dan 7, alangkah lebih baik jika cewek juga bisa  …
Alhamdulillah sebagai cewek, setelah sering latihan saya sendiri bisa melakukannya (no.1,3 dan 7) yang no.6 masih proses belajar :)

Sekarang giliran kalian … Sob

Silakan Share agar bermanfaat bagi yang lain 

Tidak Ada Meteran - Gunakan Anggota Tubuhmu Sebagai Alat Ukur Cepat

1 comment:
BintangTop.com - Berapa kali para sobat membutuhkan pengukuran cepat, tapi tidak ada meteran ?
Ya … karena meteran bukan alat yang harus dibawa kemana-mana seperti halnya cermin bagi cewek atau korek bagi perokok, pena bagi anak sekolah dan lain-lain.

Ibarat tiada rotan akarpun jadi … kali ini … Tiada meteran anggota badan pun jadi …
Berikut adalah tips yang biasa saya pakai sejak kecil dimana tanpa meteran kita dapat melakukan pengukuran dengan cepat …

Tiada Meteran Anggota Badanpun Jadi 
Gunakan meteran dam Luangkan waktu mengukur tubuhmu cukup sekali , lalu manfaatkan semur hidup :

1. Mengukur ketinggian
 Sebagai cewek, tinggiku hanya 155 cm (pendek ya?)
Nah ini sudah jadi satu patokan untuk mengukur ketinggian sesuatu yang lain, sekarang sobat tinggal mencari tepatnya 1,5 mter itu dimana,misalnya tepat di dagu.
Kebetulan untuk aku pas tatapan mata ini adalah ketinggian 1.4 mtr.

Mengukur ketinggian 2 meter
Misalnya aku sdh pernah ukur temanku … untuk pas ketinggian 2 meter dia berdiri tegak lalu satu tangan dikepal diangkat tegak keatas, jarak antara lantai dan ujung kepalan tangannya adalah 2 mtr.

2. Mengukur level 1 meter
Umunya manusia tinggi pinggangnya adalah sekitar 1 meter, sekarang ukur dengan meteran tepatnya di titik mana 1 meter itu di pinggangmu.
Sekarang sobat sudah tahu level 1 meter kapanpun tanpa harus ada meteran.

3. Mengukur Panjang 1 meter
Sekarang ukur dengan meteran antara sisi pundakmu yang kiri sampai dengan ujung jari lengan kanan mu, kemudian cari tepatnya 1 meter itu dimana dengan cara menunjuk, atau melipat jari, atau dengan mengepalkan semua jari.
Siipp … sekarang sobat sudah punya alat ukur pribadi tanpa membawa meteran kapan pun dengan panjang 1 meter.

4. Mengukur lebar 20 cm, 40 cm, dan kelipatannya
Saatnya untuk ukuran pendek, coba bentangkan dua jari anda
Temukan ukuran tepatnya 20 cm itu di bentangan 2 jari yang mana … bisa jempol dengan telunjuk, bisa jempol dengan jentik (bahasa jawa : sak kil), atau lainnya tergantung masing-masing yang punya jari, kalau aku sendiri jari jempol dan dan jari tengah, kalau cowok yang umumnya tangannya lebih besar mungkin 20 cm itu ibu jari dengan telunjuk.
Taraatt,,, sekarang sobat sudah punya meteran pribadi berupa 2 jari untuk pengukuran dengan cepat dan mudah selebar 20 cm, artinya … jika membutuhkan pengukuran lebar 60 cm sobat tinggal mengalikan dengan cara menggeser 2 jari tersebut 3 kali.


Biasanya para sobat juga mengenal cara mengukur lebar penggang celana apa muat atau tidak dengan tangan bukan ? … dimana sikut dimasukkan ke lingkar pinggang celana kemudian ujung lainnya di paskan dengan titik di bagian telapak tangan dimana titik tersebut sudah dihapalkan dan berbeda-beda antar orang satu dengan orang lainnya.

Note :
A. Anggota tubuh diatas dapat menjadi alat ukur cepat setiap saat kapanpun dengan syarat sobat sudah tidak bertumbuh lagi. Jadi untuk anak-anak atau remaja yang masih bisa tumbuh tulangnya … cara diatas bersifat temporer dan harus diupdate lagi setelah tambah tinggi.
B. Karena bersifat pengukuran cepat setiap saat … maka sifatnya juga tidak terlalu presisi
Para sobat sendiri juga dapat mencari ukuran lain yang mungkin ingin ditambahkan, misalkan saja ukuran 50 cm itu antar ujung sikut dengan ujung jari, dan lain-lain maka …
Silakan Explore sendiri tubuhmu ya kawan …

Demikian tips Menggunakan Anggota Badan Sebagai Alat ukur cepat setiap saat
  
Silakan Share agar bermanfaat bagi yang lain 

Kenali Brownis Beracun – Bronis Daur Ulang kadaluarsa

3 comments:
Untunglah punya Tips membedakan Brownis yang aman dan yang beracun.
Lagi-lagi makanan yang aku suka tidak lolos dari kecurangan Produsen Roti yang menggoda dengan coklat lembut dan rasa yang nikmat.

Salah satu Produsen yang berbisnis Bronis daur ulang selama 3 tahun lebih berhasil di investigasi dan berikut adalah cara-cara curangnya dalam menipu semua orang sehingga tidak bisa mengenal sama sekali akan bahaya yang terdapat pada Roti Brownis buatannya.

1. Bronis BS dan jamuran di Sulap menjadi Bronis baru memikat hati
- Brownis kadaluarsa dan penuh jamur dia dapatkan dengan cara memesan pada pabrik / home industri roti, dimana bronis tersebut sudah akan dibuang.
Menurut pengakuannya, bisa mengumpulkan bronis ini beberapa kuintal setiap saat.

Kenali Brownis Beracun dan yang aman
Contoh bronis sehat
- Jamur kotor yang memenuhi bronis disikat dengan sikat gigi bekas agar lepas.
- Tambahan pengawet / Borax agar bronis lebih awet.
- Proses penambahan minyak jelantah, karena minyak yang baru harganya mahal.
- Proses penambahan  adonan coklat + Vanili agar permukaan luar kembali tampak baru dan rasa berubah enak kembali.

2. Bronis laris manis – dijual murah
Bronis buatannya ada yang dikukus ada pula yang dioven … bagian atas ditaburi keju.
Kemudian disebar olehnya ke banyak toko kue serta ke hampir 30 warung langganan, dapat di bayangkan bahwa roti bronis ini menyebar ke banyak tempat.
Brownis dijual lebih murah dari pasaran, hal ini menjadikan bronis lebih laku keras dibanding bronis yang aman karena lebih mahal.

Dengan cara-cara diatas pria tersebut dibantu istri nya dapat mengeruk keuntungan sampai dengan jutaan rupiah perbulan bahkan dapat memperkejakan sampai dengan 6 orang karyawan, para karyawan sendiri tidak tahu bahwa bronis yang dijual sebenarnya dari bronis BS, kadaluarsa dan banyak jamuran.

Dari 10 sampel yang dikumpulkan dari beberapa tempat secara acak dan di analisa dalam laboratorium UNPAS jurusan pangan , didapatkan 4 sampel positif mengandung pengawet berbahaya Borax serta microba yang melebihi ambang batas.

Agar terhindar dari Bronis daur ulang berbahaya tersebut, berikut adalah
Tips mengenali Bronis beracun :

1. Tidak ada pori-pori, karena sudah ditambahkan adonan di luarnya untuk menutupi bronis aslinya yang kadaluarsa.

2. saat diangkat dari lamakannya … ada tetesan minyak, karena ada tambahan minyak jelantah saat proses daur ulang bronis BS tersebut.

3. Tekstur bronis lebih keras, maklumlah karena bekas bronis kadaluarsa.

4. Waspadai bronis lebih murah dari umumnya, jangan mudah tergoda harga murah tapi buat apa bila murahan / berbahaya.
Para produsen yang aman dan memahami bisnis, hanya akan memilih bahan yang berkualitas, sehingga tidak mampu menjual bronis dengan harga murah dari pasaran.

Ciri-Ciri Kerupuk Puli Berbahaya – Tips Aman Beli Krupuk Gendar Lempeng Karak

2 comments:
Salah satu Krupuk kesukaan ku … Kerupuk Puli ternyata diminati banyak orang, dari sekolah, kampung dan warung di jalanan ternyata banyak dijual dengan aneka kemasan plastik.

Tak disangka ternyata Kerupuk yang dikenal dengan nama lainnya krupuk Gendar, Krupuk lempeng, atau krupuk karak serta populer karena enak gurih dan mantap untuk penyanding makanan pokok ini bila kita sekedar beli dan makan tanpa mengenal ciri-ciri kerupuk yang baik maka bahaya kesehatan akan menimpa setiap saat.

Dari hasil investigasi … seorang ibu rumah tangga mengaku sudah tahunan memproduksi kerupuk puli / gendar, 

dia sendiri dan keluarganya bahkan sedikit-sedikit ikut mengkonsumsinya meski sudah mengerti akan risiko bahayanya,

Ciri-Ciri Kerupuk Puli Berbahaya – Tips Aman Beli Krupuk Gendar Lempeng Karak
Contoh kerupuk bagus
namun karena merasa tidak nyata langsung efeknya serta demi keuntungan lebih besar maka pembuatan terus jalan bahkan tidak hanya si ibu ini yang menyebar kerupuk buatannya ke warung-warung tapi suami nya ikut membantu dititipkan ke banyak penjual sayur, serta anaknya ikut membantu dititipkan ke kantin sekolah.

Kerupuk puli / Gendar tersebut dibuat dari bahan-bahan tidak layak konsumsi, antara lain :

A. Bahan dasar Nasi basi
Dia memperoleh nasi-nasi basi dari para tetangga dan tempat lain sehingga umumnya gratis karna akan dibuang, dengan cara ini banyak menghemat biaya produksi.
Nasi basi jelas-jelas mengandung banyak microba berbahaya.

B. Bleng – Pengawet
Pada dasarnya Bleng sendiri berbahan baku Borax yang sudah dinyatakan dilarang untuk tambahan makanan karena tidak boleh masuk kedalam tubuh manusia sekecil apapun dosisnya, menjadi campuran wajib karena menurut pengakuannya borax menjadikan kerupuk tidak mudah remuk dan kenyal, sebab bila remuk kerupuk tidak laku, serta kerupuk menjadi awet tahan lama dimana yang tidak laku bisa di simpan terus sampai laku.

Dari 12 sampel yang dikumpulkan dari berbagai tempat secara acak dan di test dalam laboratorium UNPAS jurusan pangan , ditemukan 3 sampel positif mengandung pengawet berbahaya Bleng / Borax.
Setidaknya kita lega, masih lebih banyak orang yang memproduksi kerupuk ini dengan cara aman.

Tips membedakan kerupuk Puli / gendar / lempeng yang aman dengan yang berbahaya :
1. Kerupuk puli berpengawet – lebih keras, tidak mudah remuk / hancur
Krupuk yang aman sebaliknya. Sayangnya konsumen / pembeli selalu memilih kerupuk yang tidak remuk tentunya.

2. kerupuk puli dengan nasi basi – umumnya berwarna coklat
Krupuk puli yang aman warnanya relatif lebih putih / pucat.

3. Kerupuk dengan boraks – di rasa akhir ada pahitnya
Krupuk tanoa borax tidak ada rasa pahitnya.

Ada baiknya Tips ini sobat Share ...
agar banyak masyarakat lebih tahu kerupuk yang aman, sehingga bila produsen terkena dampak kurang laku karena masyarakt telah mengenal jenis kerupuk yang aman, mereka dapat keluar dari kecurangannya dan akhirnya mengganti dengan cara-cara yang aman serta rizki yang halal dengan tidak mengorbankan kesehatan konsumennya sendiri.

Tips Menghindari - Mie Ayam Bangkai dan Pengawet – Ayam Tiren

3 comments:
BintangTop.com - Payah, ini adalah salah satu makanan favorit, dan ternyata tidak lepas juga dari pelaku penjual curang dan nakal dalam mengelabui pembeli demi keuntungan 5x lebih besar.
Mie ayam banyak disuka sehingga banyak dijual dari restaurant, pasar, warung sampai dengan gerobak dorong hampir ada dimana-mana keliling kampung dan komplek perumahan.

Sayang, kenikmatan mie ayam juga tak luput dari ulah penjual curang untuk melipat gandakan keuntungan sekaligus menghindari kerugian.

Dari hasil investigasi, Diantaranya …
Seorang penjual mengaku menggunakan bahan-bahan dalam mie ayam
sebagai berikut … :

A. Ayam Bangkai / Tiren
Pedagang nakal ini membelinya dari beberapa peternakan dimana ada saja ayam yang mati, biasanya ayam Tiren ini dipesan lewat kong kali kong dengan pegawai peternakan karena ayam yang seharusnya dibuang ini tentu saja dilarang oleh pemilik peternakan unutk dijual.

Tips Menghindari - Mie Ayam Bangkai dan Pengawet – Ayam Tiren
Contoh mie ayam bergizi
B.  Pewarna untuk mengelabui warna ayam bangkai yang sudah lebam keunguan.

C. Ayam tiren diatas umumnya sudah 1 hari matinya, serta pedagang nakal ini mengakui sering baunya sudah busuk menyengat seperti comberan.
Untuk itu ayam tiren digodok dengan Air panas serta digunakan jenis Bumbu rendang yang warnanya memang pekat dengan rasa yang khas sehingga bisa memudarkan bau bagkai tersebut.

D. Borax, bahan kimia pengawet kayu dan pengontrol serangga
Juga menjadi tambahan utama untuk menjadikan mie tampak bangus, kenyal tidak mudah  putus-putus serta yang penting … saat mia ayam tidak terjual habis nanti bisa disimpan dan dijual ulang untuk beberapa hari kedepan.

E. Telur Reject
Yaitu telur yang sudah kedapatan pecah-pecah sehingga bisa dibeli dengan murah, telur-telur jenis ini tentu sudah terkontaminasi  dengan aneka kuman karena proses distribusi sekaligus keadaan pasar yang kurang bersih tentunya.

Penjual curang ini mengaku … dengan mengakali cara diatas selama beberapa tahun ini, keuntungan menjadi 5x lebih besar. Siip bukan …?
Serta selama ini tidak ada yang komplain dengan racikan mie ayam khas bangkai tersebut.

Bayangkan … selain ayam bangkai juga haram dimakan bagi kebanyakan pembeli yang muslim ini, sekaligus bangkai ayam jelas-jelas sudah mengandung banyak bakteri pembusuk dan kontaminasi lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

Dari 10 sampel yang diambil secara acak di beberapa penjual mie ayam …
Kemudian diteliti dalam laboratorium UNPAD jurusan pangan, Hasilnya :
6 Sampel positif mengandung borax, serta positif mengandung banyak kuman, terutama adalah bacteri Ecoli yang terkenal - kedepannya dapat merusak ginjal, hati dan dinding usus.

Jangan terlalu kawatir … Untungnya masih banyak penjual yang jujur dimana memperhatikan pelayanan yang benar pada pembeli yang notabene meberikan keuntungan sebagai pelanggannyaserta menganggap untung rugi adalah bagian dari usaha penjualan apapun.

Tips Mengenali Mie ayam yang aman …
1. para pejual yang jujur
Setidaknya bisa Anda kenali jika mereka terlihat ikut makan mie ayam tersebut, sekaligus keluarganya juga ikut mengkonsumsinya.
2. perhatikan Ayamnya,
bila bumbunya terasa menyengat / banyak dengan jenis rendang, ada kemungkinan itu untuk menutupi aroma ayam bangkai.
3. Simpan sedikit beberapa hari mie ayam yang sobat beli dari langganan sobat. Kemudian kepal mie tersebut dengan tangan lalu jatuhkan ke meja/lantai, bila tampak keras / menggumpal maka itu mengandung Borax/pengawet, bila saat dijatuhkan mie langsung terurai/pecah maka aman dari pengawet tertentu.

