2 Cara Stem Gitar : Manual VS Otomatis /Aplikasi Android - BintangTop.com

2 Cara Stem Gitar : Manual VS Otomatis /Aplikasi Android – BintangTop.com

XaXiXu.com – Cara Tepat Menstem
Gitar baik secara manual /feeling dan Cara stem gitar secara otomatis
menggunakan Aplikasi Android – Simple Guitar Tuner Review.

Setelah coba coba membeli sebuah
gitar murahan, hanya seharga Rp 125 ribu J dan berbekal buku
usang pelajaran memetik gitar, saya pun mencoba menstem gitar sendiri.

Well, ternyata tak semudah yang
dikira, namanya juga autodidak, sebagai pemula – feeling kita belum terasah,
sehingga setelah beberapa bulan alhasil saya sudah menstem hingga beberapa kali
dengan tinggi nada yang berbeda beda gak tau mana yang tepat J.

Seorang saudara datang ke rumah dan
mencoba gitarku, oalah, ternyata katanya lha kok nadanya terlalu rendah, kok
gak pake aplikasi android aja ? gak pake feeling, gak pake kira kira, gak pake
mikir deh J

Nanti kalau udah lama main gitar,
udah ter asah feelingnya, baru silakan stem secara manual juga Oke.

Mengapa gitar harus di Stem / Tune ?

Gitar dapat menghasilkan suara
yang indah dikarenakan terdiri atas kombinasi 6 nada yang berbeda, antara nada
1 dan nada lainnya harus tepat sesuai dengan posisinya masing masing, jika
tidak, maka gitar sobat hanya akan menghasilkan suara yang tidak karuan, bahkan
sudah tidak seperti gitar lagi, melainkan sekedar mainan bunyi anak anak J

Karena itulah Stem / Tuning gitar
diperlukan agar semua tangga nada yang disyaratkan bisa “Matched” satu sama
lain.

(Tampilan Aplikasi – Bass guitar Tuner)

# Berikut adalah 2 Cara Menyetem
gitar Akustik, dan apa saja kelebihan / kekurangannya masing masing :

Cara 1 – Stem Gitar secara otomatis dengan Bantuan Aplikasi Android

Namanya … Simple Guitar Tuner

Saya memilih Aplikasi ini karena
:

– gak ada iklannya meski Hp saya
terhubung internet

– gak ada permintaan ijin yang
aneh aneh (waktu download)

– Aplikasi ringan banget

– Memiliki 2 Option yaitu untuk
Stem Gitar Akustik (6 Senar) dan Stem Gitar Bass (4 Senar).

Silakan search di google play,
lalu install.

Perbedaan Stem Gitar – Cara Manual dan Otomatis :

– Cara Pemakaian sangat mudah,
lebih mudah dan lebih cepat daripada stem gitar secara manual, cocok untuk para
pemula.

– jika pada stem manual kita
memerlukan penekanan pada senar, namun pada stem otomatis ini, semua dilakukan
secara los senar (tidak ada penekanan pada senar).

Prosedur Stem Gitar / Guitar Tuning Via Android

1. kita mulai dari awal, Kendorkan
dulu senar paling bawah / senar nomor 1.

2. Buka aplikasi “Simple Guitar
Tuner”

– Maka, aplikasi ini akan
mendeteksi suara apa saja yang ada di dekatnya, lalu menampilkan nada dari
suara tersebut.

– Karena itu silakan dekatkan Hp
sobat pada senar gitar yang nanti dipetik.

(Tampilan Aplikasi – Acoustic guitar Tuner)

 

3. Petik senar nomor 1 sambil
baut pengerasnya dikencangkan secara perlahan.

Terus lakukan (petik senar dan
tegangkan baut) sampai gambar baut + senar 1 pada aplikasi menyala dan Nada
bergerak menuju nada “E”

4. lakukan hal yang sama pada
Senar 2 hingga gambar baut & senar pada aplikasi menyala serta menunjukkan
nada “B”

5. Teruskan pada senar 3 sampai
menuju pada nada G

6. Senar 4 menuju nada  D

7. Senar 5 menuju nada A

8. Senar 6 menuju nada E

a. Hati hati saat menstem senar
1, sebab ini senar paling tipis dan mudah putus namun dipakai untuk
menghasilkan nada paling tinggi, lakukan secara perlahan dan tidak sampai
kelewatan nadanya saat proses stem menuju nada E.

b. Setelah beberapa lama,
misalnya beberapa bulan, biasanya baut pengencang senar bisa saja semakin
kendor sendiri, sehingga senar perlu dichek lagi dan di stem ulang bila memang
nadanya ada yang berubah.