Demikian sharing tentang Waspada terhadap mie ayam dari bangkai / ayam Tiren, semoga bermanfaat boeat para sobat …

Awas - Sosis Babi dan Borax - Beredar di Sekolah dan Kampung

1 comment:
BintangTop.com - Sosis yang dulu hanya dijual di super market dengan harga relatif mahal, kini marak dijual murah meriah di pasar , sekolah bahkan keliling kampung dengan gerobak dorong. Tinggal goreng beberapa menit di gerobaknya … sosis sudah siap dimakan para pembelinya. Terutama … anak-anak mana yang tahan dengan enaknya sosis. Laris manis …

Inilah yang perlu diwaspadai, dimana harga sosis yang seharusnya mahal bisa menjadi murah dan harganya pun terjangkau oleh anak Sekolah Dasar ?

Mahalnya harga sosis tidak luput dari faktor sangat mahalnya daging sapi, maka beberapa oknum  penjual nakal memutar otak untuk menghasilkan sosis harga murah sekaligus merengkuh keuntungan berlipat dan menghindari kerugian jika dagangan tak laku.

Awas - Sosis Babi dan Borax - Beredar di Sekolah dan Kampung
Sozis - Ilustration only
Yakni … dengan membuat sendiri sosis dari daging BABI, dimana daging babi cukup murah meriah harganya dibanding daging sapi.

Dari investigasi yang dilakukan, salah satu penjual mengaku sudah berjualan sejak tahun 2011 sosis buatan sendiri dari daging babi yang ia beli dari pasar – pasar.

Dalam pembuatannya dia menggunakan …
-          Daging babi, selain ada risiko cacing pita, dilansir oleh daily mail bahwa sosis daging babi 10 % nya berisiko mudah menginfeksi virus hepatitis serta merusak kesehatan hati/liver. Virus ini baru mati jika dipanaskan minimak 20 menit, padahal para penjual biasanya hanya menggoreng 5 menit ?
-          Tepung dan Pewarna
-          Penyedap rasa yang dosisnya sampai bisa menghilangkan aroma Babi.
-          Borax, sebagai pengawet agar tetap bisa dijual ulang saat tidak laku.

Penyedap rasa yang berlebihan serta Borax yang sejatinya bahan kimia untuk pengontrol serangga dan campuran pengelasan logam serta pengawet kayu, tidak patut untuk masuk ke dalam tubuh manusia yang kedepannya dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Penjual yang sebelumnya kuli bangunan tersebut mengakui bahwa yang dilakukan adalah menjual makanan haram bagi para konsumen yang rata-rata muslim, karena itu dia melarang keluarga dan saudaranya sendiri untuk mengkonsumsi sosis buatannya. Semua dilakukan atas dasar alasan kepepet dengan ekonomi sehingga menemukan cara diatas sebagai pekerjaan yang cukup mudah dan menguntungkan.

Dari 5 sampel yang dikumpulkan secara acak dari super market, pasar, dan penjual keliling … kemudian di test dalam laboratorium Sucofindo …
Hasilnya :
3 dari 5 sampel – posistif mengandung daging Babi. termasuk yang bermerk dari super market.
4 dari 5 sampel  - menggunakan pewarna Benzoat namun masih dalam ambang batas yang dibolehkan.
Sampel lainnya – positif mengandung Borax.

Semoga para penjual yang curang dalam mengorbankan risiko  kesehatan konsumen dan pelanggannya sendiri … diberi kesadaran dengan cara mencari rizki yang halal

Mungkin hanya sebagian yang mengunakan cara curang diatas, sayangnya secara kasat mata sulit untuk mebedakan antara sosis daging sapi asli dengan yang Babi,  maka …
Setidaknya kita perlu waspada, misalnya sebaiknya beli sosis yang dapat dibaca daftar kandungannya atau mungkin para sobat tertarik untuk bikin sendiri sosis di rumah ?

Kasihan – Para Bayi di sewakan untuk joki 3 in 1 – Wajah kemacetan Jakarta

No comments:
Kemacetan jakarta tidak hanya membawa dampak bagi lalu lintas itu sendiri tapi juga terhadapa aneka faktor lain dalam kehidupan jakarta.
Lihat saja sejak diberlakukannya 3 in 1 di beberapa jalan utama jakarta yang umumnya macet parah, dimana mobil yang tidak berisi minimal 3 orang maka tidak diperbolehkan melewati jalan tersebut, petugas lalu lintas siaga setiap saat dalam megawasi proses jalannya peraturan 3 in 1 dijalan-jalan yang telah ditentukan.

Banyaknya para pendatang yang berusaha mengais rizki dijakrta malah memanfaatkan keberadaan 3 in 1 untuk mendapatkan uang dengan cara menjadi joki 3 in 1. setiap saat admin juga kadang melewati jalur 3 in 1 sambil  melihat mereka melambaikan 3 jari berdiri di pinggir-pingir jalan menjelang masuk 3 in 1 dan mobil-mobil yang hanya berpenumpang 1 orang saja ataupun 2 orang saja bisa minggir sebentar dan mempersilakan masuk untuk menumpang sementara di dalam mobil mereka agar bisa melewati jalur 3 in 1. setelah jalur terlewati maka penumpang sementara / joki tersebut diturunkan dengan diberi uang sekitar 15 ribu rupiah per orang, lalu si joki ini biasanya naik bajaj untuk kembali ke area 3 in 1 ini lagi mencari mobil baru berikutnya.

bayi disewakan untuk joki 3 in 1Peraturan 3 in 1 untuk mengatasi kemaceetan berubah menjadi ladang uang sehingga tidak bermanfaat secara maximal.

Miris melihat para joki yang sering membawa bayi ternyata hasil sewa menyewa untuk diajak sebagai joki 3 in 1. Bila Anda sendirian menyetir mobil lalu  mengambil joki seorang ibu dengan bayinya maka sudah cukup dihitung sebagai 3 orang sehingga bisa melenggang masuk area 3 in 1.

Sewa menyewa bayi menjadi marak dalam dunia joki 3 in 1 karena bayi bisa menghasilkan rasa iba kepada mobil yang lewat sehingga lebih mudah mendapatkan mobil. Disisi lain … mengambil ibu dan bayi lebih dianggap aman daripada mengambil 2 orang laki-laki tak dikenal sebagai penumpang sementara  dalam mobil kita bukan ? …

Mereka mengaku bayi disewa dari para teman sekampungnya di jakarta dengan bagi hasil 50-50 , jadi misalnya dalam 1 hari merka mendapat hasil Rp 100 ribu maka dipotong biaya beberapa kali naik bajai total 20 ribu, maka penghasilan bersih = Rp 100 ribu – 20 ribu = Rp 80 ribu. Bagi hasil 40 ribu untuksi ibu dan 40 ribunya untuk orang yang menyewakan bayinya.

Kasihan sekali, masih bayi sudah diajak keliling di jalanan untuk menjadi pekerja sebagai joki 3 in 1.

Admin hanya bisa geleng-eleng kepla menyaksikan ini, tidak tahu apa yang seharusnya di benahi, sementara kadang kasihan juga melihat mereka menanti mobil-mobil yang lewat untuk mendapatkan uang, sementara disisi lain salah mereka juga dimana banyak para urban ini berpindah dari desanya ke jakarta tanpa skill lalu berusaha mengadu nasib dan tinggal sesukanya untuk bertahan hidup di kota ini tanpa tujuan yg jelas.
Akibatnya banyak terjadi pergusuran karena mereka yang menempati tanah-tanah tanpa hak sampai dengan kolong jembatan bisa menjadi alas rumahnya.

Pemkot jakarta terkadang melakukan razia melalui satpol PP terhadap para joki 3 in 1 …
Tahukah kalian … jika joki tertangkap maka mereka akan masuk dalam panti sosial untuk pembinaan, mereka mengaku di minta denda 300 ribu per orang jadi bila bawa bayi maka harus membayar 600 ribu untuk dapat keluar dari panti sosial tersebut setelah 3 – 4 hari.
Tidak selesai disitu mereka harus membuat pernyataan untuk tidak mengulangi menjadi joki 3 in 1 dengan mengurus surat ke Rt dan RW.

Bayangkan … sekali tangkap mereka bisa kehilangan nafkah yang diperoleh dengan susah payah selama seminggu ….
Tapi kenyataan yang ada, demi mengisi perut masih saja sebagian mereka tidak kapok untuk mengulangi lagi sebagai joki termasuk urusan sewa menyewa bayi sebagai senjata ampuh dalam dunia perjokian 3 in 1 …

So … adakah saran lain dari kalian …?

jalur 3 in 1 jakarta

Silakan Share, moga menjadi bahan diskusi bagi lainnya ...

Bubur Sumsum Beracun – dengan 3 bahan berbahaya – Ketahui Ciri Cirinya

No comments:
BintangTop.com - Siapa yang tidak suka bubur sumsum, dari warnanya saja sudah menggugah selera, makanan khas jawa yang enak ini cukup nikmat untuk sarapan pagi.
Siapa yang sangka makanan tradisional ini juga tidak semuanya luput dari penjual nakal yang menambahkan 3 macam racun demi mencari keuntungan tanpa memperhatikan kesehatan para pembeli dan pelanggannya sendiri.

Ironisnya sebagian mereka bahkan tidak mengerti akan bahaya dari bahan yang mereka campurkan, sehingga mereka sendiri juga menkonsumsinya bahkan memberikan kepada anak sendiri, kemudian dia melihat bila anaknya tidak ada masalah dengan makanan yang dia buat maka menganggap bahwa makanan bubur sumsum tersebut tidak masalah juga untuk diperjual belikan.

Salah satu pedagang bubur sumsum di surabaya mengaku sudah 10 tahun bekerja sebagai penjual bubur sumsum keliling dan biasa mangkal di kampung terutama di sekolah-sekolah dan laris manis. Serta mendapat pengetahuan akan bahan tambahan tersebut dari teman penjual bakso.

Awas bubur sumsum berbahaya
Contoh Bubur Sumsum Khas Jawa Nikmat
Inilah 3 macam bahan berbahaya yang biasa di tambahkan dalam bubur sumsum buatannya :

a. Obat Manis – untuk penguat rasa sehingga sangat  menghemat gula asli.
b. Pemutih titan – bahan kimia pemutih kayu dan pembersih lantai – dipakai untuk membuat warna bubur yang bagus dan menarik pembeli.
c. Borax – bahan campuran pengelasan logam dan pengawet mayat – dipakai untuk mengawetkan bubur sehingga saat tidak habis masih bisa disimpan dan dijual ulang.

Bahan kimia diatas bahkan biasa dipakai berlebihan padahal  tidak layak untuk masuk kedalam tubuh manusia, karena dapat merintis tumbuhnya penyakit dalam semisal tumor / kanker.

Dari hasil investigasi, 10 sampel diambil dari beberapa kota termasuk surabaya, kemudian di analisa dalam laborat UNPAD, Hasilnya …
- 2 dari 10 sample – positif mengandung borax
- 6 dari 10 sample – positif mengandung titan
- 3 dari 10 sample – mengandung pewarna buatan lainnya.

Cara mengetahui Ciri-ciri Bubur sumsum berpengawet berbahaya :
a. Bubur alami berwarna putih agak buram, bila warnanya putih pucat cemerlang kemungkinan ditambahi bahan titan/pemutih.
b. Bubur yang dibiarkan beberapa lama dan tetap menggumpal / kenyal dengan baik bertanda berpengawet borax.
c. Bubur yang dibiarkan lama dan akhirnya mulai meleleh/lembek hingga terpisah airnya, bertanda bubur aman dari pengawet/borax.
d. Bubur dengan emanis buatan dibanding yang gula asli sulit dibedakan. Pemanis buatan masih bisa ditolelir bila penjual tidak berlebihan dalam mencampurnya.

Tidak usah terlalu kawatir,
selain dengan tips diatas untuk mencegah dari pembelian bubur sumsum yang berbahaya, masih banyak penjual yang jujur dalam menjalankan bisnis dalam mencari nafkah,

diantaranya ada yang mengaku bubur sumsumnya tidak diberi pengawet apapun sehingga bila tidak habis maka biasanya diberikan kepada tetangga, bila basi ya terpaksa mereka buang. Para penjual jujur inilah yang mau memahami bahwa bisnis tidak bisa untung banyak terus, ada kalanya harus untung sedikit atau bahkan rugi saat jualan tidak habis terjual.

Demikian Sharing bintangtop.com tentang Bubur sumsum sebagai makanan khas tradisional yang kembali diangkat popularitasnya dan marak dijual baik dipasar, dikampung maupun disekolah,

Sebagai konsumen kita berhak untuk menyeleksi demi kesehatan kita bersama.

Marak Anak Disewakan – Jadi Pengemis dan Pengamen – Orang Tua Santai Tidak Bekerja

3 comments:
Trend ini sudah lama berlangsung, dan kini seakan menjadi hal biasa tanpa dosa … dimana anak-anak kecil dipersewakan oleh orang tua mereka sendiri untuk mengemis ataupun mengamen.

Si buah hati yang seharusnya patut untuk disayang dan dimanja oleh orang tuanya ini malah dirampas masa sekolah, masa kesenangan dan masa bermainnya yang indah demi memikul beban keuangan keluarga.

Bagi orang si Penyewa anak atau bayi, mereka mendapat keuntungan dengan meningkatnya penghasilan, dari penuturan mereka sendiri, mengamen dengan menyuruh anak kecil akan lebih banyak mendapatkan uang, serta mengemis dengan menyuruh anak-anak yang bekerja dimana si penyewa cukup mengawasi dari jauh… bisa mendapatkan penghasilan 3x lebih besar dibanding bila mengemis dilakukan oleh si penyewa itu sendiri.

anak disewakan jadi pengemis pengamenTarip untuk Sewa Anak/bayi yaitu Rp 50 ribu per hari, ada Ibu yang menyewakan 3 anaknya pada beberapa pengemis dan pengamen sehingga tanpa bekerja si Ibu ini bisa mendapatkan Rp 150 ribu/hari. Enak Tenannn …

Bila anda mendapatkan banyak anak kecil mengamen ataupun mengemis di tempat-tempat wisata, angkutan umum, parkiran, Kuliner malam di jalanan … Ya … Sebagian besar mereka memang hasil persewaan dan sebagian lagi adalah disuruh oleh orang tua mereka sendiri sebagai pekerjaan tetap.

Ironisnya … kadang orang tua dan penyewa ini sendiri tidak bekerja … tapi anak-anak lah yang bekerja mengemis dan mengamen … karena hasilnya bisa lebih besar … sementara orang tua hanya memetik hasil jerih payah anak-anak kecil ini, kebanyakan mereka tidak disekolahkan.

Karenanya patut kita dukung … pemkot yang melakukan razia Gepeng / Gelandang dan pengemis.
Ada pula area dimana bila ada sopir mobil yang memberi uang pada Gepeng maka si pemberi uang ini malah yang kena Denda.
Sepertinya aneh … tapi mungkin cara ini cukup efektif seandainya diterapkan dimana-mana agar pengemis dan pengamen tidak merajalela di lampu merah jalan raya.

anak disewakan jadi gepeng
Bayi juga tak luput dari dipekerjakan sebagai pekerja GePeng
Ada yang mengusulkan sebaiknya itu di tangkap dan dihukum berat saja orang yang menyewa maupun yang menyewakan anak untuk menjadi gepeng, sebab ini sama dengan kriminalitas terhadap kebebasan anak, melanggar HAM …
Bila hukuman berat selalu menanti, tentu mereka akan berpikir 10x untuk memperkerjakan anak-anak kecil …
Bagaimana menurut kalian …
 
Copyright ©2014 - 2019 • BintangTop.Com
Template Powered by Blogger