Jadi saya tidak membuang aplikasi
ini karena sangat memudahkan untuk dipakai setiap saat diperlukan.

Sekarang sudah berbeda … Gitar
saya yang murahan, sudah enak di dengar daripada pas pertama beli, ini
dikarenakan saya membeli senar yang agak bagus seharga Rp 50 ribu J
dan menstem nya menggunakan aplikasi yang yahud dan oke punya diatas …

Cara 2 – Stem Gitar / Guitar Tuning Secara Manual

Tanpa terasa, setelah cukup lama
bermain gitar, walaupun sekedar untuk mengisi waktu senggang dan lgi Bete
dengan kesibukan lainnya, lama lama akan tumbuh kemampuan feeling pendengaran
terhadap nada nada gitar.

Nah disaat inilah, sebenarnya
para sobat XaXiXu.com baru bisa melakukan Stem manual pada gitar kesayangan
kalian, sehingga gak perlu bantuan orang lain yang sudah ahli, dan gak pakai
bantuan aplikasi android pula.

Bahkan Kelebihannya, sobat dapat
merasakan dan menyesuaikan sendiri kecocokan nada hasil stem dengan suara
kalian lho.

6 Langakh Prosedur Stem Gitar Secara Manual

1. Langkah awal adalah memetik
senar paling bawah / Senar nomor 1 (tanpa ada penekanan / Los senar), sambil
diputar baut pengencangnya perlahan hingga didapatkan nada “E” yang di inginkan
sesuai Feeling pendengaran.

2. Tekan senar nomor 2 pada kolom
ke 5,

Lalu Petik Senar 2 dan samakan
bunyi nadanya dengan petikan senar nomor 1 (Los senar / tanpa tekanan).

– Caranya silakan diputar baut
pengencang senar nomor 2 tersebut secara bertahap hingga tercapai nada yang
sama dengan nada “E” Senar nomor 1.

3. Petik dan Tekan Senar nomor 3
pada kolom ke 4, setel hingga sama dengan bunyi nada “B” pada Senar Nomor 2
(Los senar)

4. Petik dan Tekan Senar nomor 4
pada kolom ke 5, setel hingga sama dengan bunyi nada “G” pada Senar Nomor 3
(Los senar)

5. Petik dan Tekan Senar nomor 5
pada kolom ke 5, setel hingga sama dengan bunyi nada “D” pada Senar Nomor 4
(Los senar)

6. Petik dan Tekan Senar nomor 6
pada kolom ke 5, setel hingga sama dengan bunyi nada “A” pada Senar Nomor 5
(Los senar)

Gambar urutan kolom pada gitar dan nada Senar 1 ~ 6.

– Harap diperhatikan, dari Semua
penekanan senar saat proses Penyeteman gitar diatas, semuanya dilakukan pada
kolom ke 5. Terkecuali pada senar 3 dimana penekanannaya dilakukan pada kolom
ke 4.

– Urutan Kolom adalah dimulai /
dihitung dari kepala gitar.

– Langkah berikutnya, setelah
pensteman senar selesai

Lanjutkan dengan memainkan
beberapa Chord / Akord misalnya Am – Dm – Em

Lakukan pendengaran dan main
perasaan / feeling apakah sudah enak didengar, jika belum maka silakan para
sobat XaXiXu.com meneliti lagi hasil pensteman dari awal biasanya ada 1
atau 2 senar yang belum pas persamaan nadanya.

Silakan praktek biar langsung
paham ya bro, Practice makes Perfect !

Sekedar saran, Silakan gunakan Gitar sobat
secara bijak, jangan berlebihan / kurangi lahan, semisal untuk mengisi waktu luang
daripada BT gak ada yang dikerjakan – Thats All J

(Eric)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *